Sejarah Mitsubishi Triton 18 Tahun di Indonesia

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 16 Juli 2020
share
(dok.MMKSI)

MITSUBISHI Motors sejak lama sudah dikenal sebagai produsen kendaraan tangguh yang mampu melahap berbagai medan berat. Salah satu kendaraan tersebut adalah pikap double cabin yang jadi andalan Mitsubishi, yakni Triton.

Sejarah Mitsubishi Triton sudah dimulai sejak tahun 1978, ketika pikap ini mulai dipasarkan dengan nama Forte dan L200.

Di Indonesia, Triton pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002. Seiring dengan perkembangan tren dan teknologi, kendaraan niaga ringan yang kini memimpin pangsa pasar small pick-up 4X4 ini beberapa kali mengalami perubahan fitur dan nama.

1. Mitsubishi Multistrada L200 (2002)

Ini adalah generasi pertama dari Mitsubishi Triton yang hadir di Tanah Air pada 2002 silam. Wujud Mitsubishi Strada L200 ini hadir dengan bentuk double cabin.

Memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia untuk kendaraan pikap yang tangguh, Mitsubishi Strada L200 ini dibekali mesin 4D56 2.5 L dengan teknologi intercooler.

Tenaga Strada L200 ini mampu menghasilkan hingga 100 hp dengan torsi 245 Nm, didukung transmisi manual 5-percepatan dan otomatif 4-percepatan.

Ternyata dengan bekal ground clearance tinggi dan fitur turbo intercooler membuatnya juga digemari oleh kalangan off-roader.

2. Mitsubishi Strada Triton (2008)

Pada 2008, Mitsubishi menghadirkan generasi kedua dengan mengusung nama Strada Triton dengan perubahan total.

Peningkatan signifikan terdapat pada sektor mesin untuk varian GLS dan Exceed menggunakan mesin 4D56 2.500cc berteknologi DOHC Turbodiesel Intercooler dan DI-D Commonrail. Sedangkan untuk varian GLX menggunakan mesin 4M40 berkapasitas 2.800cc.

Awal tahun 2010, Strada Triton mendapatkan minor facelift serta menambahkan tipe baru yaitu GLS AB Double Cabin dengan tambahan Airbag dan Rem ABS, sekaligus memperkenalkan fitur modern Easy Select 4WD.

3. Mitsubishi Strada Triton Hi Power (2014)

Enam tahun berselang, tepatnya pada 2014, Mitsubishi menghadirkan generasi terbaru Mitsubishi Strada Triton Hi-Power yang mengusung mesin diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT).

Hadirnya generasi terbaru ini juga lengkap dengan tampilan eksterior dan interior mewah layaknya kendaraan penumpang kelas atas.

Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power dilengkapi dengan transmisi INVECS II 5-speed AT with Sport Mode yang memberikan perpindahan kecepatan yang halus serta dapat menciptakan profil kendaraan yang sesuai dengan karakteristik pengemudi.

Kendaraan double cabin ini juga dilengkapi dengan Easy Select 4WD Shift-on-fly yang memungkinkan pengemudi memindahkan sistem penggerak 2WD ke 4WD saat kendaraan sedang berjalan (selama kecepatan masih di bawah 100 km/jam).

4. Mitsubishi Triton (2015)

Diluncurkan pada t2015, generasi baru dengan nama Mitsubishi Triton diluncurkan dengan mengusung tagline 'Sport Utility Double Cabin'dengan empat konsep, yakni Modern, Fungsional, Andal, dan Nyaman. Triton juga mengunggulkan desain bak yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Untuk area mesin, Triton ini masih menggunakan mesin 4D56 2.5 liter 4-silinder DI-D Commonrail dengan Turbocharger VGT. Tenaganya mampu menghasilkan 176 hp pada 4000 rpm dan torsi 40.8 kgm di 2000 rpm.

Triton ini mengalami peningkatan pada torsi dibandingkan pendahulunya yang berada di angka 35.7 kgm pada 1.800-3.500 rpm.

Mitsubishi Triton ini juga sudah dibekali dengan fitur keamanan canggih, seperti SRS Airbag, immobilizer, collapse steering column, ABS-EBD dan sasis dilengkapi Reinforced Impact Evolution untuk menyerap energi benturan demi melindungi penumpang.

5. Mitsubishi Triton Athlete (2018)

Varian ini diluncurkan tepat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 untuk menyasar pada pehobi off-road.

Triton Athlete hadir dengan penyegaran utama dari segi tampilan eksterior dan interior yang lebih sporty dan stylish serta tangguh untuk berpetualang. Kenyamanan disuguhkan melalui keyless operation system, push start button dan leather seat material+power seat dengan paduan aksen hitam dan oranye pada interior.

Pada sisi eksterior, Triton Athlete menawarkan penyegaran pada desain, seperti Sporty Black Grille; Stylish Sporty Bar; Aggressive 17 inch Alloy Wheel, Sporty Front Bumper Garnish, Stylish Body Stripping, Stylish Gate Spoiler, Sporty Black Side Step, Sporty Rear Bumper, Sporty Black Door Handle, Sporty Black Electric Folding Door Mirror, Stylish HID Headlamp With DRL.

Spesifikasi mesin yang ditawarkan masih serupa dengan varian sebelumnya, yaitu berkode 4D56, 2.500cc dengan VGT mampu menghasilkan tenaga sebesar 176 hp dan 400 Nm. Mesin ini pun dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 5-percepatan.

6. Mitsubishi New Triton (2019)

Setahun berikutnya, Mitsubishi menghadirkan penyegaran terbaru untuk Triton dengan memasarkan New Triton di ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Kendaraan ini sudah memiliki tampilan yang lebih segar berkat desain khas Dynamic Shield dari Mitsubishi Motors.

Selain punya wajah yang jauh lebih segar dan keren, generasi baru dari Mitsubishi New Triton ini juga punya mesin baru. Mesin yang ditanamkan menggunakan mesin berkode 4N15 yang sama dengan milik Pajero Sport. Mesin ini berkapasitas 2400cc, 4-silinder, yang sudah dibenamkan turbocharger.

Tenaga yang dapat dihasilkan dari mesin ini mencapai 180 hp. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi yakni 5 dan 6-percepatan manual, serta 6 percepatan otomatis.

Versi manual 5-percepatan hanya tersedia pada Mitsubishi New Triton varian terendah, yakni single cabin.

New Triton ini hadir dengan enam varian, mulai dari varian tertinggi yakni Ultimate A/T Double Cabin 4WD dan di bawahnya ada varian Exceed MT Double Cabin 4WD. Untuk dua varian double cabin lainnya yaitu GLS MT Double Cabin 4WD dan varian HDX MT Double Cabin.

Sementara untuk dua varian yang mempunyai single cabin adalah HDX MT Single Cabin 4WD dan GLX HR MT Single Cabin 2WD.

Seluruh varian Mitsubishi Triton diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors di Laem Chabang, Thailand.

Mitsubishi Triton di Indonesia sendiri berhasil meraih penjualan terbesar ketiga di dunia, setelah Thailand dan Australia.

Di Indonesia, Mitsubishi Triton dengan penggerak empat roda menyumbangkan market share sebesar 65 persen. Hal ini pula membuat Triton diklaim sebagai rajanya pikap 4x4.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA