Pengalaman Menjajal ColorOS 11 di OPPO Find X2 Pro

IN
Oleh Ibnu Naufal
Sabtu 03 Oktober 2020
share
(inilahcom)

ANTARMUKA ColorOS dari OPPO telah memiliki lebih dari 350 juta pengguna mencakup lebih dari 140 negara di seluruh dunia. Salah satu yang pemakai terbanyak adalah dari Indonesia sebagai pasar prioritas yang dianggap penting. Dan kini, OPPO telah mengenalkan antarmuka (User Interface/UI) ColorOS 11 berbasis Android 11 untuk deretan smartphone buatannya.

ColorOS 11 resmi diumumkan secara global pada awal bulan lalu, dan dijadwalkan rilis secara bertahap ke smartphone pengguna OPPO dalam beberapa bulan ke depan.

Dalam tahap pertama ini, brand asal China itu baru menggulirkan pembaruan untuk OPPO Find X2 Pro dan Reno 3.

Tim ototekno INILAHCOM pun kemudian berkesempatan menjajal pengalaman memakai tampilan antarmuka baru ini menggunakan perangkat OPPO Find X2 Pro.

Master

Tapi tahukah Anda kalau smartphone OPPO yang dibekali antarmuka ColorOS 11 dapat mengambil menciptakan Always-On Display, tema, wallpaper, font, ikon, dan nada dering yang mereka inginkan?

Tahukah Anda kalau ColorOS 11 menyimpan fitur Dark Mode dari stok Android dengan tiga skema warna dan tingkatan kontras?.

Harus kami akui, begitu banyaknya fitur yang ColorOS 11 tawarkan terkadang membuat kami lupa akan manfaat-manfaatnya di berbagai skenario.

Artikel ini bermaksud untuk memberikan pengalaman dan menjabarkan beberapa fitur ColorOS 11 yang mungkin belum diketahui khalayak, tapi bisa berguna dalam sejumlah skenario.

'Dark Mode' Superior

Google memperkenalkan Mode Gelap-nya dengan Android 10 dan menambahkan beberapa fitur baru ke Android 11. ColorOS selangkah lebih maju di ColorOS 7 dan menghadirkan mode gelap yang kompatibel dengan aplikasi pihak ketiga. Dengan ColorOS 11, pengguna sekarang memiliki opsi untuk menyesuaikan mode gelap sesuai preferensi sesukanya.

Masuk pada settingan nantinya pengguna dapat memilih di antara tiga skema warna gelap, masing-masing dengan tingkat kontras yang berbeda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Kontras mode gelap juga dapat diatur untuk menyesuaikan secara otomatis sesuai matahari terbit dan terbenam saat kami menggunakannya cukup memberikan pengalaman menonton yang nyaman bagi mata dan mengurangi kelelahan mata.

Tampilan Selalu Aktif yang Dipersonalisasi

Layar selalu aktif (Always-on Display) adalah salah satu fitur yang kami paling sukai di smartphone Android. Ini adalah cara yang bagus untuk memantau notifikasi yang masuk dengan sekilas tanpa perlu menyalakan layar, sehingga menghemat masa pakai baterai.

Satu-satunya biasanya masalah dengan Layar selalu aktif adalah bahwa ini tidak dapat disesuaikan. Dengan ColorOS 11, batasan ini telah diatasi karena pengguna sekarang dapat membuat pola khusus untuk layar selalu aktif dari pengaturan.

Pengguna dapat menyentuh atau mengetuk layar untuk mengembangkan pola dan menyimpan pola yang ingin mereka gunakan dengan tampilan layar 'always on display' ini.

Ini adalah fitur yang tidak ditawarkan oleh OS ponsel cerdas lain saat ini, memastikan bahwa ponsel cerdas Anda lebih menonjol dari pengguna lainnya.

Ikon & Layar Utama yang Dapat Disesuaikan

Dengan ColorOS 11, pengguna juga memiliki lebih banyak kontrol atas tampilan layar ponsel mereka. Dalam pengaturan personalisasi (cubit dua jari di layar untuk membuka personalisasi), pengguna kini dapat mengubah setiap aspek layar mulai dari tata letak layar beranda hingga tampilan ikon.

Color-OS-11-on-Oppo-Find-X2-Pro-Icon-Customization-1200x675

Bahkan ada kontrol penyesuaian yang tersedia untuk mengubah tata letak dan tampilan widget, serta efek transisi yang terlihat di layar untuk berbagai tindakan.

ColorOS 11 juga selangkah lebih maju dan memungkinkan Anda menggunakan foto apa pun untuk menghasilkan wallpaper khusus dengan gaya berbeda dengan menjaga gambar dan warnanya sebagai referensi.

Pengguna dapat mengubah tampilan ponsel mereka sesuai suasana hati sehari-hari hanya dengan beberapa ketukan di layar.

Menyesuaikan Panel Notifikasi

Hingga saat ini, pengguna kerap dibatasi untuk pilihan warna sesuai tema yang mereka pilih pada smartphone, dan ini terus menjadi masalah dengan Android 11.

Untungnya, dengan ColorOS 11, pengguna mendapatkan kontrol penuh pada skema warna perangkat. Pengguna dapat memilih antara 10 warna dan lima skema warna agar ponsel mereka sesuai dengan gayanya.

Selain itu, skema warna yang dipilih bahkan dapat diterapkan ke menu kontrol dan tombol smartphone.

Color-OS-11-on-OPPO-Find-X2-Pro-Review-07

Pengguna bahkan memiliki kontrol untuk menggunakan pilihan skema warna mereka pada ikon untuk mendapatkan pengalaman visual yang konsisten di layar mereka.

Ini cukup kami rasakan sangat berguna untuk memastikan bahwa perangkat terlihat dan terasa dipersonalisasi untuk setiap pengguna.

Membuat Nada Dering

Jika biasanya nada dering diganti lagu favorit, kini Anda bisa menciptakan sebuah nada dering sendiri. Nada tersebut dapat disesuaikan melalui panel geser. Anda cukup memilih nada dan irama musik secara real time.

Color-OS-11-on-OPPO-Find-X2-Pro-Review-08

Bila menyukai musik dengan beat yang cepat, Anda hanya perlu menggesernya ke arah fast. Namun, jika menyukai musik yang membuat rileks, cukup membawanya pada bagian relaxing.

Anda juga bisa menciptakan beragam musik dan menyimpannya.

3-Finger Translate

ColorOS 11 sudah terintegrasi dengan Google Lens, ini yang membuat Anda dapat menerjemahkan teks pada aplikasi, halaman web atau gambar ke bahasa yang diinginkan tanpa perlu membuka Google Translate.

Anda cukup menahan tiga jari pada layar hingga muncul tangkapan layar sebagian. Pilih teks atau gambar yang akan diterjemahkan lalu ketuk pilihan terjemahkan. Hasilnya pun akan langsung muncul pada layar ponsel.

Battery Guard

Kebiasaan mengisi daya di malam hari dan meninggalkannya saat tertidur bisa membuat baterai rusak. Pada ColorOs 11, fitur Battery Guard akan mempelajari kebiasaan pengisi daya pengguna.

Battery Guard akan berhenti mengisi daya hingga 80 persen di malam hari dan mengisi ulang hingga 100 persen saat sudah terjadi aktivitas pada ponsel.

Cara mengaktifkan Battery Guard adalah masuk ke menu setting - baterai - pengaturan baterai lainnya, kemudian pilih optimalkan pengisian daya malam hari.

OPPO Relax 2.0

OPPO Relax 2.0 di ColorOS 11 merupakan pembaharuan yang ditingkatkan sedemikian rupa dari seri ColorOS 7. Aplikasi terapi suara ini diperkenalkan pertama kali sejak ColorOS tersebut muncul.

Yang terbaru dari OPPO Relax 2.0 adalah pengguna bisa memilih suara yang lebih beragam.

Mulai dari suara alam, perkotaan, ASMR, dan suara dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan nuansa yang lebih hidup, untuk menenangkan hati dan pikiran cocok sekali buat mereka yang sedang terisolasi atau keadaan PSBB seperti sekarang yang ingin lebih melepas stress dengan suara alami perkotaan lain.

Versi baru dari OPPO Relax juga hadir dengan fitur baru, yakni Sound Mix. Pengguna bisa memilih berbagai pilihan suara untuk kemudian di membuat campuran White Noide yang nyata sesuai keinginan.

Kita juga bisa mendengarkan suara bising dari kota-kota yang berbeda di negara lain. Fitur ini bernama The Sound of Cities yang memungkinkan pengguna menjelajah ruang dan waktu dengan OPPO Relax 2.0.

OPPO bekerja sama dengan Music City, menambahkan suara jalanan atau kehidupan di Tokyo, Bangkok, dan Reykjavik (Islandia) ke dalam aplikasi. Di sini pengguna bisa pilih berbagai suara mulai dari keriuhan pasar lokal, hempasan air laut, atau kicauan burung, dan mengubahnya menjadi soundscapes yang menyenangkan dalam fitur ini.

Cara menggunakan fitur The Sound of Cities ini adalah dengan masuk ke OPPO Relax lalu klik Explore kemudian akan muncul The Sound of Cities. Tinggal pilih negara yang ingin didengar.

ColorOS 11 memiliki beragam kustomisasi lainnya, namun sistem ini belum tersedia pada semua seri ponsel OPPO.

ColorOS 11 akan dirilis dengan beberapa tahapan, dimulai dengan Find X2 Series dan Reno3 Series. Peluncuran lengkap akan mencakup lebih dari 28 ponsel, termasuk seri Find, Reno, F, K, dan A.

Untuk lebih detail terkait ColorOS 11, kami juga menampilkan video di bawah ini untuk melihat fitur-fitur di atas yang sudah disebutkan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA