Mengenal Teknologi LiDAR yang Ada di iPhone 12 Pro

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Senin 19 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, San Francisco - Dari empat model iPhone 12 yang pekan lalu diluncurkan, ada dua di antaranya, yakni iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, dibekali dengan kamera berteknologi LiDAR. Apakah itu?

LiDAR atau Light Detection and Ranging sebenarnya bukan barang baru di teknologi kamera untuk ponsel. Apple bukan yang pertama menggunakan LiDAR, sebelumnya Google telah mengeksplorasi teknologi ini untuk Project Tango. Sayangnya, ponsel itu tidak berumur panjang.

Seperti diberitakan laman Cnet, sebelum iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, hanya ada dua ponsel yang menggunakannya, salah satunya adalah Lenovo Phab 2 Pro pada 2017 lalu.

Bagaimana LiDAR bekerja di kamera?

LiDAR merupakan salah satu jenis kamera time-of-flight. Teknologi ini menggunakan laser untuk memantulkan objek, kemudian kembali ke pusat laser untuk mengukur jarak dengan menghitung waktu perjalanan (atau flight) dari gelombang cahaya.

Ponsel yang menggunakan LiDAR mengirim gelombang cahaya dalam bentuk titik-titik infra merah yang menyebar. LiDAR juga bisa menghitung setiap titik tersebut, kemudian membuat pemetaan lokasi dengan mengukur jarak serta dimensi.

Cara kerja LiDAR mirip dengan teknologi pengenal wajah Face ID, namun, dalam jangkauan yang lebih luas. Pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, kamera belakang yang dilengkapi LiDAR bisa bekerja hingga jarak 5 meter.

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, dengan teknologi LiDAR, menjanjikan akurasi dan kecepatan fokus dan fotografi dengan fitur night mode. Selain itu, LiDAR juga bisa digunakan untuk mengambil foto tiga dimensi.

Kemampuan LiDAR juga mendukung augmented reality (AR) dan pemindaian tiga dimensi (3D scanning).

Saat ini, teknologi LiDAR sudah digunakan di berbagai sektor, bukan hanya untuk ponsel. Seperti sudah disebutkan di atas, perangkat AR antara lain HoloLens 2 menggunakan LiDAR untuk memetakan ruangan sebelum menambahkan objek virtual 3D.

LiDAR juga digunakan untuk mobil otonom, robot, dan drone.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA