Lamborghini Luncurkan Essenza SCV12, Cuma 40 Unit

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Senin 03 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Sant'Agata Bolognese - Lamborghini resmi meluncurkan hypercar terbarunya bernama Essenza SCV12, yang tersedia secara terbatas sebanyak 40 unit saja.

Essenza SCV12 dikembangkan oleh Lamborghini Squadra Corse dan dirancang oleh Lamborghini Centro Stile.

Merupakan turunan langsung dari mobil seperti Miura Jota dan Diablo GTR, hypercar ini dilengkapi dengan mesin V12 paling kuat yang pernah dikembangkan oleh Lamborghini.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan aerodinamika yang terinspirasi oleh prototipe balap dan solusi teknis baru yang dirancang untuk pengalaman berkendara terbaik.

"Essenza SCV12 mewakili pengalaman berkendara trek paling murni yang dapat ditawarkan oleh merek kami, suatu prestasi rekayasa yang menyoroti hubungan erat antara mobil kami dan aspal trek," komentar Stefano Domenicali, CEO dan Ketua Automobili Lamborghini.

"Essenza SCV12 adalah kombinasi sempurna dari semangat utama kami sebagai produsen mobil sport super dan semangat sejati kami untuk motorsport," dia melanjutkan.

Mesin V12 milik Essenza SCV12 memiliki kapasitas 6.500cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga lebih dari 830 hp.

Pipa knalpot dirancang untuk mengurangi tekanan balik, meningkatkan kinerja dan menekankan suara unik mesin.

Tenaga tersebut ditangani oleh gearbox enam kecepatan berurutan X-trac baru sebagai elemen struktural dalam sasis, dikombinasikan dengan penggerak roda belakang untuk memastikan kekompakan, kontinuitas struktural, dan kekakuan torsional yang lebih besar.

Essenza SCV12 memiliki rasio power-to-weight sebesar 1,66 hp/ kg berkat sasis monocoque serat karbon generasi baru tanpa rollcage internal.

Essenza SCV12 juga merupakan mobil GT pertama yang dikembangkan untuk menghormati aturan keselamatan prototipe FIA.

Mobil ini dilengkapi oleh ban Pirelli khusus yang dipasang di pelek magnesium (depan 19 inci, belakang 20 inci), yang dikembangkan oleh Brembo Motorsport.

Manfaat aerodinamis dari pengalaman balap GT Lamborghini Squadra Corse untuk memastikan tingkat efisiensi dan tingkat downforce yang lebih tinggi daripada mobil GT3, dengan nilai 1.200 kg pada 250 km/jam.

Desain Essenza SCV12 adalah hasil dari karya kreatif Lamborghini Centro Stile, yang telah mendesain semua mobil balap yang diproduksi oleh Lamborghini.

Mobil ini memiliki decal yang melampirkan sponsor termasuk Roger Dubuis maupun Pirelli, dan juga brand asal Indonesia, Pertamina Fastron.

Seperti telah diketahui, Pertamina Fastron telah menjalin kerja sama sejak 2015 dan menjadi official technical partner Lamborghini.

Essenza SCV12 dibanderol seharga 2,7 juta poundsterling atau sekitar Rp51,7 miliar.

Uniknya, pihak Lamborghini juga sudah menyiapkan garasi khusus yang terletak di markas mereka di Sant'Agata Bolognese, Italia, sehingga setiap pembelinya tidak diperkenankan untuk membawa mobil ini pulang ke rumah.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA