Akan Disematkan Kemampuan 5G

Ini Upaya Apple Tekan Biaya Produksi iPhone 12

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Senin 24 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, San Francisco - Sebagai upaya menekan biaya produksi karena dimasukkannya piranti 5G dalam seri iPhone 12 yang bakal meluncur tahun ini, Apple dilaporkan tengah mencoba menggunakan komponen yang lebih murah.

Salah satu pengurangan biaya terbesar diyakini berasal dari baterai, demikian menurut analis Ming-chi Kuo, seperti dikutip dari The Verge.

Analis yang prediksinya terkait produk anyar Apple kerap tepat ini mengatakan Apple mengurangi lapisan di papan baterai dan menempatkan komponen sel di area yang lebih kecil.

Menurut Kuo, hal ini akan menghasilkan papan baterai yang 40 hingga 50 persen lebih murah ketimbang bagian setara pada iPhone 11 dan baterai iPhone tahun depan akan mengalami penurunan harga 30 hingga 40 persen karena perubahan desain tambahan.

Perubahan tersebut tak hanya untuk mengimbangi perangkat keras 5G saja. Kuo meyakini bahwa memasukkan teknologi itu pada iPhone akan menelan biaya antara US$125 hingga US$135 per unit, ditambah US$75 hingga US$85 untuk sub-6GHz.

Namun, Apple kabarnya tengah mempertimbangkan hal lain untuk mengimbangi biaya 5G. Raksasa teknologi asal AS itu dilaporkan tidak akan memasukkan kepala charger atau earphone ke dalam kotak, dalam upaya untuk mengurangi biaya secara keseluruhan.

Lini iPhone 12 diperkirakan akan tersedia pada Oktober 2020, beberapa pekan lebih lambat dari biasanya. Meski demikian, masih belum jelas apakah Apple akan tetap menggelar acara pengumuman perangkat seperti yang dilakukan biasanya pada bulan September.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA