Dampak Pandemi, Penjualan Isuzu Turun 29,6%

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 15 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Dampak pandemi virus corona (COVID-19) turut melemahkan sektor industri otomotif Tanah Air, tak terkecuali Isuzu.

Hingga Juli 2020, penjualan Isuzu di Indonesia mengalami penurunan sekitar 29,6 persen meskipun pada sisi purna jual, atau after sales, pengaruhnya relatif lebih rendah.

"Hal itu menandakan bahwa demand (permintaan) terhadap after sales tetap signifikan, dikarenakan existing truck tetap membutuhkan after sales untuk beroperasi," kata Emando Demily, Presiden Direktur Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), dalam sambutannya pada Isuzu Skills e-Competition 2020, sebagaimana dikutip dari siaran pers, Sabtu (15/8/2020).

Melihat kondisi tersebutitu, Isuzu tetap berkomitmen untuk memberikan layanan purna jual dengan baik dan terus meningkatkannya, di antaranya melalui Isuzu Skills Competition sebagai salah satu bentuk peningkatan kualitas sumber daya.

Pada tahun ini, Isuzu tetap menggelar Isuzu Skills Competition dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah fase adaptasi kebiasaan baru alias new normal.

Isuzu pun menggelar kompetisi after sales service itu secara online dengan tajuk Isuzu Skills e-Competition 2020 pada 4-7 Agustus 2020, sedangkan pemenangnya diumumkan 14 Agustus kemarin.

Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Mekanik, Partman, Workshop Head, dan yang terbaru kompetisi untuk kategori Field Advisor.

Khusus untuk mekanik, pemenang tingkat nasional akan diseleksi kembali untuk menjadi wakil Indonesia di kompetisi serupa tingkat dunia yaitu The Isuzu World Technical e-Competition (I-1 Grand Prix) yang pertama kali pula akan diselenggarakan secara virtual.

"Dengan diselenggarakannya acara ini, Isuzu Astra Motor Indonesia berharap tetap menjaga kualitas manpower after sales service Isuzu yang handal dan juga sebagai proses pembelajaran kita bersama untuk beradaptasi terhadap perubahan perilaku yang terjadi selama dan pasca-COVID-19 ini," kata Benny Dwiyanto, General Manager Service IAMI.

Pada kategori Workshop Head, juara pertama diraih oleh Marksono dari Zirang Isuzu, juara dua Rusdi dari Astra Isuzu Jatim, dan juara ketiga Fadli K dari Astra Isuzu Jabar.

Untuk kategori Field Advisor, juara pertama Sunarya dari Astra Isuzu Jatim, kedua Sulaiman dari Dwijaya Isuzu, ketiga Alwi Ahmad A dari Borneo Isuzu IBT.

Sedangkan pada kategori Partman, juara pertama Agus Priyanto dari ASCO Isuzu, Albert Putra dari Astra Isuzu Jateng juara kedua, dan Sahril Sidik dari Astra Isuzu Jabar juara ketiga.

Di kategori Mekanik, juara pertama direbut Engkus Setiadi dari Astra Isuzu Jabar, juara dua Rakhmad Bastian dari Dwijaya Isuzu, dan juara ketiga Sidiq Susilo dari Borneo Isuzu IBT.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA