Dorong Penjualan Produk di Lingkup Asia Tenggara

Shopee Ikut Serta dalam ASEAN Online Sale Day 2020

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Rabu 05 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Situasi pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap roda perputaran ekonomi di banyak negara, tidak terkecuali kepada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Aktivitas ekonomi secara offline yang semakin menurun mendorong para pelaku UMKM, untuk mengoptimalkan ranah online.

Sebagai salah satu upaya dalam mendorong ekspor nasional dan membantu para pelaku UMKM di tengah situasi pandemi, platform e-commerce Shopee turut berpartisipasi dalam kampanye ASEAN Online Sale Day yang digagas oleh Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) secara serentak pada 8 Agustus mendatang.

Keikutsertaan Shopee di ASEAN Online Sale Day tahun ini adalah upaya dalam mendukung pertumbuhan ekspor nasional, khususnya di tengah situasi pandemi COVID-19, dengan andil dalam kegiatan Cross-Border belanja online terhadap berbagai produk dari brand yang terdapat di aplikasi Shopee mulai dari 27 Juli hingga 10 Agustus 2020.

Hadirnya ASEAN Online Sale Day (ASOD) 2020 di aplikasi Shopee ini juga diinisiasi sebagai wadah bagi para pelaku usaha dan UMKM untuk memasarkan produk-produk lokal unggulan tak hanya ke pasar domestik, tapi juga mancanegara.

Hal tersebut juga melanjutkan upaya Shopee atas program ekspor yang sudah dijalankan ke Malaysia, Singapura, dan Filipina dari tahun 2019 untuk para UMKM terkurasi binaan Shopee Indonesia.

"Melihat dampak yang cukup besar bagi UMKM Indonesia dikarenakan situasi pandemi COVID-19, kami sebagai perusahaan berbasis teknologi, turut mendukung kampanye ASEAN Online Sale Day yang juga akan ada di aplikasi Shopee. Komitmen ini diinisiasi sebagai bentuk upaya kami dalam mempromosikan dan menyalurkan berbagai produk ke dalam lingkup pasar regional secara digital," kata Radityo Triatmojo, Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Dia pun berharap, partisipasi Shopee dalam kampanye ASEAN Online Sale Day ini juga bisa membantu para pelaku UMKM binaan dalam pemanfaatan platform digital untuk memasarkan produk-produk lokal unggulnya.

"Dengan memanfaatkan platform e-commerce Shopee, kami berharap para pelaku usaha dapat bersinergi untuk memperluas pangsa pasar ekspor Indonesia ke negara-negara ASEAN guna mendorong roda perputaran ekonomi Indonesia kemudian," ujar Radityo.

ASEAN Online Sale Day 2020 mengusung tema 'A Click to Prosperity', sebuah tagline yang menekankan pada tindakan sederhana dari 'A Click' yang melambangkan belanja online dan 'to Prosperity' yang berarti akan menuju sebuah negara dengan ekonomi yang makmur dan kuat dalam masyarakat ASEAN.

Shopee menegaskan komitmen dan kontribusinya untuk UMKM Indonesia melalui serangkaian program yang sejalan dengan visi misi pemerintah, salah satunya melalui keikutsertaan dalam program ASEAN Online Sale Day.

Adapun keterlibatan Shopee dalam program ASEAN Online Sale Day, sebagai berikut:

- Akan terdapat logo Shopee Indonesia di website resmi ASEAN Online Sale Day 2020 untuk pilihan alternatif berbelanja online di e-commerce berikut: http://aseanonlinesaleday.com.

- Wujud kontribusi Shopee untuk ASEAN Online Sale Day 2020 dengan menghadirkan in-app banner di aplikasi Shopee pada tanggal 8 Agustus 2020 bertepatan dengan diselenggarakannya kampanye ASEAN Online Sale Day serentak secara regional.

- Kampanye ASEAN Online Sale Day 2020 di aplikasi Shopee diinisiasi sebagai wadah untuk menyalurkan dan mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia, termasuk produk lokal UMKM agar dikenal dan dapat dibeli oleh masyarakat di negara-negara ASEAN melalui sistem Cross-Border di ASEAN Pavilon yang terdapat pada website resmi ASEAN Online Sale Day 2020.

- Shopee menghadirkan penawaran menarik berupa diskon hingga 80 persen untuk berbagai produk, khususnya produk lokal UMKM pada kampanye ASEAN Online Sale Day 2020.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA