Dibanderol Mulai dari Rp368 Juta

Toyota Resmi Jual GR Yaris di Jepang

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Senin 07 September 2020
share
 

INILAHCOM, Tokyo - Setelah pemesanannya dimulai pada Juni lalu, akhirnya Toyota Motor Corp resmi memulai penjualan GR Yaris di pasar domestik Jepang.

Untuk merayakannya, Toyota akan menggelar kegiatan virtual GR Yaris Online Fes pada 16 September mendatang mulai pukul 19.30 waktu setempat. Acara ini akan mengupas tentang sejarah pengembangan GR Yaris dan juga informasi tentang GR Factory.

Yang membuat acara ini semakin spesial adalah Presiden Toyota Motor Corp Akio Toyoda, dengan nama yang sering dia gunakan di ajang balap 'Morizo' akan mengendarai GR Yaris dan menawarkan kesempatan pengalaman menggunakan Virtual Reality (VR).

GR Yaris merupakan model yang lahir dengan DNA motorsport, terutama di kejuaraan reli dunia WRC (World Rally Championship). Pengembangan mobil ini dilakukan oleh Toyota Gazoo Racing World Rally Team (WRT), menggabungkan kendaraan yang nyaman digunakan sehari-hari dan juga kompetitif di ajang WRC.

Berdasarkan keinginan master driver 'Morizo' untuk mengembalikan mobil sport Toyota, GR Yaris diciptakan sebagai kendaraan Toyota pertama yang dikembangkan dengan konsep terbalik, yaitu mengubah mobil sport menjadi mobil produksi.

GR Yaris punya sejumlah keunggulan yang tak dimiliki hatchback sekelasnya. Mulai dari rancang bangun mobil yang memperhatikan aerodinamika, bobot ringan, dan tingkat kekakuan yang tinggi.

Yaris garapan Toyota Gazoo Racing ini disebut-sebut menjadi mobil yang mudah dikendarai oleh siapapun dan di berbagai kondisi jalan.

Pasalnya, GR Yaris dibangun berdasarkan hasil riset Toyota Gazoo Racing dalam merancang sebuah mobil yang kompetitif di ajang balap WRC. Sekaligus masukan dari pengemudi profesional pada tahap awal pengembangan.

Di balik kap mesin GR Yaris, tersedia dua pilihan dapur pacu, yaitu mesin 1.500cc dan 1.600cc turbo.

Unit M15A-FKS 1.500cc 3-silinder menyalurkan tenaga ke dua roda depan melalui transmisi Direct Shift-CVT. Mesin ini menghasilan tenaga sekitar 120 PS dan torsi 145 Nm.

Kemudian ada juga mesin G16E-GTS 1.600cc 3-silinder turbo intercooler berpenggerak 4WD, yang mampu hasilkan tenaga sebesar 272 PS dan torsi maksimal 370 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan (iMT).

Tersedia dalam empat tipe, RS, RZ, RC, dan High Performance. GR Yaris ditawarkan dengan banderol harga mulai dari 2.650.000 yen atau setara Rp368 juta (tipe RS) hingga hingga 4.560.000 yen atau sekitar Rp633 juta (tipe High Performance).

GR Yaris diproduksi di GR Factory, lini produksi eksklusif di Pabrik Motomachi yang membuat jenis-jenis mobil sport. Toyota menargetkan penjualan mobil ini di Jepang sebanyak 1.100 unit setiap bulan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA