Buka Kunci & Nyalakan Mesin BMW Bisa Pakai iPhone

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 25 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Cupertino - Apple Inc mengumumkan sistem baru yang memungkinkan pengguna mobil BMW Seri 5 membuka kunci dan menghidupkan mesin dengan menggunakan aplikasi BMW Digital Key yang ada di iPhone.

Sistem baru itu bisa digunakan bukan hanya untuk satu orang, melainkan beberapa orang, misalnya keluarga atau pasangan, melalui sistem iMessage.

Mengutip Reuters, Apple menyebutkan bahwa sistem baru itu bisa digunakan pada BMW Seri 5 yang akan didistribusikan kepada konsumen pada pekan depan.

Sistem itu dapat langsung digunakan pada iPhone dengan sistem operasi iOS 13 ke atas. Apple memastikan akan lebih banyak mobil yang bisa menggunakan kunci digital itu pada tahun depan.

Apple juga melanjutkan kerja samanya dengan BMW dan Ford untuk memberikan informasi lokasi pengisian daya untuk mobil listrik.

Sementara itu pihak BMW mengatakan bahwa aplikasi BMW Digital Key nantinya tidak hanya bisa digunakan untuk Seri 5 saja. Karena mulai Juli 2020, aplikasi ini juga akan bisa digunakan pada Seri 1, Seri 2, Seri 3, Seri 4, Seri 6, Seri 8, X5, X6, X7, M5, M8, X5M, X6M, dan Z4.

"Perangkat yang kompatibel dengan BMW Digital Key adalah iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (generasi ke-2) dan Apple Watch Series 5. BMW Digital Key memerlukan iOS 13.6 dan WatchOS 6.2.8," tulis BMW dalam laman resminya.

Untuk membuka kunci pintu pengemudi dengan Digital Key, pengguna harus memegang iPhone dengan sisi bawah yang menghadap gagang pintu berjarak maksimal 1,5 inci.

Pintu yang bisa dibuka hanyalah pintu di sisi pengemudi, bukan pintu penumpang.

Untuk mengaktifkan fitur, pengguna hanya cukup membuat BMW ID dengan aplikasi BMW Connected.

Pemilik mobil harus duduk di kursi pengemudi dengan membawa dua kunci mobil konvesional untuk memastikan bahwa Anda memang pemilik mobil itu. Setelah itu, buka aplikasi dan ketuk tombol 'pair now' kemudian letakkan ponsel di sensor NFC.

Sedangkan untuk menonaktifkan fitur, pengguna bisa memakai FaceID, TouchID atau kata sandi yang memang digunakan saat mengaktifkan fitur itu.

Jika pengguna ingin meminjamkan mobil itu ke orang lain, BMW dan Apple mengizinkan penggunaan aplikasi untuk lima orang lainnya dengan syarat sang pemilik sudah mengirimkan kode invitation ke iPhone milik orang lain yang akan meminjamnya.

Meski demikian, pemilik mobil akan memiliki kontrol penuh untuk mencabut izin penggunaan aplikasi dari orang lain yang meminjamnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA