AMD Resmi Perkenalkan Ryzen 4000 Mobile Series

IN
Oleh inilahcom
Jumat 29 Mei 2020
share
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - AMD resmi memperkenalkan prosesor terbarunya yang ditujukan untuk perangkat mobile atau laptop yaitu Ryzen 4000 Series Mobile. Tidak hanya diklaim punya performa terbaik tapi AMD menjanjikan performa laptop bisa sejajar dengan desktop saat ini.

"Prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 series memiliki arsitektur Zen 2 yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm, yang memiliki performa yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan pendahulunya," tutur Head Consumer Business of AMD APAC & Japan, Paige Shi di acara Consumer Virtual Launch 2020 baru ini.

Partner AMD yang menyatakan siap mengadopsi AMD Ryzen 4000 pada virtual launch tersebut adalah Microsoft, Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan MSI. Dalam presentasinya, Head of APAC Consumer Business AMD Paige Shi mengatakan, Ryzen 4000 Series akan hadir dengan series U untuk ultrathin laptop, dan H Series untuk gaming serta content creator.

"Untuk H series, akan menjadi standar baru untuk prosesor gaming," kata Paige Shi. Apa yang disampaikan bisa jadi bukan sekadar bluffing. Sebab, AMD punya pengalaman untuk membangun prosesor yang handal untuk bermain game. Dibuktikan dengan digunakannya prosesor AMD Play Station, XBox, hingga Google Stadia.

Screenshot-17

AMD Ryzen 4000 untuk laptop diklaim menjadi yang terbaik karena menjadi prosesor delapan inti pertama untuk laptop ultra-tipis. Teknologi barunya memungkinkan prosesor ini memiliki kinerja single-thread dan multi-thread yang terdepan. Begitu juga dengan prosesor grafis Radeon terintegrasinya. Hal ini ditegaskan oleh Chief Gaming Architect AMD Frank Azor.

Saat membandingkan hasil benchmark menggunakan 3D Mark Firestrike Physic, performa bermain game AMD Ryzen 7 4800H lebih tinggi 13 persen dibanding Intel i7-9700K. Begitu juga untuk creation performance, AMD Ryzen 7 4800H lebih tinggi 10 persen dibanding Intel i7-9700K.

small-amd-cpu-gpu-roadmap

"Juga kami kenalkan AMD SmartShift yang bisa meningkatkan performa sampai 14 persen dengan zero cost," kata Frank Azor. Teknologi itu, memungkinkan pengalihan daya untuk chip grafis seperti RX 5000M series supaya lebih kuat untuk gaming, video editing, hingga 3D rendering. Sementara ini, laptop yang siap memboyong teknologi SmartShift adalah Dell G5 15 SE.

ACER

Pabrikan asal Taiwan, Acer, tak mau ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi baru Ryzen 4000 series. Produk-produk yang bermitra dengan AMD seperti Nitro, Aspire, dan Swift segera diperbarui dengan prosesor baru itu. "Nitro 5 dengan Ryzen 4000 akan hadir di Q3 tahun ini," ujar PAM Asia Pacific BM Director Acer James Liu.

Nantinya, Nitro 5 AN515-44 akan hadir dengan pilihan Ryzen 7 4800H atau Ryzen 5 4600H. Dilengkapi dengan grafis Nvidia GTX, 144 ghz gaming display, ketebalan hanya 23,9mm, serta RGB keyboard.

Selain itu, pembaharuan juga untuk Swift 3 SF314-42. James menyebut, layaknya film James Bond yang tidak pernah lepas dari perempuan cantik, swift 3 bakal menjadi laptop paling seksi dengan Ryzen 4000 series. Sedangkan untuk Aspire 5 A515-44/44G yang menjadi legacy merk Acer akan menghadirkan kekuatan pada desain klasik.

ASUS

APAC Deputy General Manager ASUS Peter Chang langsung menyampaikan antusiasnya dengan Ryzen 4000 series. Dia mengatakan prosesor baru itu akan dimanfaatkan untuk memperkuat posisi ASUS sebagai market leader untuk laptop gaming di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. "Kami sangat exciting dengan prosesor baru ini. Tidak sabar untuk mengenalkan berbagai produk kami dengan Ryzen 4000," katanya.

Screenshot-15
img ke jpg


Chang mengatakan, salah satu targetnya adalah memperkuat pasar laptop gaming 14 inch yaitu Zephyrus G14. Dia memang tidak menjelaskan secara rinci apa saja perubahannya. Yang pasti, dari video yang ditampilkan, ASUS tak mau gelar the most powerful 14 inch laptop lepas dari Zephyrus G14. "Bersama AMD, kami ingin memperkuat posisi itu," tegasnya.

Selain itu, ASUS juga akan menggunakan Ryzen 4000 serius untuk laptop tipisnya yakni Vivobook S14/S15. Dia juga tidak memberikan banyak detail. Chang hanya memastikan laptop tipis dengan prosesor Ryzen 4000 bakal kuat.

DELL

Setidaknya, ada dua produk dari Dell yang virtual launch yang dipastikan segera menggunakan Ryzen 4000. Director, Marketing APJ Dell Alen Jose menyebutkan produk itu adalah Inspiron 14 7000 2-in-1 dan laptop gaming Dell G5 15 SE. "Melalui Inspiron dengan Ryzen 4000, kami ingin menghadirkan pengalaman komputasi dan grafis yang menakjubkan," katanya.

Sedangkan untuk Dell G5 15 SE, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, akan memiliki fitur SmartShift. Selain itu, prosesor yang digunakan memiliki berbagai opsi sampai Ryzen 9 yang dipadukan dengan Radeon 5600X.

Lenovo

Produk yang jelas segera mendapat upgrade prosesor adalah Legion 5. Sebab, produk ini terus tumbuh penggunanya di Asia Pasifik. Nantinya, Legion 5 disiapkan dengan Ryzen 4800H, Nvidia RTX 2060, layar dengan respons 144hz yang mendukung 100% SRGB, dilengkapi legion true strike gaming keyboard, serta cold front 2.0+Dual Burn untuk memastikan laptop tetap dingin.

"Kami adalah Ryzen consumer PC partner nomor 1 di Asia Pacific. Dan akan kami pertahankan," ujar Asia Pacific Consumer Category Manager Lenovo Clifford Chong.

Itulah kenapa, beberapa lini laptopnya juga akan diperbarui dengan Ryzen 4000. Seperti Ideapad Gaming 3 dengan Ryzen 7 4800H, Ideacentre Gaming 5 dengan Ryzen 7. Selain itu, Lenovo juga memperbarui prosesor untuk Yoga slim 7. "Ini laptop 14 inch teringan dengan 8 core. Beratnya hanya 1,36 kg. 19 jam baterai, full HD IPS display dengan 100 persen SRGB," imbuhnya.

HP

Director, Consumer Personal System, Greater ASIA HP Yep Yin Wee tidak mengungkap banyak detil rencana perusahaannya menggunakan AMD Ryzen 4000 series. Yang jelas, dia bilang kalau HP sudah bekerja sama sangat lama dengan AMD. Itu menjadi jaminan bahwa HP juga siap memboyong prosesor batu itu. "Kerja sama kami sudah lebih dari 20 tahun," katanya.

Dalam waktu dekat, lini laptop HP yaitu Envy dan Pavilion yang sudah dipastikan mendapat upgrade prosesor. Namun, tidak dijelaskan secara rinci seperti apa. Selain dua lini laptop tersebut, HP juga berencana untuk menggunakan Ryzen 4000 series untuk All-in-one (AIO) komputer dan laptop lainnya.

MSI

Sebagai brand yang juga dikenal akan produk gamingnya, MSI jelas tak mau ketinggalan. Dua laptop gaming yang akan mendapat Ryzen 4000 adalah Bravo 17 dan Bravo 15. Perpaduannya adalah Ryzen 7 4800H dengan Radeon RX 5500M. Kombinasi itu diklaim bisa menjalankan berbagai game termasuk PUBG, CS:GO, Fortnite, Ghost Recoon, sampai Forza Horizon 4 bisa dimainkan dengan baik.

"Dengan Ryzen 4000, kami akan membawa kualitas desktop ke laptop," ujar APJ Sales manager MSI Dennis Chang.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA