Undang Peneliti Siber, Apple Berikan iPhone Khusus

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Jumat 24 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Cupertino - Apple mengundang para peneliti keamanan siber untuk mendaftar ke program mencari kelemahan di sistem operasi iOS.

Para peneliti yang mengikuti program tersebut akan diberikan iPhone khusus. Apple menjanjikan ponsel tersebut bisa dipasangi berbagai macam program.

Program-program itu juga akan mendapatkan akses data ke perangkat agar peneliti bisa membedah iOS lebih dalam.

Mengutip Reuters, Apple sebenarnya sudah menjanjikan program ini sejak tahun lalu, namun, baru mengumumkannya pada pekan ini.

Para peneliti yang ikut program tersebut diminta untuk melaporkan kembali ke Apple temuan masalah keamanan. Apple akan mengonfirmasi kasus tersebut dan merilis patch kepada pengguna untuk mengatasi celah keamanan.

Apple juga berjanji membuka peluang diskusi bagi para insinyur terkait temuan para peneliti.

Pakar keamanan siber selama ini merasa perangkat Apple kurang transparan sehingga berpendapat tidak lebih aman dibandingkan Android. Hal itu juga menyebabkan perangkat Apple sulit dianalisis.

Apple pernah menuntut perusahaan yang menawarkan emulasi untuk iOS, dengan alasan pelanggaran hak cipta.

Selain itu, meski pun terkenal dengan tingkat keamanan tinggi, produk-produk Apple juga menjadi sasaran badan intelijen maupun kontraktor angkatan bersenjata.

Beberapa perusahaan yang lebih kecil bahkan menawarkan alat kepada kepolisian, yang bisa membuka perangkat dan mengunduh konten, meski pun tidak mudah.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA