Google Search Hadirkan Dinosaurus di Hadapan Anda

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 04 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Google baru saja menambahkan dinosaurus dalam pencarian berbasis augmented reality (AR) pada perangkat mobile, untuk pengalaman melihat makhluk purba tersebut dalam ukuran nyaris mirip aslinya.

Ketika mencari kata kunci 'dinosaurus' atau 'dinosaur' di mesin pencari Google Search di ponsel, maka akan muncul hasil pencarian yang disertai keterangan 3D, pertanda hewan tersebut bisa dilihat dengan teknologi AR via ponsel.

Google menambahkan 10 jenis dinosaurus, bekerja sama dengan film waralaba 'Jurassic World', yaitu Tyrannosaurus Rex, Velociraptor, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon, dan Parasaurolophus.

Dalam unggahan di blog resmi Google, Group Product Manager AR Experiences di Google, Archana Kannan, mengatakan bahwa pihaknya bermitra dengan Universal Brand Development, Amblin Entertainment, dan Ludia untuk membuat dinosaurus ini.

Hewan purba ini dikembangkan berdasarkan game buatan Ludia, 'Jurassic World Alive', menggunakan teknik modeling 3D dan animasi.

"Tak hanya mencari lewat berbagai literatur, seniman kami juga bekerja bersama ahli paleontologi dan tim 'Jurassic World' untuk membuat aset ini seakurat dan senyata mungkin. Bahkan, sampai ke detail terkecil, seperti warna dan pola kulit yang tidak teratur, itu juga penting," kata Camilo Sanin, perwakilan dari Ludia.

Memuat dinosaurus semirip mungkin dengan ukuran aslinya tentu tidak mudah, tim Google, Ludia, Amblin, dan Universal Brand Development merancang agar dinosaurus ini bisa dipasangi fitur skala otomatis, terutama di perangkat Android, agar ukuran hewan bisa disesuaikan dengan layar dan lingkungan sekitar yang dibidik lewat ponsel.

Fitur skala otomatis Android akan menghitung jarak ponsel dengan bidang permukaan, kemudian ukuran dinosaurus akan disesuaikan dengan layar.

Bagaimana caranya?

Sebelum memulai pencarian 3D ini, pastikan ponsel yang digunakan sudah mendukung AR. Untuk mengetahuinya di ponsel Android, kunjungi bagian 'aplikasi' di 'pengaturan' atau 'settings', lalu lihat apakah Google Play Services for AR sudah terpasang.

Jika belum, kunjungi Google Play Store dan unduh aplikasi tersebut. Jika Google Play Services for AR tidak muncul di Play Store, artinya ponsel yang digunakan tidak mendukung teknologi AR.

Untuk melihat dinosaurus lewat Google Search, pengguna harus menggunakan ponsel minimal Android 7.0 Nouat, sementara untuk iPhone minimal iOS 11.

Setelah memastikan AR aktif, buka aplikasi Google atau Chrome, ketik pencarian 'dinosaur' atau 'dinosaurus', lihat hasil pencarian yang bertanda 3D. Ketuk ikon 'view in 3D' untuk melihat dinosaurus versi 3D.

Ketuk 'view in your space' untuk melihat dinosaurus 'berkeliaran' di sekitar Anda. Pengalaman melihat dinosaurus ini akan lebih menyenangkan jika berada di kebun, taman atau ruangan terbuka.

Jangan lupa keraskan speaker di ponsel agar suara dinosaurus terdengar dengan jelas.

Pengguna juga bisa melihat dinosaurus dalam ukuran asli, yang sudah disesuaikan dengan skala agar bisa dilihat lewat layar ponsel.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA