The All-New Audi A6 Resmi Mengaspal di Indonesia

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 17 September 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pabrikan mobil mewah Jerman Audi resmi menghadirkan The All-New Audi A6 di pasar otomotif Tanah Air.

Tak hanya memberikan tampilan yang semakin sporty dan kental akan nilai-nilai nan elegan, generasi kedelapan sedan full-size andalan Audi ini juga menawarkan berbagai inovasi terdepan di kelasnya, baik dalam hal digitalisasi, kenyamanan, maupun sportifitas.

"The All-New Audi A6 akan menyuguhkan pengalaman berkendara istimewa yang tak ditawarkan oleh rival di kelasnya. Keunggulan akan nilai-nilai inovatif ditawarkan melalui penggunaan Multi Media Interface (MMI) terbaru dengan berbagai kemudahannya, desain yang sporty tanpa meninggalkan kesan elegan, serta keunggulan rekayasa teknologi yang menjadikan mobil ini seakan menawarkan kemewahan kelas bisnis di atas empat roda," ungkap Andrew Nasuri, Presiden Direktur Garuda Mataram Motor, selaku agen pemegang merek Audi di Indonesia.

Untuk pasar Indonesia, The All-New Audi A6 hadir dalam dua varian dengan mesin berbeda, yakni All-New Audi A6 3.0 TFSI Quattro dan All-New Audi A6 2.0 TFSI.

All-New Audi A6 3.0 TFSI Quattro menggunakan mesin 6-silinder (V6) 3.0 liter TFSI berbahan bakar bensin yang mampu menyemburkan tenaga puncak hingga 340 HP dan torsi maksimal 500 Nm.

Seluruh daya yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan ke sistem penggerak empat roda Quattro khas Audi melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic.

Dapur pacu tersebut mampu membuat All-New Audi A6 3.0 TFSI Quattro berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik dengan kecepatan puncak yang dibatasi hingga 250 km/jam.

Dalam hal efisiensi, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi sebesar 7,1-6,7 liter/100 km. Sementara emisi CO2 yang dihasilkan hanya 161-151 g/km.

Sementara All-New Audi A6 2.0 TFSI memakai mesin yang lebih kecil, yakni 4-silinder berkapasitas 2.0 liter. Jantung pacu ini diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 190 HP dan torsi maksimal 320 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic.

Sedan ini mampu diajak berakselerasi dari titik diam ke kecepatan 100 km/jam dalam tempo 7,9 detik.

Audi juga telah melengkapi kedua varian dari A6 teranyarnya ini dengan teknologi mild-hybrid terbaru. Teknologi ini menggunakan belt alternator starter (BAS) yang bekerja bersama-sama baterai lithium-ion berkapasitas 10 Ah.

Dengan teknologi canggih ini, The All-New Audi A6 mampu berjalan tanpa mesin bensin menyala dalam kecepatan 55 km/jam hingga 160 km/jam.

Fungsi start-stop akan dimulai pada kecepatan 22 km/jam. Mesin akan mulai menyala dari kondisi diam, segera begitu mobil yang berada di depan mulai bergerak. Saat melakukan deselerasi, BAS akan mengembalikan kembali energi hingga 12 kW.

Dalam kondisi pengendaraan nyata, teknologi mild-hybrid ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter per 100 km.

Dengan dimensi yang sangat memanjakan konsumen, The All-New Audi A6 memiliki ruang kaki (legroom) yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya, juga jika dibandingkan rival di kelasnya.

Begitu pula dengan ruang kepala (headroom) dan ruang bahu (shoulder room) yang juga semakin luas.

Soal akomodasi, bagasi The All-New Audi A6 menawarkan ruang lebih luas dengan kemampuan mengangkut dua tas golf besar secara horizontal dengan kapasitas total 530 liter.

Kenyamanan dari The All-New Audi A6 juga semakin diperkuat berkat adanya tingkat kebisingan yang rendah di dalam kabin. Struktur bodinya menjadi salah satu faktor penentu hal ini.

The All-New Audi A6 sudah menggunakan suspensi five-link pada bagian depan dan belakang yang menggunakan bahan aluminium. Kedua sub-frame ini rigid di bagian depan dan dengan dudukan hidrolik di bagian belakang yang menghubungkan roda dengan bodi.

Jarak pijak depan memiliki lebar 1.630mm dan belakang 1.617mm. Pengemudi juga dapat memilih mode pengendaraan lebih dinamis melalui Audi Drive Select yang akan mengatur semua setting suspensi dengan pilihan Comfort, Auto, dan Dynamic.

Di bagian roda, All-New Audi A6 3.0 TFSI Quattro mendapatkan velg alloy 8,5J x 20 inci dengan model 5-spoke V-style berlapis warna Contrast Gray dengan balutan ban berukuran 255/40 R20.

Sementara All-New Audi A6 2.0 TFSI ditopang dengan velg alloy berukuran 8Jx18 inci bergaya multi-spoke dengan balutan ban 225/55 R18.

Di Indonesia, All-New Audi A6 3.0 TFSI Quattro ditawarkan dengan harga Rp1,95 miliar, sedangkan All-New Audi A6 2.0 TFSI dibanderol Rp1,49 miliar. Harga tersebut berstatus on-the-road DKI Jakarta.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA