COVID-19: Akses Internet Naik, Untuk Apa Saja?

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 01 Oktober 2020
share
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Seiring perubahan perilaku masyarakat dan peralihan aktivitas yang dipusatkan di rumah selama Pandemi COVID-19, konsumsi sejumlah layanan pun turut berubah. Catatan Telkomsel menunjukkan lima layanan yang paling populer selama pandemi yaitu browsing, e-commerce, games, komunikasi dan video.

Aktivitas browsing sendiri bukan lagi hal baru bagi pengguna smartphone atau internet. Namun selama pandemi, aktivitas pencarian di internet turut meningkat hingga 141%. Tak hanya browsing, akses ke e-commerce juga meningkat selama pandemi karena adanya batasan mobilitas masyarakat selama pandemi. Wahyudi menyebut layanan e-commerce meningkat hingga 120%.

"Sebelum pandemi, rata-rata kenaikan trafik internet sekitar 1 persen per bulan. Namun sejak mulai pertengahan Maret 2020, ketika mulai work from home, ada kenaikan trafik 6,5 persen," ujar GM Enterprises, Prime Segment and Network Digital Telkomsel, Wahyudi C. Purnama pada diskusi virtual yang digelar Forwat (Forum Wartawan Teknologi) saat event tersebut, Rabu (30/9/2020).

Yang tak kalah menarik, layanan game juga meningkat hingga 83%. Aktivitas ini bahkan dinilai menjadi pilihan utama pelanggan Telkomsel dalam menikmati hiburan selama beraktivitas di rumah.

Sementara itu layanan komunikasi seperti WhatsApp, memang menjadi andalan pelanggan masyarakat khususnya di tengah pandemi. Tak ayal jika layanan ini meningkat dan menjadi layanan paling populer di Telkomsel dengan kenaikan hingga 65%.

Layanan video juga tercatat naik daun saat pandemi. Betapa tidak, layanan ini menjadi alternatif banyak orang untuk menikmati hiburan selain bermain gim. Salah satu layanan video yang disebut Wahyudi naik daun adalah Youtube. Secara umum, layanan video meningkat sebesar 30%.

Sementara dari sisi aplikasi, yang paling populer selama pandemi yaitu aplikasi video conferece sebagai penunjang WFH dan SFH. Zoom menjadi aplikasi yang tercatat paling banyak digunakan oleh pelanggan Telkomsel. Empat aplikasi video conference lainnya yang tak kalah populer yaitu CloudX Telkomsel, Skype, Microsoft Teams serta Google Meet.

Untuk aplikasi terpopuler penunjang SFH mencakup Google Classroom yang digunakan oleh 59% pengguna, Ruang Guru (11%), Ilmupedia (20%) serta portal belajar Kemendikbud (6%).

"Zoom masih menjadi favorit untuk video conference. Namun di luar Zoom, ada beberapa aplikasi yang juga banyak digunakan, seperti CloudX, Skype, Google, dan Microsoft Teams," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA