Microsoft Surface Laptop Go Harga Lebih Terjangkau

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 03 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, San Francisco - Microsoft memperkenalkan Surface Laptop Go baru dengan harga yang lebih terjangkau untuk sebuah perangkat perusahaan yang lebih premium.

Mengutip The Verge, Surface Laptop Go menjadi salah satu perangkat Microsoft paling murah, dengan banderol US$549 atau sekitar Rp8,2 juta, setelah Surface Go 2 yang dijual seharga US$399 atau sekitar Rp5,9 juta.

Surface Laptop Go, seperti namanya, merupakan Surface yang sama dengan sebelumnya, namun lebih kecil dan ringan, di mana Microsoft menggunakan layar 12,4 inci yang lebih kecil daripada layar 13,5 inci yang diusung Surface Laptop 3.

Bingkai yang lebih kecil menjadikan Surface Laptop Go sebagai laptop Surface paling ringan, dengan bobot hanya sekitar 1,1 kilogram, lebih ringan dari MacBook Air milik Apple atau Chromebook pada titik harga ini.

Tidak seperti tablet Surface Go, Microsoft menanamkan 'prosesor asli' di dalam Surface Laptop Go, dengan memilih Intel Core i5 Generasi ke-10 (1035G1), dibanding prosesor Intel Pentium Gold yang ditemukan pada Surface Go.

Sayangnya, model dasar Surface Laptop Go hanya menyertakan RAM 4GB dan penyimpanan eMMC 64GB.

Sementara, Acer Aspire 3 dengan prosesor yang sama memiliki RAM 8GB dan penyimpanan SSD 512GB, serta layar 1080p 15 inci dengan harga sama US$549.

Namun, Microsoft menghadirkan varian lebih tinggi, yakni model Surface Laptop Go dengan RAM 8GB dan penyimpanan SSD 128GB dengan harga US$699 atau sekitar Rp10,4 juta.

Microsoft menggunakan satu USB-C dan satu port USB-A biasa di Surface Laptop Go, di samping jack headphone dan port pengisian Surface Connect. Di bagian depan terdapat webcam 720p, tetapi tidak mendukung pengenalan wajah melalui Windows Hello.

Sebagai gantinya, Microsoft telah mengintegrasikan pemindai sidik jari di tombol daya pada beberapa model Surface Laptop Go. Namun, model basic dengan harga US$549 belum menyertakan teknologi tersebut.

Microsoft Surface Laptop Go juga mendukung Wi-Fi 6 dan fast charging untuk mengisi daya baterai yang diklaim mampu mencapai 80 persen hanya dalam satu jam.

Microsoft menawarkan tiga varian warna pada Surface Laptop Go, yaitu biru, stanstone, dan platinum.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA