Realme C15 vs Vivo Y15, Lebih Baik Mana?

IN
Oleh Ibnu Naufal
Rabu 29 Juli 2020
share
(ist)

REALME C15 baru saja dilepas ke pasaran. Ponsel terbaru dari realme ini punya beberapa kelebihan yang patut dilirik.Namun ponsel ini pun tak bisa melenggang dengan mulus, karena ada kompetitornya vivo Y15 yang sudah lebih dulu hadir dan siap adu strategi memperebutkan pasar Indonesia. Bagaimana jika realme C15 vs vivo Y15 dibandingkan? Mana yang lebih baik?.

Menawarkan spesifikasi unggulan di sektor kapasitas baterai yang besar, realme C15 dan vivo Y15 layak untuk diadu karena memiliki spesifikasi dan harga yang sangat kompetitif. Kedua smartphone ini masuk dalam kategori entry-level dengan menggunakan komponen hardware berkualitas dikelasnya.

Sama-sama mengusung baterai besar, inilah komparasi realme C15 vs vivo Y15. dilihat dari berbagai aspek fitur dan spesifikasi.

Desain dan layar

Desain realme C15 dan vivo Y15 sama-sama menggunakan bahan plastik polikarbonat tapi keduanya memiliki perbedaan mencolok dimana vivo Y15 mengusung konsep warna gradasi mengkilap.

Photo-Grid-1595946289360

Sementara realme mengambil pendekatan berbeda dengan bodi matte berdasarkan bahasa desain geometric gradient. Tidak seperti vivo Y15 yang terlihat dinamis, realme C15 dipasangkan tiga motif layaknya potongan yang memiliki warna sendiri. Efek seperti ini akan menambah kesan warna dari bodi jika terkena cahaya. Ada dua warna yang disediakan realme, yakni marine blue and seagull silver sementara vivo Y15phantom black dan burgundy red.

realme C15 memiliki dimensi yang lebih besar ketimbang vivo Y15, ini karena ukuran layarnya yang lebih besar. Keduanya mengusung panel LCD IPS, hanya saja 6,5 inci dipilih realme C15 sedangkan 6,35 inci dipilih oleh Y15.

Kedua smartphone menawarkan layar dengan poni tetes air sebagai rumah untuk kamera depannya. Hanya saja tetes air milik realme C15 memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan milik vivo Y15 yang lebih lebar.

Photo-Grid-1595946661468

Salah satu yang juga membedakan dari kedua smartphone ini adalah susunan modul dua kamera belakangnya.

Modul kamera realme C15 dirancang berbentuk kotak yang populer baru-baru ini di produk segmen menengah ke atas. Sedangkan modul dua kamera vivo Y15 berbaris lurus secara vertikal di sudut kiri atas.

Untuk urusan ergonomis, kami merasa desain realme C15 lebih nyaman digenggam dengan desain body belakang yang dibuat melengkung. Sementara vivo Y15 terasa ada yang mengganjal digenggaman karena bentuk kotaknya.

Tidak ada material mewah seperti metal atau kaca. Tapi material polikarbonat yang diusung keduanya sudah terasa baik, berkualitas dan memiliki daya tahan yang baik. Hanya saja dengan bodi mengkilap tentu baret tidak bisa terhindarkan di vivo Y15.


Sistem operasi

Photo-Grid-1595982729960

Untuk pengoperasian perangkat, realme menyematkan operating system Android 10 ke perangkat realme C15 yang dibalut dengan realme UI. Sedangkan vivo Y15 masih menggunakan Android 9 yang dipadukan dengan FuntouchOs.

Performa

realme C15 dibekali oleh chipset MediaTek Helio G35 dengan fabrikasi 12nm untuk dapur pacunya. Sedangkan vivo Y15 menggunakan Mediatek Helio P22 fabrikasi 12 nm.

Dengan teknologi fabrikasi yang sama, kedua prosesor ini sama-sama mengadopsi struktur Cortex A53 sangat ideal untuk pengguna umum dan gamer. Meski secara teori Helio G35 mempunyai performa optimal dan penggunaan daya lebih efisien dibandingkan generasi Helio P22 yang lebih lawas.

Kendati demikian, untuk pemakaian normal sehari-hari performa kedua chipset tidak terlalu dirasakan bedanya. Untuk menjalankan aplikasi umum seperti media sosial, chatting dan lainnya lancar. Begitupun saat dipakai untuk bermain game. Ya walaupun tidak bisa ngebut dan semulus yang prosesor kelas atas, tetapi masih nyaman dipakai. Terlebih jika mengingat ini adalah ponsel entry level.

Pada varian yang dipasarkan di Indonesia, terdapat 3 pilihan kapasitas penyimpanan untuk realme C15 yaitu 3GB+64GB, 4GB+64GB dan 4GB+128GB. Sementara vivo Y15 hanya memiliki satu varian 4GB+64GB. Untuk menambah ruang penyimpanan, disediakan slot microSD. Bisa dibilang, realme lebih menarik karena mempunyai varian lebih banyak dan internal lebih besar.


Kamera

Jumlah kamera yang ditawarkan realme C15 lebih banyak dengan menggunakan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13MP PDAF, ultrawide 8MP, makro 2MP, dan bokeh 2MP. Sedangkan vivo Y15 hanya mempunyai tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 13MP PDAF, 8MP ultrawide dan 2MP makro.

Photo-Grid-1595946527631

Untuk fitur detail, boleh jadi realme C15 lebih unggul. Karena dilengkapi dengan mode Nightscape dan Chroma Boost yang berbasis AI untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, dan memberikan eksposur yang lebih seimbang.

Untuk kamera depannya, realme C15 mempunyai resolusi 5MP sedangkan vivo Y15 punya resolusi lebih tinggi 16MP. Terlihat bahwa realme C15 lebih unggul dalam sektor fotografi kamera utama, sementara untuk kamera selfie vivo Y15 lebih unggul dengan besaran resolusinya.


Baterai

Memiliki kinerja chipset yang tangguh serta didukung kapasitas baterai yang sangat besar memang menjadi daya tarik tersendiri bagi realme C15. Tak tanggung-tanggung, realme C15 ditenagai baterai berkapasitas 6000mAh lengkap dengan fitur 18W Quick Charge. Dengan baterai sebesar ini, kita bisa menggunakan ponsel lebih dari satu hari untuk penggunaan wajar.

Baterai-Realme-C15


Vivo-Y15-battery-1024x724

Sementara itu sang kompetitor, vivo Y15 juga memiliki kapasitas baterai yang cukup besar yakni 5000mAh dan juga telah didukung fitur pengisian daya cepat.Untuk vivo juga masih mengusung port MicroUSB untuk pengisiannya.

Infografis

realme-c15-vs-vivo-y15

Kesimpulan

Sebagai informasi harga vivo Y15 hanya tersedia dalam satu varian yakni kapasitas RAM 4GB dan storage 64GB. Ponsel entry level vivo ini dibanderol dengan harga Rp2.499.000.

Sedangkan realme C15 dipasarkan dengan 3 varian yang berbeda berdasarkan kapasitas memori (RAM) dan storage (ROM). Pertama, varian 3GB RAM+64GB ROM yang dibanderol dengan harga Rp 1.899.000. Selanjutnya, varian 4GB RAM+64GB ROM dijual dengan harga Rp 2.099.000. Terakhir, varian tertinggi dengan kapasitas 4GB RAM+128GB ROM dipasarkan dengan harga Rp 2.499.000.

Sebagai kesimpulan, kedua merek yang sejatinya satu rumpun ini memiliki keunggulannya masing-masing. Namun jika kita membandingkan dari berbagai segi di atas seperti spesifikasi, fitur dan harga, realme C15 unggul dalam beberapa hal.

vivo y15 lebih unggul pada kualitas tampilan layar dan kamera depan. Sementara itu realme C15 unggul mulai dari desain, pilihan kapasitas ROM dan RAM, versi sistem operasi, kinerja, kamera dan yang paling utama baterai 6000mAh dengan 18W Quick Charge.

Bagi yang memperhitungkan bujet dan spesifikasi, tentu realme C15 adalah pilihan yang menarik. Namun bagi yang masih memperhatikan kekuatan brand, berarti ya harus membayar harga lebih untuk mendapatkan vivo Y15. Karena selisih harganya terpaut beberapa ratus ribu. Pilihan tentu saja ada di tangan pembaca.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA