Bukalapak Hadirkan Fitur Konsultasi Hukum Digital

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Rabu 23 September 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Dalam rangka membantu memberikan layanan hukum yang mudah dan terjangkau, Bukalapak bekerja sama dengan marketplace layanan jasa hukum Justika menghadirkan fitur konsultasi hukum digital bernama TanyaHukum.

Melalui fitur ini, pengguna Bukalapak bisa mempeoleh berbagai layanan hukum, dari mulai konsultasi, pembuatan dokumen, hingga pendampingan hukum dari puluhan advokat berpengalaman secara terjangkau dan mudah via telepon, chat, dan tatap muka.

"Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi dalam seluruh produk dan layanan kami, dengan harapan agar platform Bukalapak bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan solusi atas berbagai kebutuhan mereka," kata Victor Lesmana, Director of Payment, Fintech, and Virtual Products Bukalapak.

"TanyaHukum adalah salah satu bentuk perwujudan dari komitmen tersebut yang juga diharapkan dapat membantu masyarakat mengatasi kendala yang dialami ketika membutuhkan bantuan hukum," lanjut dia.

Menurut studi yang dilakukan oleh The Hague Institute for Innovation of Law, 71 persen masyarakat Indonesia yang mengalami masalah hukum memilih untuk tidak melakukan apa-apa. Hal ini diikuti oleh ketimpangan ketersediaan layanan hukum di Indonesia dengan melihat perbandingan jumlah masyarakat dengan pengacara, yaitu satu berbanding 4325.

Wakil Sekretaris Jenderal Perhimpunan Advokat Indonesia Rivai Kusumanegara SH mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi untuk mempermudah akses dan pelayanan sudah digunakan berbagai pihak, Mahkamah Agung, profesi dokter, psikolog, dan sebagainya.

Menurut dia, keberadaan inovasi platform online seperti TanyaHukum dapat memperluas peran hukum dalam kehidupan masyarakat dan pada gilirannya akan meningkatkan budaya hukum bangsa.

"Masih banyak masyarakat melihat pelayanan hukum itu rumit, eksklusif dan sulit dijangkau karena banyak advokat berkumpul di kota-kota besar. Dengan inovasi ini diharapkan persepsi masyarakat berubah dan kedepannya semakin berdaya dalam menghadapi masalah hukumnya," ujar Rivai.

Justika, yang merupakan anak usaha dari portal hukum terbesar di Indonesia, Hukumonline, memiliki jumlah pengguna yang bertumbuh pesat setiap bulannya.

Dengan berkolaborasi dengan Bukalapak yang telah menghubungkan 90 juta pengguna dari berbagai penjuru Tanah Air, Justika berharap dapat semakin memperluas akses hukum di Indonesia.

"Saat ini, Justika telah digunakan ribuan orang untuk memperoleh solusi hukum. Namun, kami sadar kami baru menyentuh sebagian kecil masyarakat saja. Jadi, semoga TanyaHukum bisa mengajak sebanyak mungkin masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menyerah atau mengabaikan masalah hukum yang dihadapi karena adanya solusi yang inovatif ini," kata Melvin, CEO Justika.

Pengguna dapat mengakses TanyaHukum melalui aplikasi Bukalapak di bagian Semua Menu pada halaman depan aplikasi dan menikmati potongan harga Rp25.000 untuk konsultasi via chat hingga 30 September 2020.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA