Snapdragon Seri 4

Qualcomm Rilis Chipset untuk Smartphone 5G Murah

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 05 September 2020
share
 

INILAHCOM, Berlin - Qualcomm meningkatkan upaya untuk membuat smartphone berkoneksi 5G dalam jangkauan lebih banyak orang dengan meluncurkan chipset Snapdragon seri 4 versi 5G yang akan berjalan pada smartphone dengan harga terjangkau.

Chipset tersebut akan menjadi 'otak' bagi smartphone dengan harga US$125 hingga US$250, atau sekitar Rp1,8 juta hingga Rp3,7 juta, yang akan memasuki pasar pada kuartal pertama tahun depan.

"Ini akan memenuhi janji membuat 5G dapat diakses oleh semua pengguna smartphone," ujar Cristiano Amon, President Qualcomm, dalam rekaman video pidatonya yang diputar pada pameran teknologi IFA 2020 di Berlin, Jerman.

Dia juga mengumumkan platform 5G untuk laptop yang dapat mendukung kegiatan orang-orang untuk bekerja dari rumah dengan koneksi cepat.

Dalam wawancara kepada Reuters, Amon memprediksi pertumbuhan PC akan bertahan lebih lama dari pandemi karena konsumen meminta fitur yang sesuai dengan yang ada pada smartphone terbaik.

Qualcomm mengatakan bahwa jaringan 5G, yang memungkinkan unduhan sangat cepat serta menjalankan perangkat terhubung, sedang dibangun jauh lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Sebanyak 80 operator seluler di dunia telah menerapkan 5G, menurut Amon. Dia juga memperkirakan jika 750 juta unit smartphone 5G akan dikapalkan pada 2022 dan bahwa koneksi 5G akan mencapai 1 miliar setahun kemudian, atau dua tahun lebih cepat ketimbang yang terjadi dengan 4G.

Sejauh ini, produsen ponsel Motorola, OPPO, dan Xiaomi diketahui telah mendaftar untuk membuat smartphone 5G dengan Snapdragon seri 4.

Qualcomm juga bermitra dengan Acer untuk memasarkan PC berkemampuan 5G yang berjalan pada platform Snapdragon 8cx Gen 2 5G, yang mendukung masa pakai baterai yang diklaim dapat bertahan selama beberapa hari, keamanan tinggi, serta kamera dan audio kelas atas.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA