Strategi Tiki Perkuat Bisnis di Usia 50 Tahun

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Selasa 01 September 2020
share
(ist)

INILAHCOM, Jakarta -Memperingati ulang tahun emas, PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki) meluncurkan buku yang berjudul "Pelopor Kurir di Tanah Air".

Yulina Hastuti, Presiden Direktur Tiki, menyampaikan dalam perjalanan dan transformasi bisnis perusahaan selama 50 tahun ini merupakan sebuah pencapaian dan menjadi pengalaman dan pengetahuan yang layak untuk dibagikan kepada masyarakat terutama generasi muda Indonesia.

Tiki telah melalui berbagai fase perkembangan zaman dan perubahan perilaku konsumen, melakukan pembenahan dan memperkuat internal secara terus menerus. Berkat komitmen dan kegigihan para pendiri Tiki lintas generasi serta kerjasama yang solid dengan para mitra waralaba dan karyawan, saat ini Tiki telah menjadi perusahaan jasa kurir dengan jaringan distribusi terluas setelah PT Pos Indonesia, dan bahkan dipercaya menjadi jasa kurir pilihan milenial.

"Oleh karena itu bertepatan dengan peringatan 50 Tahun Tiki hari ini, kami mendokumentasikan perkembangan jasa kurir di Indonesia dan Langkah kepemimpinan para pendiri Tiki sehingga dapat sukses membangun bisnis Tiki hingga sekarang ini." ujarnya.

Selama 5 dekade, Tiki semakin memantapkan posisinya sebagai pionir dan pemimpin di industri jasa kurir dan logistik yang telah terbukti menjadi mitra yang tangguh dan dapat diandalkan oleh para pelaku bisnis di berbagai situasi ekonomi termasuk kondisi pandemi seperti saat ini. Tiki terus melakukan inovasi layanan yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan konsumen dan memperkuat pemanfaatan teknologi dalam setiap aspek.

Yuliana menjelaskan bahwa ceruk bisnis pasar e-commerce terus berkembang. Hal ini mengubah kebiasaan pelanggan termasuk industri jasa kurir. Oleh karena itu, pihaknya terlah banyak melakukan pembenahan internet untuk mengikuti perkembangan zaman. Ia mengungkapkan ada empat hal prioritas yang terus dikembangkan yaitu pertama dari sisi harga yang kompetitif, ketepatan waktu pengiriman, status pengiriman yang real time dan go digital dengan menyediakan layanan dan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Di masa pandemi Tiki justru meluncurkan dua layanan baru yaitu Putar (Jemput Antar) dimana kurir akan menjemput dan mengantar ke tempat tujuan dalam hitungan jam untuk wilayah DKI Jakarta. Selain itu untuk mendorong UMKM, Tiki juga meluncurkan Tiki Serlok (Seller Online Booking) - Layanan baru bagi para online seller yang menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi pengiriman dengan Tiki mulai dari gratis pick up, diskon, fasilitas COD hingga pelunasan H+2 setelah transaksi.

Ia mengakui, di era pandemi ini mengalami pertumbuhan, pasalnya ada perubahan perilaku masyarakat dari offline ke online. "Hal ini menambah volume pengiriman kami, untuk semester 1/2020 kami tumbuh 15% dan menargetkan akan tumbuh 25% secara nasional," ujarnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA