Honda Sukses Juarai Balap 70 Tahun F1 Grand Prix

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Senin 10 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Towcester - Max Verstappen dari tim Aston Martin Red Bull Racing berhasil meraih kemenangan lewat strategi yang sempurna pada seri balap peringatan 70 tahun F1 Grand Prix di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (9/8/2020).

Verstappen memulai balapan dari posisi keempat dengan ban keras. Selepas start, ia dapat langsung melaju ke posisi ketiga dan kemudian berupaya menekan dua pembalap tim Mercedes-AMG Petronas yang berada di depannya.

Verstappen melakukan pit stop pertamanya untuk mengganti ban pada akhir lap 26, dan muncul tepat di belakang pemimpin Valtteri Bottas dan kemudian berhasil mengambil posisi depan di tikungan 'Luffield'.

Dia lantas meningkatkan kecepatannya tepat saat Hamilton masuk pit stop terakhirnya sehingga dapat mengambil alih posisi terdepan hingga akhir balapan.

Verstappen berhasil finish di urutan pertama sementara rekan satu timnya, Alexander Albon, juga sukses menyelesaikan balapan di posisi kelima, naik empat tingkat dari posisi saat awal start.

Albon yang menggunakan ban medium pada awal lomba dan beralih menggunakan ban keras pada lap 6, melakukan gerakan menyalip dengan sangat baik sebelum mengganti set ban keras lainnya pada lap 30 dan berhasil melewati Lance Stroll untuk posisi kelima dengan hanya dua lap tersisa.

Selain Verstappen dan Albon, ada satu lagi mobil bertenaga Honda yang berhasil mendapatkan poin, dimana pembalap Scuderia Alpha Tauri, Daniil Kvyat, pada lap 35 berhasil mampu menyodiok naik ke urutan kesepuluh hingga garis finish.

Sementara itu, Pierre Gasly yang memulai pertandingan dari posisi ketujuh tidak mendapatkan poin dan harus puas finish di posisi kesebelas, tepat di belakang rekan setimnya, Daniil Kyvat.

"Sungguh luar biasa dapat meraih kemenangan pertama kami musim ini pada perlombaan peringatan 70 tahun F1 yang istimewa ini, di lintasan kandang Aston Martin Red Bull Racing, yang juga sangat dekat dengan markas kami di Milton Keynes," kata Toyoharu Tanabe, Technical Director Honda F1, dalam siaran persnya kepada INILAHCOM, Senin (10/8/2020).

Menurut dia, hasil yang diraih Honda dalam balapan ini memiliki makna yang besar, karena tepat pada 5 Agustus lalu merupakan hari peringatan wafatnya pendiri Honda, Soichiro Honda, yang meninggal pada tahun 1991, sehingga menjadikannya sebagai kemenangan yang lebih emosional.

"Kami berjanji akan terus bekerja keras untuk mencoba dan mendapatkan lebih banyak kemenangan di masa mendatang," imbuh Tanabe.

Hingga saat ini, tim Aston Martin Red Bull Racing menduduki posisi kedua klasemen konstruktor dengan perolehan 113 poin. Sedangkan tim Scuderia AlphaTauri berada di posisi ketujuh dengan perolehan 14 poin.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA