Apple Juga Luncurkan iPad 8 dan iPad Air 4

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 17 September 2020
share
 

INILAHCOM, Cupertino - Selain jajaran jam tangan pintar terbaru, Apple juga mengumumkan kehadiran lini tablet anyarnya, yakni iPad 8 dan iPad Air 4, di acara peluncuran virtual yang digelar di Apple Campus, Cupertino, California, AS.

Acara peluncuran kali ini sekaligus menandai tahun ke-10 sejak iPad pertama dikirimkan.

"Tahun ini menjadi tahunnya iPad. Awal tahun ini, kami membuat pembaruan untuk iPad Pro, termasuk chip A12Z, sistem kamera baru LiDAR Scanner, dan masih banyak lagi, dan kali ini kami menghadirkan jajaran iPad terbaru," ujar CEO Apple Tim Cook.

Apple menghadirkan iPad generasi ke-8 dengan mempertahankan desain seperti pendahulunya, namun dengan performa lebih baik. Sebagai produk entry-level, harga iPad 8 paling terjangkau di antara model-model iPad lain.

Pembaruan yang paling kentara dari iPad 8 ada di sektor dapur pacunya yang kini menggunakan chip A12 Bionic, sama dengan milik iPad Mini 5 dan iPad Air 3 (2019). Sebelumnya, iPad 7 (2019) hanya mengandalkan A10 Fusion keluaran 2016.

Selain memiliki performa olah grafis dua kali lebih tinggi dibanding chip iPad generasi sebelumnya, chip A12 Bionic sekaligus membawa teknologi 'Neural Engine' untuk Machine Learning untuk pertama kalinya ke model iPad entry level.

Dari segi desain, iPad 8 terbilang belum berubah, masih dengan tombol home merangkap pemindai sidik jari dan konektor Lightning, alih-alih USB type-C seperti jajaran iPad Air atau iPad Pro.

Ukuran layarnya pun masih 10,2 inci dengan bingkai cukup tebal di sisi atas dan bawah, dan dukungan pena stylus Apple Pencil dengan low-latency, sensitivitas yang lebih baik.

Perangkat tersebut juga telah dibekali sistem operasi terbaru iPadOS 14, yang membawa sejumlah fitur baru untuk Apple Pencil, salah satunya memungkinkan tulisan tangan berubah digital.

Tablet ini pun dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 8MP dan kamera FaceTime di bagian depan dengan resolusi 1,2MP.

Karena fisiknya sama, Apple pun menyebutkan aksesori iPad 7 seperti casing bisa juga digunakan di iPad 8. Apple sendiri turut menyediakan Smart Keyboard untuk iPad 8.

Untungnya, harga iPad 8 juga ikut tak berubah dari sebelumnya, bertahan di angka US$329 atau sekitar Rp4,8 juta untuk versi 32GB WiFi only, hingga US$559 atau sekitar Rp8,3 juta untuk versi 128GB WiFi + seluler.

Mengutip The Verge, iPad 8 tersedia dalam tiga varian warna yakni space gray, silver, dan gold. Apple rencananya akan membuka sesi pemesanan iPad 8 pada 18 September mendatang

Tak hanya iPad generasi ke-8, Apple juga membawa pembaruan bagi iPad Air dengan menghadirkan generasi ke-4.

iPad Air 4 merupakan perangkat pertama dengan chip A14 Bionic. Ini adalah chip tercanggih Apple yang dibuat menggunakan proses fabrikasi 5nm. Chip dengan 11,8 miliar transistor ini memiliki CPU 6-core serta GPU 4-core.

Kinerjanya diklaim lebih tinggi hingga 40 persen dibanding generasi sebelumnya.

"iPad Air yang jauh lebih bertenaga menandai debut chip terkuat yang pernah dibuat oleh Apple, A14 Bionic," ujar SVP of Worldwide Marketing Apple Greg Jowsiak.

Dari segi fisik, iPad Air 4 kini tampil beda dari pendahulunya dengan mengusung desain yang nampak serupa dengan iPad Pro. Bingkai layar kini lebih tipis, panel display (IPS LCD, 2.360 x 1.640 piksel) pun lebih lebar dengan ukuran 10,9 inci.

Berbeda dari iPad generasi sebelumnya yang hanya memiliki varian warna space gray, silver, dan rose gold, iPad Air 4 hadir dengan dua warna baru, yakni green dan blue.

Speaker kini ditempatkan di sisi kanan dan kiri saat tablet berada dalam orientasi landscape. Konektor Lighting pun berganti ke USB type-C seperti iPad Pro. Perangkat ini juga telah mendukung aksesori Apple Pencil 2 dan Magic Keyboard bikinan Apple.

iPad Air 4 turut dibekali dengan satu buah kamera belakang beresolusi 12MP wide (f/1.8) dan satu buah kamera selfie 7MP true depth. Sayangnya, tablet ini belum mendukung fitur biometrik Face ID.

iPad Air 4 bakal ditawarkan dalam dua pilihan konektivitas, yakni model WiFi dan WiFi + seluler. Harganya US$599 atau sekitar Rp8,8 juta untuk varian 64GB WiFi. Sementara varian 64GB WiFi + seluler akan dijual seharga US$729 atau sekitar Rp10,8 juta.

Apple juga menjual iPad Air 4 dengan opsi media penyimpanan 256GB, harganya US$749 atau sekitar Rp11 juta (WiFi) dan US$879 atau sekitar Rp13 juta (WiFi + seluler).

Untuk ketersediaan, iPad Air 4 baru akan hadir di pasaran pada Oktober mendatang.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA