Toyota-Panasonic Produksi Baterai Mobil Listrik

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 08 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Tokyo - Toyota Motor Corporation dan Panasonic Corporation sepakat bermitra untuk menjalankan pabrik baterai untuk kendaraan listrik di Jepang di bawah perusahaan baru bernama Prime Planet Energy & Solutions Inc.

Pabrik yang berlokasi di Tokushima ini akan memiliki kapasitas yang cukup untuk memproduksi baterai sekitar 500.000 kendaraan listrik dalam setahun.

"Pasar kendaraan listrik global diperkirakan akan terus berkembang pesat," kata Prime Planet Energy & Solutions Inc seperti dikutip dari Reuters.

Didirikan pada April lalu, saham Prime Planet Energy & Solutions Inc dimiliki sekitar 51 persen oleh Toyota Motor dengan sisa saham Panasonic. Usaha ini mencerminkan dorongan kedua perusahaan untuk menjadi pemain global yang lebih besar dalam industri yang vital untuk pengembangan kendaraan listrik yang terjangkau.

Panasonic, salah satu pembuat baterai kendaraan listrik terbesar di dunia, menghadapi persaingan yang ketat sebagai pemasok baterai untuk pembuat mobil global, termasuk Tesla Inc TSLA.O. Pemain terkemuka lainnya adalah datang dari Korea Selatan dan China, seperti Samsung SDI Co, LG Chem, dan CATL.

Produsen mobil terbesar asal Jepang, Toyota, pada bulan lalu mengatakan bahwa mereka mengharapkan penjualan tahunan untuk kendaraan listrik dapat mencapai 5,5 juta pada 2025, lima tahun lebih awal dari yang direncanakan semula.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA