Ketika OPPO Bikin TV: 4K QLED dengan Kamera Pop-up

IN
Oleh ibnu naufal
Rabu 21 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - OPPO akhirnya meluncurkan televisi pertama mereka setelah sempat memberikan bocoran. Perusahaan asal China ini telah memperkenalkan dua model, yaitu OPPO TV S1 dan OPPO TV R1.

Yang pertama adalah model premium dengan panel QLED dan hanya hadir dalam satu varian 65 inci. Sedangkan, yang terakhir dapat dibeli dalam versi 55 inci dan 65 inci.

OPPO TV S1 menonjolkan kamera pop up dan layar 120hz, sedangkan OPPO TV R1 menawarkan fitur instant-on untuk pengalaman baru menonton di smart tv.

OPPO TV S1

OPPO TV S1 memiliki layar besar 65 inci beresolusi 4K QLED Quantum Dot dengan fitur wide color gamut display. NTSC 120% ultra-wide color gamut memungkinkan tampilan yang lebih nyata dan lebih hidup serta transisi warna yang lebih lembut dan halus.

Refresh rate 120Hz dan variable refresh rate (VRR) mutakhir memastikan bahwa tayangan olahraga dan game akan tampak lebih halus dan lebih alami.

Dalam hal performa akustik TV, OPPO kembali bekerja sama dengan Dynaudio untuk menghadirkan kualitas suara sinematik yang imersif. OPPO TV S1 dilengkapi dengan 18 speaker surround stereo dengan daya total hingga 85W, dan mendukung saluran 5.1.2 dan Dolby Atmos.

Uniknya, OPPO TV S1 memiliki modul kamera selfie yang terletak di bagian atas layar dengan mekanisme pop-up. Kamera tersebut bisa sembunyi di dalam bodi saat tidak digunakan. Dengan demikian, bezel OPPO TV S1 menjadi lebih tipis. Kamera ini juga bisa diandalkan untuk melakukan panggilan video atau video call.

Ada juga fitur seperti voice assistance dan mikrofon jarak jauh.

Chipset yang digunakan adalah besutan MediaTek seri MT9950, punya kapasitas RAM jauh lebih besar dari Android TV pada umumnya di 8,5GB, dengan penyimpanan internal 128GB.

Mendukung Dolby Vision plus Dolby Atmos, remote-nya juga punya sensor NFC untuk kemudahan fitur screen share dari smartphone OPPO yang mendukung.

Untuk smart TV flagship, OPPO TV S1 dibanderol dengan harga ritel 7.999 yuan (sekitar Rp17,5 juta).

OPPO TV R1

OPPO TV R1 tersedia dalam model 55 inci dan 65 inci yang dilengkapi dengan prosesor quad-core dan Wi-Fi 6 berkecepatan tinggi, menawarkan pengalaman baru di ruang keluarga dengan fitur 'instant-on'.

Kapasitas RAM dan penyimpanan internalnya juga jauh lebih kecil, masing-masing 2GB + 32GB. Dan meski gunakan chipset berbeda (MT9652), OPPO tetap janjikan waktu nyala satu detik di OPPO TV R1, plus dukungan pemutaran video 8K. Bezelnya juga masih cukup tipis, dengan rasio layar ke bodi mencapai 96%.

Seperti seri TV S1, OPPO juga menanamkan modul kamera mencuat pada seri TV R1. Hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan panggilan video.

OPPO TV R1 dijual seharga 3.299 yuan (sekitar Rp7,2 juta) untuk varian layar 55 inci dan 4.299 yuan (sekitar Rp9,4 juta) untk varian ukuran 65 inci

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA