Review Produk

Realme Buds Q: TWS Bergaya Premium, Harga Ekonomis

IN
Oleh ibnu naufal
Rabu 01 Juli 2020
share
(inilahcom/ibnu)

BEBERAPA waktu belakangan, kehadiran TWS atau True Wireless Stereo semakin ramai di Indonesia. Berbagai brand turut meluncurkan earbud dengan keunggulan masing-masing. Hal ini juga semakin membuat harga TWS kian bersaing.

Penggunaan Earbud ini belakangan lebih disukai karena tidak menggunakan kabel, jadi tidak akan merepotkan pengguna dengan masalah kabel terlilit atau lepas.

Terbukti, tiga perusahaan, seperti OPPO, Xiaomi, dan realme menjadi pemain yang cukup agresif di pasar TWS.

Misalnya realme, yang telah meluncurkan tiga TWS hanya dalam waktu enam bulan. Ini dimulai dengan realme Buds Air pada bulan Januari lalu, yang menawarkan fitur-fitur premium seperti pengisian nirkabel dan port Tipe-C hanya dengan harga Rp900 ribuan.

Selang kemudian meluncurkan realme Buds Air Neo yang lebih murah di Rp600 ribuan. Terbaru, pada Selasa kemarin (30/6/2020), meluncurkan realme Buds Q, yang datang dengan harga lebih ekonomis di bawah Rp400 ribu.

Proyeksi realme Buds Q diperkirakan menjadi salah satu amunisi dari ambisi realme dalam bidang AIoT dan produk terbaru dari seri realme audio yang telah terjual sebanyak 1 juta unit secara global dari saat produk audio pertama diluncurkan hingga sekarang.

INILAHCOM berkesempatan menguji TWS ini dalam sepekan dan berikut adalah testimoni kami mengenai realme Buds Q, dari kacamata pengguna generasi TWS realme sebelumnya.

Desain

Dengan banderol yang ramah kantong, realme Buds Q adalah earbud TWS paling terjangkau dari perusahaan penyedia produk tech trendsetter ini, dan TWS ini datang dengan bahasa desain yang benar-benar baru.

Berbeda dengan realme Buds Air dan Buds Air Neo, realme Buds Q menawarkan desain berbentuk pod yang pas di telinga.

IMG20200629170146

realme Buds Q memiliki desain earpiece yang ergonomis masuk ke dalam telinga (in-ear) yang panjang seperti paruh, sesuai dengan bentuk telinga bagian dalam kebanyakan orang.

Bentuk earpiece-nya terbuat dari ukiran halus 48 derajat di bagian atas dan 97 derajat di bagian bawah. Bentuk ini membuat realme Buds Q sangat cocok dengan lubang telinga manusia untuk kenyamanan dan mengisolasi kebisingan luar untuk pengalaman suara yang lebih mendalam.

IMG-20200627-113118

Desain ini dirancang oleh desainer yang bekerjasama dengan merek fesyen populer Hermes, yakni Jose Levy. Dorongan realme untuk membuat produk perancang agar terlihat trendi dan modern sangat berguna.

Inspirasi Levy adalah batu bulat yang mencapai bentuk halus dan lembut setelah bertahan jutaan tahun akibat angin, ombak, dan kerikil yang tahan cuaca.

TWS yang kami uji adalah warna hitam (black pebble) tapi realme Buds Q juga tersedia dalam warna putih (white pebble) dan kuning (yellow pebble).

Selain itu jika bentuk bawaan realme Buds Q terasa kurang nyaman di telinga, terdapat beberapa eartips cadangan dengan ukuran yang berbeda untuk disesuaikan dengan telinga masing-masing.

IMG20200626090526

Dengan bentuknya yang kecil dan mudah pas di telinga kebanyakan orang. Dari sisi ergonomis, realme Buds Q lebih nyaman digunakan, bahkan karena ringan, hanya 3,6 gram, dan pas di telinga, earphone ini bisa dipakai berlama-lama tanpa terasa.

Pasnya bagus dan kencang dan tidak mudah terlepas bahkan saat berolahraga.

IMG20200629161436

Oh ya, bicara tentang olahraga, realme Buds Q hanya punya sertifikasi IPX4, yang cuma tahan cipratan air atau keringat. Jadi Anda tidak direkomendasikan untuk memakainya sembari hujan-hujanan ataupun berenang.

Kalau sekadar untuk olahraga yang menghasilkan keringat, aman. Kembali ke casing, ada sebuah lampu LED di bagian depan yang menyala merah jika baterai Anda rendah atau hijau saat baterai terisi penuh.

Untuk melihat paket penjualan realme Buds Q bisa langsung simak video di bawah ini:

Kinerja

realme Buds Q dilengkapi dengan driver Dynamic Bass Boost 10mm, yang diatas kertas cukup untuk memberi tahu Anda bahwa sepasang earbud dapat menghasilkan dentuman bass lebih solid.

Perangkat audio mungil ini juga mendukung Bluetooth 5.0 dengan jangkauan 10 meter. Earbud mendukung codec audio AAC HD dan solusi Dynamic Bass Boost.

Kami mencoba earbud dengan iPhone XR, dan realme C11 untuk melihat bagaimana earbud bekerja dengan berbagai smartphone.

Meskipun Anda dapat memasangkan earbud dengan iPhone, Anda tidak akan dapat memperbarui realme Buds Q karena aplikasi realme Link belum didukung di iOS.

realme Buds Q memiliki kontrol sentuh kapasitif pada wajah setiap earbud yang dapat digunakan untuk memutar/ menyetop musik, menjawab panggilan, melewati trek lagu, mengaktifkan mode gaming, dll. Kontrol ini dapat disesuaikan menggunakan aplikasi realme Link.

IMG20200626091919

Kami memainkan beberapa lagu melalui aplikasi Spotify dan Apple Music, melihat genre yang berbeda untuk melihat mana yang paling cocok dengan realme Buds Q.

Earbud cenderung memperkuat bass dengan sedikit mengorbankan suara vocal. Vokal ditekan dalam lagu-lagu bass-berat dan ada tanda suara berbentuk U yang berbeda di mana bass dan treble ditekankan.

Anda dapat menggunakan equalizer untuk menyesuaikan audio sesuai keinginan Anda, tetapi kami lebih senang melihat suara yang lebih seimbang. Balik lagi, ini hanya sesuai selera musik masing-masing.

realme Buds Q bekerja dengan baik dengan genre-genre seperti Rock dan Hip-Hop di mana Anda ingin menikmati suara-suara bass yang keras. Jadi, lagu-lagu seperti The Beginning milik One OK Rock atau Alone besutan DJ Alan Walker terdengar energik dan pasti memacu adrenalin Anda dengan baik.

Earphone juga bekerja cukup baik di lagu-lagu akustik seperti I Guess I Just Feel Like milik John Mayer di mana Anda dapat mendengar petikan gitar dengan jelas. Namun, vokal Mayer kurang dalam dan cenderung alunan gitar lebih dominan.

IMG20200629161348

Ketika dipakai untuk nonton video lewat YouTube dan Netflix, tidak terasa ada delay antara video dan suara yang disalurkan ke realme Buds Q.

realme juga berikan mode gaming yang mempersingkat latensi atau jeda suara, krusial ketika digunakan untuk bermain game. Tapi biasanya mode seperti ini akan mempersingkat daya tahan baterai, jadi diaktifkan ketika memang diperlukan saja.

Baterai

Dengan sekali pengisian daya, realme Buds Q dapat bertahan antara 3-5 jam berdasarkan tingkat volume yang Anda dengarkan.

Casing ini dapat mengisi daya baterai empat kali lebih banyak yang berarti Anda bisa menggunakan hingga total pemakaian sekitar 18-20 jam masa pakai baterai saat Anda mengisi daya casing dalam sekali.

IMG20200626085423

Perlu kami informasikan, di atas kertas realme Buds Q pada tiap buds-nya membawa baterai sebesar 40mAh dan dapat menyimpan baterai sebesar 400mAh.

Jika daya pada buds tersisa sedikit, Anda cukup memasukkan buds ke dalam casing sebentar untuk mengecas, lalu dapat digunakan kembali.

Saran kami, setelah dua kali buds masuk ke dalam casing, Anda mengecas casing-nya untuk masa pakai yang lebih lama lagi.

Dalam penggunaan kami, kami mengisi daya realme Buds Q hanya sekali ketika kami menerimanya seminggu yang lalu.

realme Buds Q mengisi daya melalui port micro-USB di bagian belakang dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi daya sepenuhnya.

Infografis

Whats-App-Image-2020-06-30-at-20-02-37

Kesimpulan

Jelas, selama menggunakan realme Buds Q, kami cukup terkesima dengan apa yang ditawarkan melihat harganya yang cukup terjangkau.

realme Buds Q memiliki desain yang bagus halus elegan ergonomis, juga didukung kualitas suara cukup bagus.

Kami pikir masa pakai baterai juga terbaik di kelasnya. Terlebih jika Anda mendengarkan musik dengan banyak instrumen bass, Anda akan semakin jatuh cinta dengannya.

Good job, realme! [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA