Uni Emirat Arab Luncurkan Misi Pertamanya ke Mars

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Rabu 22 Juli 2020
share
(UAE Space Agency)

INILAHCOM, Abu Dhabi - Uni Emirat Arab (UAE) sukses meluncurkan misi luar angkasa pertamanya ke Mars. Misi bernama 'Hope' atau dalam bahasa Arab disebut 'Al Amal' itu kini sedang menuju Planet Merah setelah meninggalkan Tanegashima Space Centre, Jepang, pada hari Minggu lalu (19/7/2020).

Misi ini akan menjadi instrumen menakjubkan untuk memahami perubahan atmosfer Mars. Wahana luar angkasa yang diluncurkan merupakan pengorbit, jadi ia tidak akan mendarat di Mars. Sebaliknya, pesawat luar angkasa millik UAE ini akan melacak bagaimana sifat atmosfer yang dipengaruhi fitur geologi.

Mars memiliki salah satu ngarai terbesar di Tata Surya. Planet ini juga memiliki Olympus Mons, gunung berapi tertinggi (26 kilometer) yang sudah punah.

Kehadiran fitur-fitur tersebut tentu saja dapat memengaruhi atmosfer Mars. Dan misi 'Hope' diharapkan akan memberikan informasi lebih mengenai hal tersebut.

Berkat 'Hope', akan ada pemetaan cuaca Mars sepanjang waktu. Data ini kemudian akan dibagikan secara bebas kepada para ilmuwan di lebih dari 200 lembaga penelitian dan universitas di seluruh dunia.

'Hope' yang juga dikenal dengan nama 'Emirates Mars Mission', dikembangkan oleh Mohammed bin Rashid Space Centre bekerja sama dengan University of Colorado Boulder, Arizona State University dan University of California.

Wahana luar angkasa ini diharapkan sampai ke Mars pada 15 Februari 2021. Perjalanan tujuh bulan ini adalah yang tersingkat untuk sampai ke sana.

'Hope' tidak sendirian dalam perjalanannya menuju Mars. Pekan ini, tepatnya pada 23 Juli, misi Tianwen-1 dari China juga akan diluncurkan.

Tianwen-1 akan menyelidiki potensi kehidupan di sana serta mempelajari tanah Mars. Misi tersebut dilengkapi dengan radar yang dapat memetakan hingga 100 meter di bawah permukaan Mars.

Yang terakhir tapi tidak kalah pentingnya adalah misi Mars 2020 dari NASA yang melibatkan rover Perseverance dan Martian Helicopter Ingenuity. Peluncuran Mars 2020 telah ditunda beberapa kali karena cuaca, tapi kini dijadwalkan pada 30 Juli nanti.

Baik Tianwen-1 dan Perseverance diharapkan juga dapat mendarat di Planet Merah pada Februari 2021.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA