Menguji Layanan Digital Live.On dari XL Axiata

IN
Oleh Ibnu Naufal
Jumat 18 September 2020
share
(inilahcom/ibnu)

PARA provider kini makin gencar melahirkan layanan seluler prabayar digital, kini yang terbaru sudah hadir provider digital terbaru dari XL Axiata, namanya Live.On. Sebagai salah satu operator terbesar di Indonesia, penyedia jasa telekomunikasi seluler tersebut ingin ikut bersaing dalam kompetisi yang mengincar segmen anak muda tersebut.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, Live.On sebenernya tinggal masuk dalam tahap peresmian saja. Namun, meski begitu, pendaftaran sudah dibuka sejak beberapa bulan lalu, mereka bahkan menawarkan internet gratis selama satu tahun dengan syarat dan ketentuan berlaku dan juga ketersediaannya sudah bisa dipesan langsung di ecommerce Shopee.

Sama halnya seperti operator digital lain seperti by.U dan Switch, seluruh transaksi dan layanan seputar Live.On hanya akan bisa dilakukan secara daring (Online).

Sebagai tambahan, provider digital ini dapat dinikmati semua pengguna Android dan iOS.

Tim OTOTEKNO INILAHCOM berkesempatan untuk menguji layanan selular Live.On dari XL Axiata ini. Mari simak bersama untuk melihat fitur dan layanan unggulannya:

Cara Aktivasi dan Harga Paket

Untuk cara mengaktifkan kartu Live.On harus memasukkan nomor ke Smartphone dan registrasi lewat aplikasi resmi Live.On yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

IMG20200826093815

IMG20200826102040

Untuk proses aktivasi membutuhkan koneksi internet, jadi anda bisa menggunakan koneksi dari kartu lain (jika menggunakan perangkat dual-sim) atau menggunakan koneksi wifi.

Photo-Grid-Plus-1600325768039

Caranya sendiri cukup mudah:

  • Cukup masukkan kartu SIM ke dalam device

  • Unduh aplikasi Live.On

  • Buka aplikasi dan ketuk "Aktivasi kartu SIM baru

  • Scan kode yang ada di belakang tempat kartu SIM

  • Pilih nomor yang Anda suka

  • Lakukan registrasi dengan nomor NIK dan KK

  • Tunggu sampai menerima notifikasi dari aplikasi, email, dan SMS bahwa nomor sudah aktif

  • Setelah aktif, Login di aplikasi menggunakan nomor Live.On, jika belum hafal bisa melihat di notifikasi, SMS, atau email

  • Dan akhirnya nomor Live.On sudah aktif.


Live.On menawarkan kuota besar yang bisa digunakan untuk apa saja dan kapan saja tanpa pembagian aplikasi dan waktu.

Untuk sementara, hanya ada dua paket yang bisa dipilih, yakni Rp80.000 untuk kuota 25GB dan Rp125.000 untuk 50GB. Selain kuota utama, ada beberapa add-on juga yang bisa dipilih.

Photo-Grid-Plus-1600325791237

Salah satu keunggulan Live.On adalah adanya emergency quota yang memberikan pengguna untuk internetan dengan kecepatan 128 Kbps saat kuota habis.

Jaringan

Berbicara soal jaringan dan koneksi, tentu tidak akan lepas dari induk perusahaannya. Dimana by.U yang luas dan super cepat mengandalkan sinyal milik Telkomsel, begitu juga Switch yang andalkan jaringan Smartfren.

IMG20200826104754

Live.On juga pastinya siap menggunakan koneksi andalan dari XL Axiata, beruntung bagi Anda yang wilayahnya sudah tercakup oleh jaringan XL 4G LTE yang kuat. Sebab secara otomatis bisa langsung menikmati semua layanan yang tersedia di Live.On.

Apalagi kini XL sudah sedikit lebih maju berkat jaringan 4.5G yang mampu menembus kecepatan hingga 300 Mbps, meski itu semua juga kembali lagi tergantung pada faktor wilayah hingga kepadatan trafik data pengguna.

Kuota Internet dan Paket

Untuk urusan paket data dan kuota internet, Live.On tidak akan menyediakan kuota dengan sistem pembagian waktu.

Seperti by.U, seluruh paket internet mau pun Add On (tambahan) berlaku 24 Jam di jaringan Live.On.

Kecepatan

Selama ini paket Unlimited di banyak provider Indonesia menerapkan sistem kebijakan batas pemakaian wajar atau Fair Usage Policy (FUP). Sehingga meski tidak ada limit kuota, namun kecepatan akan menurun jika telah melebihi batas wajar.

Dalam hal ini, XL melalui Live.On mencoba bersikap inovatif dengan tidak menerapkan FUP untuk layanan paket internet Unlimited. Meski belum diketahui seperti apa syarat dan ketentuan lebihnya.

Perlu di ingat, hasil pengujian sangat bergantung pada beberapa aspek, terutama tempat dan kondisi cuaca. Sebagai acuan, Anda bisa menggunakan provider XL. Jika signal XL di wilayah itu bagus, otomatis signal LIVE.ON juga sama.

IMG20200826104220

IMG20200826104543

Yang kami tampilkan diatas adalah hasil pengujian di tempat penulis, di area perumahan kebayoran lama, Jakarta Selatan. Hasilnya sendiri bervariasi namun bisa dikatakan sudah sangat bagus meski tidak dalam kawasan pusat kota dengan berkisar unduhan mencapai 11 Mbps hingga 50 Mbps dan upload hingga 23 Mbps dengan ping latensi yang cukup rendah diangka 10-46 ms.

Kesimpulan

Dengan mengukur dengan berbagai pertimbangan di atas, maka kesimpulannya adalah, kartu perdana Live.On ini cukup kami rekomendasikan dan bisa Anda gunakan, terlebih lagi buat Anda yang butuh kuota yang besar dengan harga yang murah dengan kemudahan dalam genggaman tanpa harus ribet, ditambah bagi Anda yang jaringannya bisa digunakan di daerah yang cukup bagus dengan sinyal milik XL Axiata (jika sudah menjangkau kota-kota lain di Indonesia).

Live.On ini sangat cocok bagi orang-orang yang haus akan kuota dan memang selalu kehabisan kuota, karena penawarannya hanya dua jenis paket dengan kuota super besar.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA