Samsung Kuasai Pasar Ponsel 5G Eropa Barat

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Senin 19 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Seoul - Lembaga analisis Strategy Analytics mengungkapkan bahwa Samsung merajai pasar ponsel di Eropa Barat pada semester pertama 2020 untuk gawai yang mendukung jaringan terbaru 5G.

Samsung menguasai 88 persen pangsa pasar ponsel 5G yang dikirim ke Eropa Barat pada paruh pertama 2020.

"Samsung sekarang merupakan pemimpin untuk 5G di seluruh Eropa Barat, mereka memiliki portofolio yang kuat untuk Android, seperti Galaxy S20 5G dan Galaxy A90 5G," kata direktur di Strategy Analytics, Ken Hyers, seperti dilansir Kantor Berita Yonhap.

Lembaga tersebut mencatat pada semester pertama 2020, ponsel 5G yang dikirim ke Eropa Barat berjumlah 4 juta unit atau 7 persen dari total ponsel yang dikirim ke wilayah tersebut.

Pasar ponsel 5G di Eropa Barat diperkirakan masih akan terus berkembang. Tapi, Samsung akan mengalami persaingan berat dari Apple dan sejumlah merk China pada paruh kedua tahun ini.

Direktur muda di Strategy Analytics Ville-Peteri Ukonaho memprediksi Samsung tidak lagi mendominasi pasar Eropa Barat pada semester kedua tahun ini.

Penyebabnya, iPhone yang mendukung jaringan 5G akhirnya dijual pada paruh kedua tahun ini dan merek China, antara lain OPPO dan Xiaomi, juga telah mengeluarkan ponsel 5G dengan harga yang terjangkau.

Strategy Analytics menaksir Apple mampu mengirimkan hingga 50 juta unit iPhone 12 hingga akhir tahun, bahkan diperkirakan bisa menjadi vendor terbesar kedua yang menjual ponsel 5G tahun ini.

Perkiraan mereka, Apple akan menjadi pemain nomor satu untuk ponsel 5G di Eropa Barat tahun depan, dengan pengiriman sejumlah 180 juta unit.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA