Honda Sudah Mulai Pasarkan CBR600RR Baru

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Minggu 04 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Tokyo - Honda sudah mulai memasarkan sepeda motor besar terbarunya yakni all-new CBR600RR Super Sports sejak 25 September lalu, yang diawali dari seluruh diler resmi Honda Dream di Jepang.

Tampil dengan mesin 4-silinder segaris empat langkah DOHC kinerja tinggi, kapasitas 599cc, dan berpendingin cairan, Honda CBR600RR baru ini dilengkapi dengan kontrol elektronik dan teknologi aerodinamis terbaru untuk mewujudkan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

"Model baru ini dirancang lebih mudah untuk bermanuver melalui penyempurnaan fitur-fitur khas pada CBR600RR model sebelumnya," kata Honda Motor dalam pernyataan resminya.

Penyempurnaan itu mencakup karakteristik output daya tinggi namun dapat dikontrol dan penanganan yang gesit, sekaligus mencapai keunggulan dalam performa di trek dan berkendara ramah di jalan raya umum, juga untuk perjalanan jalur berkelok menanjak di pegunungan.

Honda CBR600RR teranyar ini mampu menghasilkan daya maksimum 89kW, dengan akselerasi yang ditingkatkan berkat penggantian bahan yang digunakan pada komponen pada mesin (camshaft dan crankshaft).

Efisiensi intake dan exhaust juga ditingkatkan melalui berbagai langkah termasuk pembentukan kembali inlet port, pembesaran diameter lubang throttle, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot, serta perubahan timing katup.

Motor ini juga dilengkapi teknologi kontrol elektronik disebut throttle-by-wire (TBW) di mana katup throttle dikontrol dengan sangat presisi berdasarkan operasi cengkeraman throttle pengendara.

Honda CBR600RR baru juga dilengkapi dengan sistem mode berkendara yang memungkinkan pengendara untuk memilih dari mode berkendara yang berbeda pilihan tergantung pada kondisi berkendara dan preferensi mereka.

Motor sport ini disemati sistem pencahayaan LED penuh, yang diklaim menghasilkan pencahayaan yang ringan, ukuran lampunya yang ringkas, dan hemat energi.

Pengendara dapat memantau informasi kendaraan melalui layar kristal cair transistor film tipis (TFT) berwarna di tengah stang, termasuk status berbagai sistem kontrol elektronik yang mudah dipahami.

Teknologi keamanan yang ada di motor ini antara lain Sistem Sinyal Berhenti Darurat, yang merespons pengereman mendadak dan segera memperingatkan kendaraan yang mengikuti dengan menyalakan lampu bahaya dengan cepat.

Kopling assist & slipper, dengan fungsi bantu yang membuat tuas kopling lebih ringan untuk ditarik dan fungsi slipper yang mengurangi loncatan roda belakang akibat pengereman mesin mendadak saat menurunkan gigi.

Quick Shifter, yang memungkinkan peningkatan dan penurunan gigi lebih cepat, juga tersedia dan dijual terpisah sebagai aksesori asli untuk CBR600RR baru.

All-new CBR600RR hadir dalam balutan Grand Prix Red, skema tiga warga yang mewakili teknologi balap Honda. Di Jepang motor ini dipasarkan dengan harga 1.606.000 yen atau sekitar Rp227 juta.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA