Mana yang Layak Dibeli, Realme C11 atau Vivo Y11?

IN
Oleh Ibnu Naufal
Kamis 02 Juli 2020
share
(inilahcom)

REALME C11 telah resmi mendarat di pasar Indonesia, selasa (30/06) dengan beragam fitur inovatif yang dibawanya. Selain harga yang terjangkau, realme C11 juga membawa peningkatan fitur dibanding generasi sebelumnya yang bisa diandalkan masyarakat Indonesia. Sebut saja desain yang inovatif, performa chipset terbaru dan baterai yang besar.

Di sisi lain, vivo, kompetitor yang sebenarnya berasal dari rumpun yang sama, juga memiliki produk yang tak kalah menarik. Meski kerap meluncurkan produk dengan beragam fitur dan harga banderol tinggi, vivo mencoba memeluk segmen di bawahnya melalui Y11. Ponsel ini hadir dengan memberikan pengalaman layaknya ponsel di kelas lebih atas vivo.

Jika berbicara di harga jual dan segmen pasar yang sama, realme C11 berhadapan dengan vivo Y11. Maka mari coba kita adu keduanya, untuk mengetahui siapa yang lebih pantas untuk dibeli.

Desain

Membandingkan smartphone baik dimulai dari segi desain. Dari tampilan luar, keduanya hadir secara kekinian dengan layar berponi dengan bentuk tetesan air, seperti ponsel berponi populer lainnya.

Jika melihat ke belakang, baru kita melihat perbedaan mencolok. realme datang dengan desain bodi belakang baru yang disebut "Geometric Design". Permukaannya dibuat bertekstur serta desain kameranya sudah sangat ikonik layaknya ponsel premium. Desainnya juga mencolok dengan warna mengusung konsep Mint Green dan Pepper Grey.

Untuk vivo Y11 di satu sisi mengambil pendekatan berbeda dengan bodi mengkilap materialnya seperti kaca. Memang membuatnya terdapat gradasi unik di sini. Bodi belakang vivo Y11 datang dengan tekstur garis-garis vertikal layaknya permata. Tentunya masih menampilkan kilau jika dilihat dari sisi-sisi tertentu saat terkena cahaya.

Tidak ada material mewah seperti metal atau kaca, maklum kelas harganya sensitif. Tapi material polikarbonat yang keduanya usung sudah terasa baik, berkualitas dan memiliki daya tahan yang baik. Hanya saja dengan bodi mengkilap tentu baret dan sidik jari yang mudah menempel tidak bisa terhindarkan di vivo Y11.

Berlanjut dari aspek layar, kedua ponsel sudah menggunakan panel layar IPS LCD. Panel yang dikenal baik dalam urusan tampilan meski dilihat dari sudut pandang miring. Warna atau ketajaman tidak akan berubah. Ukuran 6,5 inci dipasangkan untuk realme C11 dan vivo y11 dengan ukuran 6,35. Keduanya berbagi ukuran resolusi yang sama yaitu HD+. Hanya saja kerapatan piksel sedikit lebih besar di realme C11 karena 720x1560 piksel berbanding 720x1544 piksel di vivo Y11.

Kamera

Meski sama-sama smartphone terjangkau dengan harga dibawah Rp2 jutaan, tapi keduanya tidak enggan untuk memberikan yang terbaik. realme C11 memiliki kamera belakang dengan combo 13MP+2MP. Hal yang sama juga berlau di vivo Y11 terpasang combo kamera 13MP+2MP.

Secara umum, konfigurasi realme C11 vs vivo Y11 sama. Di mana keduanya mampu berikan hasil foto bokeh yang baik asalkan di lingkungan dengan cahaya yang cukup. Karena keberadaan kamera kedua atau yang berfungsi untuk depth effect akan sangat membantu hasilkan potongan bokeh atau buram yang presisi.

Namun untuk fitur malam, boleh jadi realme C11 lebih unggul. Karena dilengkapi dengan mode Nightscape yang berbasis teknologi AI untuk menghasilkan foto yang terang di lingkungan redup cahaya. Mode Nightscape cap kita temukan pada realme dengan kelas harga diatas Rp 2 juta. Ditambahkan juga mode Chroma Boost yang bisa mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, dan memberikan eksposur yang lebih seimbang.


Bagi yang ingin selfie, realme C11 memiliki kamera depan 5 MP dengan efek bokeh yang menghadirkan foto portrait yang cemerlang. Sedangkan untuk vivo Y11 kamera depan punya resolusi sedikit lebih tinggi yaitu 8MP yang didukung oleh sensor gerakan tangan palm capture untuk berswafoto dan teknologi khas AI Face Beauty vivo.

Ingin merekam video? realme C11 dapat melakukan perekaman hingga 1080p. Begitupun vivo Y11 mentok di 1080p, yang menarik di sini juga adalah kedua kameranya mampu melakukan perekaman video gerak lambat.


Performa

realme C11 dibekali oleh chipset MediaTek Helio G35 dengan fabrikasi 12nm untuk dapur pacunya. Sedangkan vivo Y11 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 439 dengan fabrikasi 12nm.

Menggunakan fabrikasi ukuran yang sama artinya diatas kertas kedua ponsel untuk urusan performa tidak terlalu berbeda signifikan untuk kelas pemula yang biasa untuk penggunaan aplikasi seperti sosial media pastinya bakal lancar.

Untuk perbedaan terdapat di sisi kinerja yang ditawarkan. realme C11 menawarkan dua jenis kombinasi RAM dan memori internal, sementara vivo Y91C hanya satu jenis, untuk menyokong kinerja dari SoC tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, realme C11 melengkapi SoC tersebut dengan pilihan RAM 2 GB dengan memori 32 GB atau RAM 3 GB dengan memori 32 GB. Sementara untuk vivo Y11 , ponsel ini hanya dilengkapi dengan RAM 2 GB dengan memori 32 GB.

Dengan RAM yang lebih besar, secara teori ponsel akan mampu memberikan kinerja yang lebih mumpuni terutama untuk multitasking, sementara memori yang lebih besar akan membuatnya mampu menampung lebih banyak data, termasuk data cache yang bisa memperlancar kinerja sistem atau aplikasi.

Melengkapi racikan tersebut, realme C11 dan vivo Y11 memakai baterai dengan ukuran yang sama yakni 5.000 mAH dan tanpa fitur fast charging. Dalam penggunaan sehari-hari keduanya mampu menemani pengguna seharian. Dapat dikatakan keduanya seimbang di sini.

Sementara untuk berhadapan dengan penggunanya secara langsung, di sisi piranti lunaknya, kedua ponsel yang masih satu induk ini juga menawarkan antarmuka dan sistem yang tidak sama.

Dibalut dengan antarmuka realme UI , realme C11 sudah menjalankan Android 10. Sedangkan vivo Y11, perangkat ini masih menjalankan Android 9 dengan antarmuka yang disebut dengan Funtouch OS 9.1.

Untuk membuat perbedaannya semakin komplit, realme C11 dan vivo Y11 membawa versi yang berbeda dalam dukungan Bluetooth yang digunakan. realme C11 sudah mempercayakan konektivitasnya pada Bluetooth 5.0 sementara vivo masih didukung Bluetooth 4.0. Fitur bluetooth juga cukup penting karena dalam efisiensi transmisi, jarak transmisi, kapasitas informasi mode broadcast, dan konsumsi daya versi terbaru pastinya lebih baik.


Kesimpulan

Sebagai catatan, realme C11 dijual dengan harga mulai dari Rp1.499.000 untuk konfigurasi 2GB+32GB. vivo Y11 dengan konfigurasi yang sama dijual di angka yang lebih mahal yaitu Rp1.799.000. Berbeda dengan vivo, realme juga menyajikan opsi lain dengan kapasitas memori 3GB+32GB dimana dijual Rp 1.599.000.

Perlu diketahui, bahwa kelas entry level ini sangat sensitif dengan harga. Beda Rp200 ribu saja pilihan bisa berubah. Dari soal harga saja, sudah jelas realme C11 keluar sebagai pemenangnya. Di sisi lain, vivo lebih kuat popularitasnya karena terlalu kental sebagai produk dengan inovasi teknologi kamera selfienya. Sementara realme lebih unggul dalam kualitas produk maupun after sales service di Indonesia.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA