Dirut Telkomsel Tegaskan Data Pengguna Aman

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Senin 13 Juli 2020
share
(inilahcom/Ibnu Naufal)

INILAHCOM, Jakarta - Berkaitan dengan kasus Jebolnya data pribadi aktivitas pelanggan Telkomsel Denny Siregar yang di publis di media sosial oleh karyawan Telkomsel. Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, pihaknya selalu menjamin keamanan data para pelanggan.

Menurutnya, standard operating procedure (SOP) dalam menjaga kerahasian data pelanggan secara rutin kerap dilakukan evaluasi dan peningkatan. Hal ini dilakukan atas nama keamanan.

"Ada atau tidak adanya kejadian, kita rutin melakukan proses itu. Namun, setelah kejadian kemarin, pas jadwal perubahan SOP atau tidak, mohon maaf, kami tidak bisa bicara secara teknis karena ini etika. Yang jelas, saya pastikan kita melakukan perubahan SOP secara rutin," kata pria yang akrab disapa Anto ini saat acara jumpa pers di Jakarta, Senin (13/7).

"Kasus kemarin tidak men-triger kami untuk updating karena sistem kami selalu ada evaluasi dan peningkatan yang dilakukan secara terus menerus. Tapi soal illegal akses baik sistem atau orang, kita pastikan akan diproses," terang dia.

Sebelumnya terkait data pribadi Denny Siregar yang bocor di media sosial. Denny Siregar merupakan seorang pegiat media sosial. Kejadian bermula pada hari Minggu (5/7), lantaran akun @opposite6891dengan sengaja membocorkan data pribadi Denny Siregar.

Denny berkicau di Twitter dan ramai menjadi perhatian netizen di Indonesia. Dia mengeluhkan kejadian kebocoran data pribadinya yang diungkapkan akun @Opposite6891.

Kemudian, Denny mengancam menggugat pihak Telkomsel ke pengadilan. Pihak Telkomsel pun akhirnya bergerak. Melakukan investigasi bersama pihak Kepolisian.

Setelah itu, tidak butuh waktu lama, Unit II Subdit 1 Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap seorang pria atas nama inisial FPH (26) di Ruko Grapari Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Ia ditangkap karena telah melakukan tindak pidana illegal akses terhadap data pribadi yang ada pada Database Telkomsel. FPH merupakan karyawan customer service (CS) di GraPari

Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel Andi Agus Akbar memberi apresiasi kepada Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri atas penindaklanjutan laporan resmi Telkomsel.

Laporan Telkomsel adalah tentang dugaan adanya upaya mengakses sistem secara tidak sah, mengubah, melakukan transmisi, mengurangi, memindahkan, informasi elektronik milik orang lain, serta pencurian data melalui media elektronik.

"Telkomsel siap dan akan terus bekerjasama serta berkoordinasi bersama aparat penegak hukum guna mendukung kelancaran prosss penyidikan kasus secara tuntas," katanya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA