Realme Buds Q vs Redmi AirDots: Perang TWS Murah

IN
Oleh Ibnu Naufal
Jumat 03 Juli 2020
share
(inilahcom/Ibnu Naufal)

TREN sekarang makin banyak yang menggunakan sepasang earphone nirkabel untuk digunakan sehari-hari. Itulah yang dinamakan True Wireless Stereo atau TWS.

Perangkat audio ini mulai meledak saat produsen Apple memperkenalkan produk AirPods. Sebenarnya, tidak hanya Apple, banyak produsen gadget yang mulai mempercayakan kualitas audionya pada perangkat baru ini.

TWS menawarkan keleluasaan mendengarkan musik yang lebih fleksibel dengan tanpa kabel. Berbeda dengan earphone Bluetooth generasi sebelumnya dengan earpiece yang masih terhubung dengan kabel, earphone TWS terpisah secara individual dan bahkan masing-masing earpiece-nya bisa digunakan di 2 perangkat yang berbeda.

Pada kisaran bujet Rp300 ribuan, earphone TWS yang sedang menyedot perhatian adalah realma Buds Q dan Redmi AirDots.

Jika saat Anda sedang menimbang untuk memilih salah satu di antara dua earphone TWS ini, berikut kami hadirkan ulasan singkat tentang kelebihan dan kekurangannya.

Paket Penjualan

Saat membeli sebuah produk tentu sebuah kelengkapan akan diperhatikan. Untuk kardusnya sendiri, keduanya cukup terlihat bagus dan bahan kertas yang digunakan cukup tebal.

Boks realme Buds Q dominan kuning dan Redmi AirDots memilih warna putih biru.

IMG20200627103405-picsay

Saat dibuka, Redmi AirDots memberikan paket penjualan berupa perangkat Redmi AirDots beserta case, kemudian 1 set eartip dengan size, kecil, medium dan besar, kemudian yang terakhir adalah buku manual.

Yang berbeda di sini untuk Redmi AirDots tak ada kabel USB untuk pengecasan, sebenarnya hal ini cukup disayangkan, mengingat kemasan produk yang besar dan masih tersedia ruang kosong di dalam boks pembelian tersebut.

Dalam paket penjualan realme Buds Q terdapat perangkat realme Buds Q beserta charging case yang dilengkapi dengan lampu LED untuk indikator pengisian daya, 1 set eartip berukuran kecil, medium dan besar dengan aksen kuning, buku manual dan kabel USB mikro untuk pengisian daya.

Pada sektor ini realme Buds Q unggul karena hadir lebih lengkap dengan kabel pengecasan.

Tampilan

realme Buds Q dan Redmi AirDots hadir dalam warna hitam yang dominan, dan minim ornamentasi grafik yang membuatnya low-profile dan simplistik buat dipakai kapan saja.

Sekilas melihat material dua earphone TWS ini, sepertinya sama-sama terbuat dari bahan ABS plastik dengan finishing matte.

Untuk realme Buds Q sendiri punya opsi warna lain yakni White Pebble dan Yellow Pebble yang akan dijual di kemudian hari.

IMG20200627103752

Satu perbedaan besar antara realme Buds Q dan Redmi AirDots terletak pada titik lampu pada casing/enclosure, di mana casing realme Buds Q punya indikator, sedangkan Redmi AirDots tidak memilikinya.

Perihal ada atau tidak adanya lampu di casing earphone sebenarnya bukan masalah besar bagi kami. Sebab yang utama adalah kenyamanan earpiece dan kualitas suaranya.

Namun, kalau dari segi desain terlihat realme Buds Q lebih terlihat premium dengan adanya lampu di casing-nya ini dan lekukan bulat sempurna serta grafir logo realme yang menambah kesan elegan. Kesan elegan juga kami dapati

Selain itu, kedua TWS ini memiliki body yang ramping, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana karena bisa dimasukan ke dalam tas kecil atau kantong saku.

Proses Pairing

Pertama-tama kita mulai dari realme Buds Q. Earphone TWS terbaru realme ini bisa kami acungi jempol berkat konsistensi pairing antar earpiece dengan ponsel terlebih dengan adanya aplikasi realme Link yang dapat mengatur berbagai perintah dan mode di dalamnya.

Keunggulan realme Buds Q juga terletak dari segi penggunaan ada di fungsi tombol wajah earbuds pada dua earpiece kiri dan kanan yang bisa digunakan untuk next atau previous.

Jika Anda menyentuh earpiece sebanyak dua kali, maka realme Buds Q akan memutar lagu di playlist, begitupun pada earpiece yang bisa digunakan untuk skip forward ke lagu berikutnya (next) serta menjawab panggilan telepon.

Sedangkan untuk masuk ke dalam mode gaming, Anda cukup tekan dan tahan kedua buds selama dua detik.

IMG20200626091919

Selanjutnya untuk Redmi AirDots. Pengalaman set up memakai Redmi AirDots sebenarnya cukup mengecewakan, meski pada dasarnya earphone TWS ini terbilang bagus dari segi desain dan suara.

Masalah yang kami hadapi ketika menggunakan Redmi AirDots ini terletak pada masalah pairing antara earpiece kiri dan kanan, di mana sambungan earpiece kiri selalu terputus selang 10-15 detik.

Walaupun sedang lancar, kami sering mendapati audio yang tidak tersinkronisasi pada earpiece kiri, kadang suaranya blown-out. Selain itu, konfigurasi tombolnya hanya mendukung play/pause dan asisten virtual saja.

Ketidakhadiran aplikasi manajemen juga cukup vital disini karena sebenarnya cukup merepotkan jika ingin berganti-ganti perangkat yang dipasangkan.

Performa Suara

Setelah dalam hitungan hari menggunakan dua earphone TWS ini buat mendengarkan musik berbagai genre, kami bisa menyimpulkan bahwa realme Buds Q dan Redmi AirDots memiliki kualitas suara yang lebih-kurang sama, cukup baik meng-handle frekuensi suara mulai dari low, mid, sampai high.

IMG20200627104848

Meski begitu, detail instrumen bass lebih dominan di realme Buds Q, dalam begitu audionya kondisi yang sama kecuali Anda punya telinga super sensitif ala audiophile.

Singkatnya, realme Buds Q dan Redmi AirDots cukup baik buat dipakai mendengarkan berbagai jenis audio, mulai dari musik, podcast, film, dan lain-lain.

Bagaimana dengan suara dalam bermain game? Saat kami mencobanya untuk bermain game seperti Call of duty Mobile, Redmi AirDots ini memang sedikit ada delay pada suaranya.

Berbeda dengan realme Buds Q yang memiliki mode gaming dengan membuatnya latensi berkurang sehingga transfer suara dari ponsel ke earpiece lebih cepat, meski begitu dengan pemakaian mode gaming akan menguras baterai.

Perlindungan

Air adalah musuh terbesar dari perangkat elektronik. Apalagi saat melakukan kegiatan olahraga.

Keringat atau mungkin tetesan air hujan ketika berlari bisa membahayakan gadget yang Anda gunakan.

Karena hal itu, ada perlindungan standar sertifikasi tahan air atau debu yang diatur untuk mengetahui kemampuan sebuah perangkat elektronik terhadap paparan cairan.

realme Buds Q sudah menggunakan standar IPX4 yang artinya perangkat ini tahan terhadap terhadap cipratan air dari segala arah. Sedangkan Redmi AirDots tidak disertai dengan sertifikasi.

IMG20200629163026

Daya Tahan Baterai

Untuk earphone realme Buds Q dan Redmi AirDots memiliki kapasitas baterai yang sama sebesar 40mAh untuk masing-masing earphone yang diklaim bisa bertahan 4-5 jam dalam penggunaan.

Yang berbeda di sini adalah case-nya dimana realme Buds Q memiliki baterai 400mAh sedangkan redmi AirDots hanya 300mAh, sehingga keunggulan dalam pemakaian cenderung lebih lama didapat realme Buds Q.

IMG20200627114325

Untuk box charger-nya sendiri, keduanya masih menggunakan USB Mikro, namun hal itu wajar, mengingat harga yang ditawarkan juga sangat murah.

Kesimpulan

Dua produk ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, yang mana sepenuhnya bisa Anda pilih sesuai dengan apa yang ingin Anda dapatkan dari sebuah earphone TWS dengan banderol harga bersahabat.

realme Buds Q dan Redmi AirDots merupakan dua earphone true wireless stereo yang mumpuni di kisaran harga Rp300 ribuan.

Tapi, jika Anda adalah penyuka audio dengan instrumen bass dominan dan juga gamer, serta menginginkan kemudahan kustomisasi lewat aplikasi, dan menginginkan baterai yang tahan lama, jawaban kami dengan yakin menunjuk realme Buds Q sebagai pilihan terbaik.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA