Microsoft Ungkap Spesifikasi Xbox Series S

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Jumat 11 September 2020
share
 

INILAHCOM, Redmond - Microsoft akhirnya mengungkap spesifikasi dari konsol mungil terbarunya Xbox Series S yang akan hadir pada 10 November 2020.

Perangkat tersebut memiliki resolusi 1440p, dengan menggunakan CPU yang sama seperti Xbox Series X, namun berjalan pada 3,6Hz. Angka ini sedikit lebih lambat dibandingkan kecepatan 3,8Hz yang dijalankan pada Series X.

"Perbedaan utama antara Xbox Series X dan S adalah GPU," kata Jason Ronald, Direktur Manajemen Program Xbox Microsoft, seperti dilansir The Verge.

Sementara, jika dibandingkan dengan performa Xbox One, Kepala Rekayasa Platform dan Perangkat Keras di Xbox, Liz Hamren, mengatakan bahwa Xbox Series S memberikan empat kali kekuatan pemrosesan dari konsol Xbox One, dan mendukung pengalaman hingga 120fps.

"Perbedaan utama antara Xbox Series X dan Xbox Series S terletak pada resolusi. Saat berbicara dengan pelanggan, kami menemukan bahwa banyak penggemar kami memprioritaskan framerate daripada resolusi, jadi kami ingin membuat konsol yang tidak memerlukan TV 4K," ujar dia.

GPU yang berbeda membuat harga Xbox Series S lebih terjangkau. Meski demikian, GPU Series S dijanjikan sekitar tiga kali lebih kuat dibandingkan Xbox One.

Xbox Series S memiliki 20 CU pada 1.565GHz dengan kinerja 4 teraflop, sementara Xbox Series X memiliki 12,15 teraflop (52 CU pada 1.825 GHz). Ada perbedaan cukup besar di sini, namun Microsoft menargetkan penggunaan Xbox Series S pada monitor dan TV dengan resolusi 1080p atau 1440p.

Xbox Series S menyertakan memori GDDR6 10GB yang berjalan pada 224 Gbps, sementara Xbox Series X dibekali GDDR6 16GB.

Konsol berukuran 60 persen lebih kecil dibandingkan Xbox Series X tersebut juga dibekali arsitektur Microsoft Xbox Velocity untuk custom SSD 512GB, yang memungkinkan fitur seperti Quick Resume untuk beralih antargame dengan cepat.

Microsoft menggunakan slot ekspansi yang sama yang ditemukan pada Seri X, memungkinkan pemilik Xbox Series S membeli kartu penyimpanan 1TB untuk meningkatkan ruang penyimpanan game.

Seluruh spesifikasi Xbox Series S menunjukkan bahwa konsol tersebut mampu menjalankan game generasi berikutnya, namun dengan resolusi lebih rendah daripada Xbox Series X.

Jika Xbox Series X dibanderol dengan harga US$499 (sekitar Rp7,4 juta), maka versi mungil dari konsol tersebut, Xbox Series S. ditawarkan dengan harga US$299 (sekitar Rp4,4 juta).


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA