Yamaha Boyong 2 Moge CBU ke Indonesia

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 29 Agustus 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan dua moge impor secara Completely Built Up (CBU) dari Jepang, yaitu Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-09.

Yamaha MT-07 dipasarkan dengan harga Rp243 juta, sedangkan Yamaha MT-09 dijual Rp290 juta, keduanya berstatus on the road Jakarta.

"Hari ini saya sangat bersemangat untuk meluncurkan produk CBU baru kami, yaitu MT-07 dan MT-09, di Indonesia. Kunci dari CBU Yamaha adalah selalu Made in Japan. Kami sangat bangga bahwa produk line-up MT kami mulai dari 155cc sampai 900cc sekarang sudah lengkap," kata Minoru Morimoto, President Director YIMM, dalam siaran persnya.

Yamaha MT-07 bermesin 689cc dan Yamaha MT-09 bermesin 847cc menggunakan platform 'Crossplane Crankshaft Concept' yang menghasilkan tenaga dan performa maksimal.

Crossplane Crankshaft merupakan teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1 (Yamaha MotoGP). Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat, sedangkan MT-07 adalah 270 derajat.

Teknologi tersebut membuat interval pembakaran mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia, yaitu daya yang terjadi setelah pembakaran, sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi (torsi yang diteruskan ke roda belakang) menjadi linear.

Power yang selaras pada putaran throttle turut menghasilkan performa dan akselerasi maksimal.

Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-09 juga sudah dilengkapi sitem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) yang membuat motor semakin aman dan stabil saat pengereman, sekaligus mengimbangi daya maksimal yang dihasilkan teknologi Crossplane Crankshaft tersebut.

Khusus untuk Yamaha MT-09, sudah dilengkapi teknologi D-Mode yang memberikan keleluasaan kepada pengendara untuk memilih karakter performa mesin.

Tersedia tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan yaitu standard, mode A untuk sporty/cepat pada putaran rendah sampai medium, dan mode B untuk respons lebih lembut dibandingkan mode standard.

Yamaha MT-09 juga dilengkapi sistem kontrol throttle (fly by wire) dengan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) dan Quick Shift System (QSS) guna mendukung akselerasi lebih cepat dan memudahkan perpindahan gigi lebih cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.

Terdapat juga teknologi Assist & Slipper Clutch untuk pengoperasian kopling yang sangat ringan dan mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi.

Yamaha MT-09 pun sudah dibekali Traction Control System (TCS) yang mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Pihak YIMM menyebut, Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-09 akan didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui diler resmi CBU Yamaha, yang dilengkapi layanan after sales emergency 24 jam Yamaha Executive Service (YES24).

Layanan darurat yang disediakan adalah derek (towing), pengantaran bahan bakar (fuel delivery), pengecasan aki (battery charger), penanganan ban kempes (handling flat tire), 24 hours call center (call center 24 jam).

Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-09 tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Ice Fluo, Icon Blue, dan Tech Black.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA