Review Produk

Samsung Galaxy M11: Harga Terjangkau, Baterai Wow

IN
Oleh ibnu naufal
Sabtu 27 Juni 2020
share
(Foto: inilahcom/Ibnu Naufal)

BERBEKAL spesifikasi dan harga yang cukup menarik, Samsung Galaxy M11 resmi hadir di Indonesia dengan dukungan chipset Snapdragon 450, Triple Camera 13MP, dan baterai 5000mAh. Perangkat Samsung terbaru ini dirancang menjadi smartphone yang dilengkapi fitur penting untuk tetap terkoneksi.

Mendukung kebutuhan yang menuntut untuk selalu #StayConnected, Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru Galaxy M series, yaitu Galaxy M11. Smartphone yang dirancang dengan fitur penting untuk tetap terkoneksi dan menghadirkan performa yang cukup.

Mulai dari baterai kuat 5000mAh, prosesor pintar Snapdragon 450, layar luas Infinity-O 6,4 inci HD+ TFT, dan Triple Camera 13MP. Untuk melihat spesifikasi lainnya, ikuti terus review Samsung Galaxy M11 berikut ini:

Desain

Dari segi desain Galaxy M11 tampil tidak jauh berbeda dengan anggota keluarga Galaxy M-Series lainnya yang dimiliki Samsung. Layarnya menggunakan desain Infinity-O sementara di bagian belakang terdapat tiga buah kamera yang disusun vertikal di pojok kiri atas.

Tepat di tengah, ada sensor sidik jari.

Varian yang kami ulas kali ini adalah yang berwarna hitam. Finishing pada back cover-nya tidak glossy dan tanpa variasi gradasi warna sehingga terlihat lebih kalem.

Samsung menggunakan bahan plastik di bagian belakang serta frame-nya, dan terasa cukup nyaman ketika bersentuhan dengan tangan serta tidak licin.

M11

Lebar bodinya masih tergolong ramping meski baterainya besar. Dengan bobot yang tidak terlalu berlebihan, Galaxy M11 cukup ideal untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Ketebalannya pun menurut kami pas, 9mm. Cocok untuk Anda yang selalu memasukkan smartphone ke dalam saku celana.

M11

Walaupun termasuk smartphone dengan harga terjangkau, Galaxy M11 sudah mengadopsi port USB Type-C yang posisinya ada di bawah bersebelahan dengan lubang speaker.

Lubang audio jack sendiri posisinya berada di atas. Ada tiga slot yang disediakan Samsung, dua untuk SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD. Jadi kalau kapasitas storage internalnya masih kurang, Anda tidak perlu khawatir.

M11

Selebihnya tak ada lagi yang bisa diceritakan lebih jauh soal desain dari Galaxy M11. Secara keseluruhan penampilannya aman-aman saja karena kami tidak menemui kendala selama menggunakan smartphone ini.

Mungkin satu hal yang patut dipaparkan, sama seperti smartphone pada umumnya bodi Galaxy M11 mudah kotor oleh bekas jari.

Untuk melihat paket penjualan Samsung Galaxy M11 bisa dilihat dalam video berikut:

Layar

Seperti disebutkan di atas, Samsung membenamkan layar Infinity-O pada Galaxy M11, dengan lubang di pojok kiri atas untuk menampung kamera selfie. Ukurannya 6,4 inci dengan panel PLS TFT dan menawarkan resolusi HD+.

Tingkat kecerahannya standar saja dan cukup memadai asal tidak berada di bawah sinar matahari yang terlalu terik.

Desain Infinity-O juga turut membantu memaksimalkan lebar layar agar dapat menampilkan konten dengan lebih luas lagi.

Bezel di kiri, kanan, dan atasnya tipis, tapi yang di bawah masih agak tebal. Hal yang wajar untuk smartphone dengan harga Rp2 jutaan.

M11

Secara keseluruhan layar Galaxy M11 asyik untuk mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari, baik untuk browsing, mengakses media sosial, bermain games, atau menonton film di Netflix yang aplikasinya sudah langsung tersedia secara pre-installed.

Audio? Ada Dolby Atmos. Speaker-nya juga lumayan jernih untuk sekadar menemani bermain games atau video call.

Samsung Galaxy M11 sudah mengadopsi sistem operasi OneUI 2.0 berbasis Android 10. Ikon-ikon di dalamnya terlihat fresh dengan warna-warna yang menarik mata, khas tampilan smartphone untuk anak muda.

Samsung pun telah membekalinya dengan sederet fitur baru baik bawaan Android 10 maupun yang khas Samsung.

Dark Mode? Ada. Focus Mode dan Digital Wellbeing? Ada juga. Aplikasi seperti Samsung Pay untuk metode pembayaran digital juga bisa Anda temukan, bersama dengan Samsung Members, Galaxy Store, serta S Lime.

Selain itu, ada pula aplikasi garapan Microsoft seperti Office Mobile, OneDrive, hingga Outlook.

Kamera

Beralih ke area fotografi, Samsung Galaxy M11 menawarkan triple-camera yang terdiri dari sensor utama 13MP, sensor 5MP dengan lensa ultra-wide, dan depth sensor 2MP.

Untuk yang gemar selfie, ada kamera depan 8MP yang punya fitur Live Focus (bokeh) seperti pada kamera belakang.

Selama pengujian, menurut kami kamera Galaxy M11 tergolong standar-standar saja.

Anda tetap bisa mendapatkan foto dengan detil yang baik ketika cahaya memadai. Namun, jika di dalam ruangan dengan bantuan lampu apalagi di malam hari, ketajaman akan jauh menurun.

Bukan cuma itu, kamera Galaxy M11 ternyata juga belum memiliki Night Mode.

Kamera-M11

Sedikit catatan pada kemampuan white balance otomatisnya. Di beberapa scene pemotretan kami merasa pemilihan pengaturannya kurang tepat.

Contohnya seperti foto di bawah ini yang terlihat agak pucat. Untungnya ada mode Pro yang memungkinkan kami mengutak-atik sendiri white balance agar lebih sesuai dengan warna aslinya.

Untuk memotret objek action figure pada kondisi minim cahaya kamera Galaxy M11 bekerja dengan cukup baik. Warna objek tampak natural dan tidak ada polesan yang berlebihan. Detil pun masih terlihat oke.

Menariknya lagi, mode Live Focus-nya mampu memisahkan objek dan background dengan rapi.

Samsung m11

Samsung m11

Samsung m11


Lalu bagaimana dengan kamera selfie-nya? Sama seperti kamera belakang, asalkan pencahayaan bagus Anda akan mendapatkan hasil foto yang lumayan untuk dipamerkan ke media sosial.

Sedikit membahas fitur videografi, baik kamera belakang maupun kamera depan sama-sama bisa merekam di resolusi Full HD.

Performa

Performa Samsung Galaxy M11 didukung prosesor octa-core serta RAM sebesar 3GB. Untuk penyimpanan data, Samsung membenamkan storage berkapasitas 32GB (eMMC 5.1) yang jika masih kurang bisa ditambahkan dengan microSD hingga 512GB.

Kombinasi yang mungkin tidak terlalu menggiurkan, namun tentunya tergantung dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Kalau untuk penggunaan standar sehari-hari jelas sangat mencukupi. Kinerjanya responsif dan transisi antar layar juga tampak mulus. Gaming pun masih bisa kok.

Mobile Legends dan Call of Duty Mobile bisa kami mainkan dengan lancar tanpa kendala meski beberapa sempat mengalami lag jika kami naikkan settingan defaultnya.

Dan terlebih untuk judul-judul yang grafisnya lebih berat seperti PUBG Mobile, Anda harus menurunkan pengaturan ke yang paling rendah jika tidak ingin diganggu lag.

Sedikit catatan, mungkin pemilihan chipset dan besaran RAM/storage tampak kurang menarik bagi Anda jika membandingkan dengan produk dari brand asal China.

Tapi harus diingat, ini Samsung. Samsung memang tidak pernah mengedepankan spesifikasi di atas kertas, melainkan pengalaman penggunaan secara keseluruhan.

Baterai

Nah, ini yang menjadi jagoan utamanya. Baterai berkapasitas 5000mAh yang pastinya menjanjikan daya tahan ekstra ketika dipasangkan dengan sederet hardware yang tidak terlalu rakus daya.

Hasilnya sesuai dugaan, Galaxy M11 kami bisa menemani selama 1,5 hingga 2 hari untuk pemakaian normal.

Samsung juga tak lupa memberikan teknologi fast charging 15W agar proses pengisian daya Galaxy M11 tidak memakan waktu yang lama.

Menurut pengujian kami, hanya butuh waktu kurang dari 2 jam untuk dapat terisi penuh 100 persen dari kondisi baterai sekitar 10-15 persen.

Spesifikasi

  • Layar: 6,4-inch (1080 x 2340), HD+ TFT, Infinity-O Display
  • Kamera Utama: 13 MP, F1.8 | Ultra Wide: 5 MP | F2.2 Depth: 2 MP, F2.4
  • Kamera Selfie: 8 MP, F2.0
  • Dimensi: 161.4 x 76.3 x 9 mm / 168g
  • Prosesor: Octa Core (42,3 GHz Cortex-A73 & 41,7 GHz Cortex-A53)
  • Sistem Operasi: Android 10, One UI 2.0
  • RAM: 3GB
  • Internal Storage: 32GB
  • Memori: Micro SD slot (up to 512 GB)
  • SIM Card: Dual SIM (3 slot)
  • Baterai: 5.000 mAh (typical), 15W Fast Charging
  • Otentikasi Biometrik: Fingerprint (rear-mounted)
  • Warna: Hitam, dan Biru Metallic
  • Fitur Lain: Dolby Atmos

Kesimpulan

Meski menawarkan performa yang terbilang biasa dikelasnya, menurut kami Galaxy M11 tetap terlihat amat menggiurkan berkat baterainya yang besar dengan daya tahannya yang memuaskan serta nama besar Samsung tentunya bagi anda yang brand minded.

Menurut kami, smartphone ini termasuk pilihan yang ideal jika Anda mencari daily driver untuk menunjang komunikasi dan media sosial sambil beaktivitas mobile sepanjang hari.

Bagi Anda yang berminat meminangnya, Samsung Galaxy M11 ditawarkan dengan harga Rp2.099.000.

Tapi perlu diingat, Galaxy M Series merupakan produk yang difokuskan pada penjualan online, dan bisa dibeli lewat Samsung.com/id maupun berbagai e-commerce ternama lainnya di Indonesia. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA