PlayStation 5 Resmi Dirilis Sony dalam Dua Versi

IN
Oleh ibnu naufal
Jumat 12 Juni 2020
share
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Sony resmi meluncurkan konsol game PlayStation 5, pada Kamis (11/6/2020) pukul 13.00 atau Jumat (12/6/2020) pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Acara ini ditampilkan secara virtual melalui penampilan video yang sudah direkam (pre-recorded) sebelumnya.

Mengusung desain vertikal dengan warna putih mendominasi eksterior pada PlayStation 5 mengingatkan pada Xbox Series X dan akan tersedia dalam dua versi 4K Blu-ray dan Digital Edition, versi tanpa drive optik akan berukuran lebih ramping dibandingkan model reguler.

Digital Edition diperkirakan akan dijual lebih murah, namun, Sony, belum mengumumkan harga jual konsol ini, dikutip dari laman The Verge, Jumat.

Meski pun dirancang dalam bentuk vertikal, PS5 juga bisa diletakkan secara horisontal di bawah monitor atau televisi. Bagian atas PS5 diberi jendela untuk mengeluarkan panas, sementara port USB-A dan USB-C berada di bagian depan.

Selain menampilkan desain konsol, Sony juga memperkenalkan game yang akan tersedia pada PS5. Resident Evil VIII, Gran Turismo 7, dan Spider-Man: Miles Morales menjadi titel game yang mendapat sambutan paling meriah dan banyak dibicarakan.

Untuk sisi performa komputasinya, PS5 memiliki kemampuan mengolah grafis sebesar 10.28 teraflops (TF) atau sekitar enam kali dari kemampuan PS4. Dengan kemampuan sebesar itu, PS5 dapat memainkan game dengan resolusi hingga 8K atau 16 kali lebih besar dari resolusi full HD (1.080 x 1.920 piksel).

Salah satu fitur yang paling menonjol dari PS5 adalah loading gim supercepat. Hal ini dimungkinkan dengan adanya sistem yang mampu mengakses memori SSD (solid state drive) dengan kecepatan 5,5GB per detik. Perlu diketahui, satu keping DVD hanya berkapasitas 4,7GB. Artinya ini salah satu fitur yang sangat penting.

Sony juga menjanjikan PS5 akan bisa digunakan untuk memainkan gim PS4.

"Dengan begitu banyaknya gim seru di PS4, kami telah mengerahkan tenaga untuk memastikan fans kami bisa memainkan lebih dari 4.000 gim PS4 di PS5," kata Hideaki Nishino., Senior Vice President Platform Planning and Management SIE.

Konsol game PlayStation 5 sendiri baru akan dijual pada musim liburan tahun ini.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA