Pentingnya Servis Mobil Secara Berkala dan Rutin

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Rabu 07 Oktober 2020
share
 

MELAKUKAN perawatan atau servis secara berkala dan rutin pada mobil merupakan kewajiban. Karena apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka mobil dapat berpotensi mengalami masalah hingga alami kerusakan. Apalagi mobil keluaran terbaru yang dibekali oleh fitur serta teknologi canggih.

Untuk itu, pihak pabrikan pun menyarankan para pemilik mobil untuk melakukan perawatan setiap 10 bulan atau setiap kelipatan 10.000 kilometer, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Aftersales Support PT Astra International - Peugeot Samsudin. Dia menyebut bahwa semua kendaraan merek atau jenis apapun tetap membutuhkan yang namanya perawatan atau servis berkala.

Menurut dia, semua mobil akan turun performanya seiring dengan waktu, akibat dari komponen yang tidak terawat dan mulai aus.

"Oleh karena itu, agar komponen mobil selalu terjaga dan terhindar dari biaya perbaikan komponen yang rusak, atau ingin mendapatkan rasa aman dalam berkendara karena kendaraan dalam kondisi prima, atau juga tetap ingin mendapatkan salah satu syarat berlakunya warranty, adalah dengan melakukan perawatan berkala sesuai dengan petunjuk buku servis," kata Samsudin dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Sebagai contoh, Astra Peugeot menyarankan konsumennya untuk melakukan servis berkala setiap 10.000 kilometer atau 10 bulan selama 5 tahun atau 60.000 kilometer.

Selain itu, ada juga jaminan warranty kendaraan sampai dengan 5 tahun atau 100.000 kilometer.

Astra Peugeot juga menawarkan pada pemilik mobil lama mereka untuk memanfaatkan program aftersales bernama Peugeot Maintenance Package (PMP).

Layanan ini bisa diperpanjang untuk tetap merawat mobil kesayangan. Seperti Peugeot 3008 generasi sebelumnya, 508, RCZ, dan lainnya bisa masuk dalam kategori Layanan ini.

Astra Peugeot menawarkan empat pilihan untuk program PMP Extended ini. Mulai dari model Blue, Silver, Gold, hingga Platinum disodorkan ke konsumen. Paket-paket ini bisa dimanfaatkan mulai dari harga Rp7,5 juta.

Program PMP Extended bakal memberikan layanan servis mulai dari 70.000 kilometer hingga 100.000 kilometer untuk pemeliharaan mobil Anda. Bila dibandingkan dengan layanan servis konvensional, jelas program ini lebih menguntungkan dan hemat biaya perawatan.

Sekadar informasi, PMP Extended meliputi Free Servis Berkala (jasa dan sparepart) 70,000-100.000 kilometer, serta layanan 24 Jam Emergency Roadside Assistance dari Astraworld. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA