Tips Aman Unduh Game Gratis

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Senin 31 Agustus 2020
share
 

MENGISI waktu luang atau mengusir jenuh dengan bermain game mungkin menjadi favorit karena untuk sementara waktu dianjurkan tidak beraktivitas di luar rumah selama pandemi virus corona.

Meski demikian, perusahaan keamanan siber Kaspersky menganjurkan untuk tidak langsung mengunduh segala sesuatu yang ditawarkan secara gratis, termasuk untuk game, karena khawatir mengandung malware.

Melalui siaran resminya, Kaspersky membagikan tips aman mengunduh game gratis:

1. Sumber terpercaya

Sebelum mengunduh game, Kaspersky meminta pengguna memastikan mereka mengunduh dari sumber yang terpercaya, misalnya situs langsung pengembang game Epic Games Store, uPlay. atau Origin.

Scammer seringkali memikat pengguna internet ke situs phishing untuk mengunduh game, di sana mereka menyebarkan malware misalnya melalui game yang bisa dimainkan secara gratis.

Pengguna sebaiknya tidak sembarangan mengklik tautan dan mengunduh sesuatu dari situs yang tidak dikenal.

2. Ketik alamat secara manual

Cara terbaik untuk mengunjungi situs game adalah dengan mengetiknya secara manual di browser.

Peretas sering membuat alamat hosting yang mirip dengan situs resmi, untuk memperdaya pengguna internet. Oleh karen aitu, periksa kembali alamat situs sebelum memasukkan informasi login seperti username dan kata sandi.

Lewat situs palsu tersebut, peretas ingin mengumpulkan informasi login dan membajak akun pengguna.

3. Pengembang terverifikasi

Salah satu bagian penting ketika ingin mengunduh game online adalah memastikan bahwa studio pengembang dan penerbit game terverifikasi, serta mereka memang memiliki proyek game.

Cari informasi terlebih dulu tentang pengembang dan penerbit tersebut, jika mereka pernah bermasalah, kemungkinan informasi tersebut akan masuk ke forum game.

4. Ulasan

Pertimbangkan juga membaca ulasan dari pengguna lain sebelum mengunduh game, untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut berbahaya atau tidak.

5. Nyalakan proteksi

Setelah memasang game yang dipastikan aman, nyalakan proteksi terhadap perangkat, misalnya antivirus, agar aktivitas yang mencurigakan bisa terdeteksi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA