Google Kucurkan US$1 Miliar untuk Produk Berita

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 03 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Mountain View - Perusahaan induk Google, Alphabet Inc, bersedia membayar US$1 miliar kepada media jurnalistik global untuk tiga tahun ke depan.

CEO Alphabet Inc Sundar Pichai menyatakan bahwa produk baru bernama Google News Showcase akan diluncurkan perdana di Jerman dan Brasil.

Surat kabar di kedua negara tersebut yang sudah bergabung antara lain Der Spiegel, Stern, dan Die Zeit (Jerman), serta Folha de S. Paulo, Band, dan Infobae (Brasil).

Media jurnalistik sudah lama berkutat dengan isu konten yang dimuat di mesin pencari Google, penerbit dari Eropa memimpin pergerakan untuk meminta kompensasi ke Google karena menggunakan konten mereka.

"Komitmen finansial ini, yang terbesar bagi kami saat ini, akan membayar penerbit untuk membuat dan mengkurasi konten berkualitas tinggi untuk pengalaman berbeda membaca berita secara dalam jaringan," kata Pichai, seperti dilansir Reuters.

Google News Showcase juga akan diluncurkan di Belgia, Belanda, dan India. Sekitar 200 media asal Argentina, Australia, Inggris Raya, Jerman, dan Kanada mendaftar untuk produk ini.

Penerbit bisa memilih dan memunculkan berita-berita mereka lewat produk ini.

Pichai mengatakan Google News Showcase berbeda dengan produk berita lain karena setiap media bisa memilih berita apa yang ditayangkan di sana dan bagaimana cara mereka mempresentasikan berita tersebut.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA