20 Perguruan Tinggi Terpopuler di Media Sosial

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Rabu 05 Agustus 2020
share
 

PADA era teknologi saat ini, adopsi media sosial sudah menjadi hal yang sebaiknya dilakukan --jika tidak ingin dikatakan keharusan-- oleh perguruan tinggi di Indonesia.

Selain sangat bermanfaat sebagai media promosi, media sosial tentunya juga sangat berguna sebagai sarana komunikasi, apalagi di masa pandemi COVID-19, dimana perkuliahan tidak lagi dilakukan lewat tatap muka langsung.

Di masa pandemi, banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memaksimalkan fungsi media sosial, baik untuk tujuan kegiatan belajar mengajar, penerimaan mahasiswa baru, maupun kehumasan.

Namun, bukan berarti adopsi media sosial baru mereka lakukan sekarang. Sebagian besar memang sudah lama memanfaatkan media sosial untuk tujuan-tujuan tersebut.

Lifepal.co.id melakukan riset guna melihat seberapa jauh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia memanfaatkan media sosial. Hasilnya, mereka tuangkan dalam Kompilasi Daftar Perguruan Tinggi dengan Aktivitas Media Sosial Terbaik tahun 2020.

Riset dilakukan dengan mencari berapa banyak follower (pengikut) dan subscriber (pelanggan) akun resmi media sosial dari masing-masing perguruan tinggi. Kemudian, dibuat beberapa daftar untuk memperlihatkan peringkat berdasarkan jumlah follower maupun subscriber-nya.

1. Perguruan Tinggi dengan Jumlah Like Terbanyak di Facebook

Negeri:

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama sebagai perguruan tinggi dengan total like Facebook terbanyak di Juni 2020, yakni sebanyak 428.163.

Salah satu aktivitas yang selalu dilakukan UGM di akun Faceboo-knya adalah memposting berita-berita terbaru yang terpampang di situs resmi UGM.

UGM secara rutin memposting tiga atau empat konten berupa artikel dalam sehari di situs resmi universitas. Konten-konten tersebut tidak hanya sebatas update kegiatan terbaru UGM, melainkan berisikan edukasi dan tips-tips menarik.

Di posisi kedua, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 242.137 like. Diikuti oleh Universitas Terbuka (UT) dengan 211.296 like dan Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan 183.070 like di peringkat ketiga dan empat.

Sedangkan posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Lampung (Unila) dengan jumlah like sebanyak 37.059.

Swasta:

Lifepal mencatat, perguruan tinggi swasta yang sukses mendapat like terbanyak di halaman Facebook adalah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali yakni mencapai 280.620 di akhir Juni 2020.

STIKOM Bali berbeda cara dengan UGM dalam memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan konten di situs resmi ke media sosial. Perguruan tinggi swasta di Pulau Dewata ini melakukan sinkronisasi akun Facebook dengan Instagram mereka. Hal itu menyebabkan seluruh postingan di Instagram muncul di Facebook.

Selain itu, akun fan page STIKOM Bali juga memanfaatkan fitur Facebook chat bot atau robot pembalas pesan. Lewat chat bot itu, pengunjung dapat mengajukan pertanyaan seputar lokasi kampus, biaya kuliah, dan info lain seputar perguruan tinggi tersebut.

Chat bot lantas akan mengarahkan penanya untuk menghubungi nomor resmi kantor perguruan tinggi, dan akun official LINE mereka.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Universitas Mercubuana Jakarta dengan jumlah like 150.116. Diikuti oleh Universitas Trisakti dengan jumlah like sebanyak 100.179 dan Universitas Bina Nusantara (Binus) dengan 96.288 like di posisi ketiga dan keempat.

Adapun posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Pasundan (Unpas) dengan like sebanyak 27.214.

Berikut grafik lengkapnya:

2. Perguruan Tinggi dengan Follower Twitter Terbanyak

Negeri:

Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi pertama dalam ranking perguruan tinggi dengan follower Twitter terbanyak, yakni mencapai 1,2 juta hingga akhir Juni 2020.

UI memang sangat aktif dalam memanfaatkan media sosial yang satu ini. UI cukup sering melakukan repost konten mereka yang ada di Instagram ke Twitter. Seluruh postingan yang ada di Twitter UI adalah informasi atau update dari universitas tersebut.

Posisi kedua dihuni oleh UGM dengan jumlah follower 1 juta, diikuti Unpad dengan follower 969.400, ITB di 869.000, dan UT di 774.700.

Sementara itu posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Mulawarman (Unmul) dengan total follower sebanyak 19.800.

Swasta:

Untuk kategori perguruan tinggi swasta, Lifepal mencatat bahwa Universitas Binus menempati posisi pertama dengan jumlah follower Twitter sebesar 243.000.

Akun Twitter Universitas Binus memang cukup aktif memposting berita-berita di media massa, atau konten di situs resmi universitas tersebut. Namun sayangnya, akun media sosial ini tampaknya sudah tidak dikelola lagi secara rutin sejak akhir Maret 2020.

Alhasil, beberapa postingan yang kerap muncul di akun ini adalah postingan dari Sumall, sebuah situs analisis aktivitas media sosial.

President University ada di peringkat dua dengan jumlah follower 226.500, diikuti Universitas Paramadina dengan follower 175.500 dan Universitas Trisakti dengan 174.700 follower di posisi ketiga dan keempat.

Adalah Universitas Budi Luhur, yang menduduki peringkat ke-20 dengan jumlah follower Twitter sebanyak 5.800.

Berikut grafik lengkapnya:

3. Perguruan Tinggi dengan Follower Instagram Terbanyak

Negeri:

UGM masuk ke dalam ranking satu untuk kategori perguruan tinggi negeri dengan follower Instagram terbanyak. Jumlah follower kampus yang berbasis di Yogyakarta ini mencapai 571.000 di akhir Juni 2020.

Sebagai juara satu dalam ranking followers Instagram terbanyak, Lifepal mencatat, UGM sering mempromosikan UGM Update yang berisikan informasi live streaming dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus tersebut. Live stremaing tersebut tak hanya berlangsung di Instagram saja, melainkan di platform lain seperti YouTube, Facebook, dan Twitter.

Untuk posisi kedua, ada UI dengan jumlah follower Instagram mencapai 544.000. Posisi ketiga hingga kelima ditempati oleh PKN STAN dengan 397.000 follower, ITB dengan 213.000 follower, dan Universitas Brawijaya dengan 206.000 follower.

Sementara itu, untuk posisi-20 diduduki oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan total follower sebanyak 47.200.

Swasta:

Untuk kategori perguruan tinggi swasta, Universitas Gunadarma menduduki peringkat pertama dengan jumlah follower Instagram yang mencapai 181.000.

Lain halnya dengan UGM, Universitas Gunadarma justru jarang mempromosikan kegiatan LIVE di medsos. Postingan-postingan di akun Instagram Universitas Gunadarma, umumnya adalah pengumuman seputar kegiatan perkuliahan dan penerimaan mahasiswa baru.

Universitas Gunadarma pun cukup sering memposting surat-surat edaran resmi dari pihak kampus. Sebut saja seperti pengumuman jadwal kuliah, wisuda, dan surat edaran rektor lainnya. Tentunya hal ini dapat memperluas jangkauan informasi mereka kepada para mahasiswa dan civitas akademika lain.

Sementara itu, Telkom University menguntit di peringkat dua dengan jumlah follower 83.000, diikuti Universitas Muhammadiyah Malang dengan follower 62.000 di tempat ketiga, dan Universitas Islam Indonesia (UII) dengan follower 57.100 di posisi keempat.

Adapun peringkat ke-20 perguruan tinggi swasta dengan folliwer Instagram terbanyak diduduki oleh Universitas Merdeka Malang dengan catatan 19.900.

Berikut grafik lengkapnya:

4. Perguruan Tinggi dengan Subscriber YouTube Terbanyak

Negeri:

Gelar perguruan tinggi negeri dengan subscriber YouTube terbanyak jatuh pada PKN STAN yang sukses mengantongi 76.200 subscriber.

PKN STAN memiliki kanal-kanal menarik yang ada di akun YouTube mereka. Pertama, tentu saja adalah kanal event atau liputan kegiatan di PKN STAN. Lalu, ada pula kuliah umum yang berisikan rekaman kuliah umum atau seminar di kampus mereka.

Uniknya, PKN STAN memiliki kanal bernama PIJAR (Pintar Belajar Manajemen Keuangan). PKN STAN juga mengunggah materi rekaman webinar yang sudah mereka selenggarakan bersama pakar.

Peringkat berikutnya diikuti oleh ITB dengan 74.600 subscriber, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 43.800, UT dengan total 43.300, dan Unpad dengan 29.400 subscriber.

Adapun posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Jember dengan jumlah subscriber mencapai 8.470.

Swasta:

Untuk kategori perguruan tinggi swasta, riset Lifepal mencatat posisi satu diamankan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) dengan perolehan subscriber mencapai 21.200.

Akun YouTube UM Surabaya dulu bernama UM Official, namun saat ini berganti nama jadi PMB UM Surabaya. UM Surabaya kerap mengunggah konten-konten berupa kuliah umum, tutorial kuliah online, kegiatan mahasiswa, dan video-video pendek lainnya.

Meski demikian, penonton dari video-video yang ada di YouTube UM Surabaya umumnya ditonton oleh ratusan orang saja. Bahkan beberapa video hanya ditonton puluhan orang.

Setelah UM Surabaya, ada pula Universitas Ahmad Dahlan dengan 15.200 subscriber, dan Universitas Muhammadiyah Malang dengan 11.500 subscriber.

Posisi ke-20 dari kategori ini diduduki oleh Universitas PGRI Muhammadiyah Sidoarjo (UNIPMA) dengan jumlah subscriber YouTube sebnyak 2.030.

Berikut grafik lengkapnya:

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA