Gelaran IMX 2020 Gabungkan Konsep Offline-Online

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 02 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 yang digelar pada 10 Oktober mendatang kemungkinan besar bakal menyesuaikan dengan kondisi kenormalan baru (new normal) dan protokol COVID-19.

Meski demikian, 'keterbatasan' ini dipastikan tidak akan membatasi kreativitas yang menjadi 'ruh' dari gelaran otomotif tersebut.

"Di tengah situasi saat ini, kami mencoba menerapkan adaptasi untuk menyelenggarakan IMX 2020. Tak lain agar denyut nadi perekonomian, khususnya di industri modifikasi dan barang aftermarket, tetap berjalan," kata Andre Mulyadi, IMX Project Director, dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/7/2020).

"Poinnya adalah untuk tetap bisa melakukan bisnis sambil mengikuti semua protokol kesehatan, aspek keselamatan yang jadi poin paling utama, serta tentunya kesejahteraan bagi semua yang terlibat," lanjut dia.

Andre menyebut, IMX 2020 rencananya akan menjadi event otomotif pertama yang menjadi terobosan, karena dibuat dengan konsep hybrid atau campuran antara event offline dan online yang bisa disaksikan dari mana saja hanya dengan satu klik.

Meski demikian, ajang ini tetap memberikan panggung yang sama terhadap munculnya produk-produk aftermarket terbaru, jasa modifikasi, kemunculan mobil-mobil modifikasi terbaik di Indonesia, dan puncaknya tetap mempertahankan hadiah untuk pengunjung dalam Giveaway dan Supergiveaway dalam bentuk satu unit mobil yang dimodifikasi dalam kolaborasi antar-industri.

IMX Supergiveaway kali ini akan memakai unit dari Suzuki untuk dimodifikasi, di mana pada gelaran tahun ini Suzuki Indonesia merupakan salah satu co-sponsor IMX 2020.

Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias berkolaborasi dengan IMX yang merupakan barometer bagi para modifikator dan pencinta otomotif dan modifikasi Tanah Air.

"Apalagi di tahun ini IMX diselenggarakan dengan konsep yang unik dan berbeda dengan sebelumnya, yaitu menggabungkan konsep online dan offline. Hal tersebut merupakan terobosan baru di dunia otomotif. Oleh karena itu, kami optimistis kehadiran IMX akan menjadi salah satu faktor pendorong geliat otomotif dan modifikasi nasional," ujar Harold.

Ajang IMX 2020 juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dirjen Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika menyampaikan apresiasi Pemerintah kepada IMX atas kreativitas dan terobosan dalam menyelenggarakan event melalui platform hybrid di mana gelaran event dilakukan secara offline, namun pengunjung dapat menikmati secara online.

"Kemenperin turut bangga atas kreativitas tersebut dan senantiasa mendukung IMX serta National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) melalui berbagai program seperti penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) modifikasi sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi SDM modifikator dan SKKNI in action untuk meningkatkan daya saing industri modifikasi," ucap Putu.

Tiga Poin Utama IMX 2020

Meski berubah konsep menjadi hybrid, namun IMX 2020 tetap mengusung tema 'Indonesian Pride'. Apalagi dengan pasar otomotif dan sumber daya manusia yang besar, Indonesia seharusnya bisa menjadi salah satu pemain besar dalam industri car tuning dunia.

Sementara perubahan menjadi online event dibarengi dengan konsep #UnsealTheAge yang akan merujuk mejadi tiga poin sebagai berikut:

1. New Normal Breakthrough

Menjadi event otomotif pertama di Indonesia yang menyajikan terobosan spektakuler penyelenggaraan kegiatan pameran dengan tetap mengedepankan anjuran dan arahan Pemerintah perihal pelaksanaan protokol kesehatan, keamanan, serta keselamatan seluruh pihak yang terlibat di dalam kegiatan.

Seluruh show akan dilaksanakan secara offline oleh tim IMX, sementara pengunjung dapat menyaksikannya secara langsung online, melalui platform digital tiketing.

2. Spectacular Event Show

Automotive platform hybrid pertama yang menghadirkan event dalam performance show yang dapat ditonton jutaan orang di seluruh Indonesia secara online.

IMX berkolaborasi dengan para pelaku event dan seniman digital Tanah Air terbaik untuk menggarap lighting show serta digital mapping yang akan menjadi sajian visual apik yang layak ditunggu dan ditonton.

3. Support The Industry

IMX 2020 #UnsealTheAge merupakan strategi untuk tetap dapat mendukung industri otomotif baik dari sisi marketing maupun sales dengan menggelar event berkelas.

Sehingga harapannya dapat menjadi salah satu kegiatan penopang industri otomotif Indonesia untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini.

"Nantinya, IMX 2020 dengan konsep hybrid ini sepenuhnya akan memaksimalkan sisi acara agar pengunjung dapat menyaksikan event online ini sebagaimana event offline. IMX akan menyajikan konten dan visual acara menarik yang akan dilangsungkan hanya dalam durasi 4 jam. Tata panggung, tata cahaya, digital imaging, sampai multimedia show dikerjakan oleh anak bangsa terbaik sehingga ini bukan event yang biasa-biasa saja," jelas Andre Mulyadi.

"Selain itu untuk pengunjung bisa membeli tiket online yang harganya relatif sangat murah, namun sesuai ciri khas IMX kami memberikan kesempatan untuk penonton dapat memenangkan satu unit mobil Suzuki yang telah dimodifikasi dengan sangat spesial," imbuhnya.

IMX 2020 rencananya akan mulai menjual tiket online dalam dua gelombang untuk para pengunjung/penonton, di mana gelombang pertama (pre-sale) akan dimulai pada 30 Juli mendatang.

Selain dukungan dari Kemenperin dan Suzuki Indonesia, IMX 2020 juga akan melibatkan beberapa influencer otomotif dan tentunya berbagai media, salah satunya datang dari grup Infia.co yang memiliki lebih dari 21 juta followers sosial media.

Nantinya, mereka akan menjalankan beberapa program yang akan memeriahkan IMX 2020 dan berkolaborasi menghadirkan sesuatu yang baru untuk disaksikan para pengunjung/penonton.

"Dengan membangun platform hybrid ideal untuk penyelenggaraan IMX 2020 nanti, kami yakin bisa memberi kepastian kepada semua pihak yang terlibat soal potensi yang akan muncul, salah satunya adalah potensi audience yang membesar. Jika pada event offline sebelumnya hanya didominasi mereka yang tinggal di Jabodetabek dan Pulau Jawa, nantinya ajang tahun ini bisa ditonton audience dari seluruh Indonesia bahkan dunia," papar Andre.

"Tak hanya itu, kami percaya dengan memberikan expo modifikasi bernuansa baru untuk para pengunjung nanti, ini akan membantu pemulihan industri modifikasi dan aftermarket," ia memungkasi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA