Peugeot-Total Bangun Hypercar untuk Ajang Le Mans

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Sabtu 10 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Peugeot terus menggeliat membangun mobil sport dengan performa tinggi. Ajang balap legendaris Le Mans pun tengah mereka bidik. Bermitra dengan Total, Peugeot kini sedang mengembangkan mobil balap tangguh yang akan diturunkan di gelaran lomba ketahanan 24 jam itu.

Dua perusahaan ternama asal Prancis, Peugeot dan Total, resmi mengumumkan proyek Le Mans Hypercar (LMH) untuk menyongsong event balap Le Mans yang musim ini hadir dengan regulasi baru.

Para kontestan mengusung teknologi dan akan memperlombakan mobil 'Hypercar' bermesin hybrid untuk diuji ketahanannya selama 24 jam nonstop berpacu dalam sirkuit.

"Le Mans adalah lomba paling sakral di dunia otomotif. Tidak hanya tiga kemenangan kami raih pada ajang ini; namun keringat, air mata, dan kebahagiaan dalam semangat tim yang kami bangun bersama dengan Total yang telah berkolaborasi bersama kami selama 25 tahun," ujar Jean Philippe Imparato, CEO dari brand Peugeot, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Pilihan kategori Hypercar (LMH) memberikan kebebasan bentuk aerodinamika mobil. Dengan dukungan Peugeot Design, Peugeot telah berhasil membangun sketsa dan konsep pertama dari desain 'Hypercar' untuk segi dimensi.

Peugeot, bermitra dengan Total membangun sebuah mahakarya electric hybrid hypercar. Desainnya ikonik dan performa dari sosok mobil hypercar. Mobil bertenaga 500kW berpenggerak 4 roda.

Setelah menjalankan berbagai fase studi untuk struktur kendaraan, konsep aerodinamis, dan pilihan arsitektur mesin, hingga keputusan final untuk menentukan kerangka elektrikal yang diaplikasikan dan konsep sistem traksi hybrid.

Dalam hal ini, seluruh teknisi dari departemen Peugeot Sport terlibat dalam pengembangannya.

Peugeot Sport telah menatap masa depan dengan teknologi energi baru. Sejalan dengan tujuan brand Peugeot untuk menjadi produsen kendaraan yang paling siap dalam bertransisi menggunakan energi elektrifikasi.

"Kami kembali ke ajang lomba ketahanan karena kami memiliki kesempatan untuk membangun dunia balap dengan cara yang beberda, dengan kendaraan hibrida antara mesin bensin dan elektrik. Peugeot Sport merubah identitasnya dan meluncurkan label kendaraan performa tinggi yang terelektrifikasi," ucap Jean Philippe Imparato.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA