Lindungi dari Dampak Anomali Curah Hujan

AXA Hadirkan Parametric Insurance untuk Petani

IN
Oleh inilahcom
Jumat 18 September 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) menggandeng AXA Climate menghadirkan Parametric Insurance, yaitu asuransi indeks cuaca di Indonesia yang melindungi petani terhadap tekanan finansial karena dampak anomali curah hujan.

AXA Climate merupakan entitas khusus yang dibentuk oleh AXA Group untuk menghadirkan solusi perlindungan terkait dampak perubahan iklim di berbagai negara di dunia. AXA Climate memberikan perlindungan langsung kepada komunitas yang paling terpengaruh dampak perubahan iklim, salah satunya adalah para petani.

"AXA Climate yang memfokuskan diri pada Parametric Insurance adalah bukti nyata komitmen AXA Group untuk memberikan solusi terhadap perubahan iklim di seluruh dunia. Di Indonesia, AXA Climate bekerja sama dengan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) untuk memperkenalkan perlindungan ini kepada masyarakat Indonesia," kata Antoine Denoix, selaku CEO AXA Climate, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Dalam memberikan perlindungan secara lebih merata dan meluas kepada petani di Indonesia, MAGI dan AXA Climate bekerja sama dengan Yayasan Agri Sustineri Indonesia (YASI) melalui Program Dana Pertanian Aman dan Berkelanjutan (Dana Pandan).

Program Dana Pandan merupakan sebuah solusi pengelolaan risiko komprehensif yang bertujuan untuk membantu petani dalam menghadapi tantangan utama dalam kegiatan usaha budidaya. Salah satu komponen penting dari Program Dana Pandan adalah penyediaan asuransi indeks cuaca atau Parametric Insurance.

Indikator yang digunakan Parametric Insurance dari MAGI dan AXA Climate dalam program Dana Pandan ini adalah tingkat presipitasi (curah hujan) sebagai indeks dari tingkat pertumbuhan tanaman yang berakibat risiko penurunan hasil produksi ataupun peningkatan biaya produksi. Program ini melindungi petani terhadap tekanan finansial karena dampak anomali curah hujan.

"Parametric Insurance merupakan solusi inovatif yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang berkaitan erat dengan aktivitas pertanian dan risiko finansial akibat perubahan cuaca serta iklim. Ketika indexks cuaca yang tercatat mencapai batas yang disepakati, MAGI akan memberikan ganti rugi secara langsung kepada petani tanpa menunggu adanya inspeksi terhadap kondisi fisik tanaman. Asuransi ini bersifat lebih objektif dan dapat memberikan ganti rugi secara cepat bagi petani," jelas Enny, CEO MAGI, dalam keterangan yang sama.

Sementara itu, menurut Country CEO AXA Indonesia dan Presiden Komisaris MAGI Julien Steimer, Indonesia merupakan negara pertanian dan salah satu negara yang menjadi fokus dari AXA Group. Oleh karena itu, AXA Climate bersama dengan MAGI, anak usaha AXA di bidang asuransi umum di Indonesia, memperkenalkan Parametric Insurance.

"Langkah ini menyusul keberhasilan penerapan Parametric Insurance di berbagai negara seperti Peru, Brasil, Taiwan, Filipina, Myanmar, hingga Meksiko, kami optimistis bahwa ini adalah solusi yang tepat bagi pertanian dan perkebunan di Indonesia," kata dia.

Implementasi program yang dilakukan antara MAGI, AXA Climate, dan YASI tersebut telah dimulai di beberapa kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Timur sejak awal musim tanam tahun ini untuk pelaku usaha pertanian padi. Diharapkan program ini akan berkembang dan membuka akses bagi ratusan ribu petani dalam beberapa tahun mendatang.

Program ini menyasar petani di seluruh Jawa dan luar Jawa, melalui produk-produk asuransi tanaman pangan maupun hortikultura baru, jenis produk Parametric Insurance baru, serta jenis saluran distribusi lainnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA