Aston Martin Kembali Lanjutkan Produksi DBX

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Minggu 12 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Gaydon - Aston Martin kembali melanjutkan produksi mobil Sport utility Vehicle (SUV) pertama mereka, DBX, yang diharapkan dapat mengubah kinerja perusahaan di masa depan.

"DBX menjadi mobil yang mendorong Aston Martin ke era baru yang berani," kata Marek Reichman , Chief Creative Officer Aston, seperti dilansir Reuters.

Aston Martin yang terkenal sebagai pembuat mobil 'James Bond' mengalami masa sulit sejak 2018 karena penjualan yang mengecewakan. Mereka membutuhkan dana segar hingga miliarder Lawrence Stroll datang sebagai investor.

Pabrikan mobil mewah asal Inggris itu pun mengurangi tenaga kerja selama krisis. Namun, hal tersebut ternyata tidak cukup karena turut diperparah dengan pandemi virus corona (COVID-19) yang berlangsung secara global.

Banyak kalangan yang menilai bahwa Aston Martin DBX terlambat masuk ke pasar, karena para pesaingnya sudah terjun duluan di pasar SUV mewah.

Aston Martin DBX dibangun di pabrik baru St Athan di Wales, di mana proses produksinya sempat terhenti pada Maret karena COVID-19.

Memulai debutnya di ajang Los Angeles Auto Show 2019, Aston Martin DBX mengusung platform yang benar-benar baru. Jantung pacunya menggunakan mesin 8-silinder berkapasitas 4.000cc yang dilengkapi dengan teknologi turbocharger ganda.

Spesifikasi ini diketahui diambil dari FB11 dan Vantage, tetapi Aston Martin mengkonfigurasinya sedemikian rupa agar mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Keluaran tenaganya sendiri mencapai angka 542hp, dan torsinya mencapai 700 Nm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke sistem all wheel drive melalui transmisi otomatis 9-percepatan.

Untuk memastikan handling yang baik, mobil ini diselipkan fitur Active Central Differential dan Rear Limited-slip Differential elektrik.

Dengan bobot total mobil seberat 2.245 kg, Aston Martin DBX disebut-sebut dapat berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 4,5 detik, dan dapat melesat hingga kecepatan maksimal 291 km/jam.

Dari segi interior, Aston Martin DBX menawarkan kemewahan dengan penggunaan pelapis kulit full-grain, serta headliner dan penutup panoramic roof berbalut alcantara.

Aston Martin pun memungkinkan pemilihan desain interior untuk para konsumennya. Ada opsi aksen kayu walnut untuk konsol tengahnya.

Lalu untuk fitur infotainment, Aston Martin DBX menghadirkan layar sentuh 10,25 inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay. Pengemudi juga bisa mengetahui informasi kendaraanya melalui panel instrumen digital sebesar 12,3 inci.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA