Samsung Galaxy S20 Punya Fitur Keamanan Canggih

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Jumat 19 Juni 2020
share
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Keamanan adalah bagian penting dari ponsel cerdas karena perangkat ini membawa begitu banyak informasi pribadi, dan seiring perkembangannya begitu rentan untuk data rahasia pengguna.

Pada Galaxy S20 Series sebagai smartphone flaghship populer memiliki chip "Elemen Aman" baru yang merupakan solusi turnkey untuk menyimpan data ini dengan aman, dan sudah digunakan pada Galaxy S20.

Kesadaran untuk selalu waspada terhadap data- data penting bisa dimulai dengan bagaimana kita memanfaatkan fitur-fitur keamanan pada smartphone. Mengunci perangkat salah-satu langkah nyata untuk meminimalisir kerugian. Beragam mode keamanan bisa Anda manfaatkan, misalnya mengunci dengan pola, PIN atau yang menggunakan teknologi biometric seperti sidik jari dan pemindai retina.

Keamanan perangkat dengan PIN dan pola sudah menjadi fitur standar pada perangkat Android. Namun beberapa smartphone flagship kini sudah dibekali pengunci perangkat dengan biometric yang lebih canggih. Seperti halnya Samsung S20 Ultra yang menggunakan teknologi pemindai sidik jari Ultrasonic.

Teknologi pemindai sidik jari Ultrasonik adalah fitur otentikasi biometrik baru yang revolusioner yang memulai debutnya pada Galaxy S10. Pemindai sidik jari Ultrasonik ini diklaim lebih akurat untuk sensor yang ditanam di bawah layar. Sensor ini menyatu pada layar Infinity-O-Display, memberikan keamanan yang tidak terlihat namun seperti lemari besi yang membuat data Anda aman.

Cara kerja pemindai siidik jari Ultrasonik ini berbeda dengan teknologi pemindai sidik bawah layar yang umumnya hanya membaca atau menangkap guratan sidik jari 2D yang ditempelkan pada layar. Sedangkan pemindai sidik jari Ultrasonic bekerja dengan cara mengirimkan pulsa ultrasonik untuk mendeteksi tonjolan dan permukaan 3D dari sidik jari unik Anda untuk mengenali Anda dengan cepat dan akurat.

Bagaimana mengaktifkan fitur keamanan pemindai sidik jari Ultrasonik pada Samsung Galaxy S20 Ultra? Cukup sederhana, buka Pengaturan, lalu Biometrik dan Keamanan. Cari Jari dan ikuti langkah-langkah untuk mengatur Sidik Jari Ultrasonik Anda.

Knox, fitur keamanan kelas professional

Peretasan perangkat bukan hal yang tidak mungkin terjadi pada perangkat smartphone. Bahkan banyak yang tidak menyadarinya jika perangkat yang digunakan tersebut sudah tak aman lagi. Ini bisa saja terjadi ketika Anda memasang aplikasi berbahaya dari sumber yang tak bisa dipercaya. Jika demikian, bakal banyak menimbulan kerugian. Data-data pribadi bahkan transaksi perbankan bisa ikut di curi oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Nah, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan Samsung S20 Ultra. Ini karena Samsung memberkali S20 Ultra dengan Knox, sistem keamanan kelas professional. Seri S20 juga diklaim sebagai perangkat paling aman yang pernah dibuat oleh Samsung.

Platform keamanan Knox pada Galaxy S20 series melindungi perangkat dari level chip hingga level perangkat lunak. Galaxy S20 juga dilengkapi prosesor baru yang aman yang melindungi terhadap serangan berbasis perangkat keras.

Knox sering disinggung sebagai aplikasi antivirus padahal bukan hanya itu. Knox bisa juga disebut sebagai lapisan perlindungan lain yang ditawarkan oleh Samsung, yang juga memainkan peran sebagai alat antivirus.

Bagi pelanggan bisnis, Samsung Knox memungkinkan pengguna untuk mengklasifikasikan data mereka sebagai pribadi dan perusahaan. Lewat instruksi sederhana yang dimanipulasi dengan cara yang lebih mudah diakses demi kenyamanan pengguna baru juga merupakan salah satu daya tariknya.

Selain itu, Anda dapat membuat cadangan data Knox, yang akan disimpan dengan aman di folder aplikasi perangkat. Meskipun Knox ini bisa juga Anda abaikan (tidak digunakan), namun mengingat serangan perangkat keras semakin maju belakangan ini sebaiknya Knox tetap digunakan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA