Trump: ByteDance Harus Jual TikTok Atau Ditutup

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 12 September 2020
share
 

INILAHCOM, Washington DC - Presiden AS Donald Trump mengatakan batas waktu yang ditetapkan bagi perusahaan asal China, ByteDance, untuk menjual operasional aplikasi video singkat miliknya, TikTok, di AS tidak akan diperpanjang.

"TikTok harus segera dijual atau mereka akan ditutup. Tak akan ada perpanjangan tenggat waktu untuk TikTok," kata Trump, seperti dilansir Reuters.

Meski demikian, baik TikTok maupun pihak ByteDance, tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

ByteDance telah mencari pembeli sehingga dapat menyelesaikan kesepakatan pada pertengahan September dan mematuhi perintah Trump untuk mendivestasi aset TikTok.

TikTok terkenal dengan video singkat yang populer di kalangan remaja. Namun, AS menduga kuat jika aplikasi tersebut mengambil informasi pengguna untuk diteruskan ke otoritas China. TikTok berkali-kali telah membantah tudingan tersebut.

Senator Republik Josh Hawley, sekutu dekat Trump, mengatakan bahwa dia juga tidak mendukung perpanjangan tenggat waktu.

Hawley menambahkan, dia juga tidak mendukung hasil yang tidak termasuk penjualan penuh.

Awal bulan ini, Reuters melaporkan bahwa calon pembeli TikTok sedang mendiskusikan empat cara untuk menyusun akuisisi dari ByteDance, termasuk membeli operasi di AS tanpa perangkat lunak utama.

"Saya yakin ada sejumlah pintu belakang yang dibangun dan tentu saja ByteDance tahu persis apa itu, jadi perlu ada pemisahan yang bersih, jelas, total," ucap Hawley.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA