AI Mampu Menilai Kepribadian Berdasarkan Foto

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 06 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Moskow - Sejumlah peneliti Rusia telah menunjukkan bahwa artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan mampu menyimpulkan kepribadian seseorang dari hasil swafoto atau foto selfie.

Bekerja sama dengan perusahaan Rusia-Inggris bernama BestFitMe, para peneliti dari National Research University Higher School of Economics (HSE) dan Open University for the Humanities and Economics membuat aliran jaringan saraf tiruan untuk menilai kepribadian berdasarkan foto wajah manusia.

Mengutip Tech Xplore, hasil ini didapat setelah meneliti sampel 12.000 sukarelawan yang mengisi kuesioner laporan diri untuk mengukur sifat-sifat mereka berdasarkan lima model kepribadian, yakni conscientiousness, neuroticism, extraversion, agreeableness, dan openness. Selain itu, para peneliti juga mengamati 31.000 swafoto yang diunggah.

Responden dibagi menjadi dua kelompok secara acak. Serangkaian jaringan saraf digunakan untuk memproses ulang gambar demi memastikan kualitas dan karakteristik yang konsisten dengan ekspresi emosional wajah.

Selanjutnya, jaringan saraf klasifikasi gambar tersebut dilatih untuk menguraikan setiap gambar menjadi 128 fitur invarian untuk memprediksi ciri-ciri kepribadian.

Hasil menunjukkan bahwa dari lima model kepribadian, conscientiousness (sifat berhati-hati) lebih mudah dikenali ketimbang empat sifat lainnya.

Kemudian, jaringan saraf tiruan yang mengandalkan gambar wajah juga bisa mengungguli penilaian manusia secara langsung.

Hasil lainnya mengungkapkan bahwa AI lebih mudah memprediksi kepribadian wajah wanita ketimbang pria.

Potensi AI ini dapat digunakan untuk produk yang membutuhkan fitur uji kepribadian bagi konsumennya. Misalnya layanan pelanggan, kencan, atau bimbingan online.

Ketimbang pendekatan tradisional, teknologi ini mampu bekerja dalam kecepatan tinggi dengan biaya yang lebih murah.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA