Tips Dapatkan Paket Data Internet Berkualitas

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 22 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM,Jakarta - Setiap pengguna ponsel pintar pasti setuju jika mayoritas fitur dari gawai tersebut tidak akan bisa dimanfaatkan tanpa adanya koneksi internet.

Meski tetap bisa digunakan untuk telepon dan SMS dengan pulsa, pengguna smartphone harus mendapatkan koneksi internet agar bisa menjelajah dunia maya, terhubung ke media sosial, dan kegiatan penting lainnya.

Terlebih saat masa pandemi seperti ini, kebutuhan akan koneksi internet akan menjadi semakin meningkat, bahkan mendesak. Baik untuk sekedar melepas bosan hingga keharusan bekerja dari rumah, Anda tentu wajib menyediakan koneksi internet di rumah agar bisa digunakan sewaktu-waktu dan lebih leluasa.

Untuk bisa mendapatkan koneksi internet, ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan berlangganan Wi-Fi atau membeli paket internet. Untuk pilihan pertama, mungkin banyak dipilih bagi Anda yang tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Namun, jika membutuhkan fleksibilitas dan bisa mendapatkan koneksi internet di mana saja, membeli paket internet bisa jadi pilihan yang lebih tepat.

Meski begitu, kendala utama dalam membeli paket internet adalah harganya yang cenderung tidak ramah di kantong. Alhasil, banyak orang yang asal membeli paket internet termurah dan berakhir menyesal karena pelayanannya tidak memuaskan. Agar terhindar dari masalah tersebut, yuk simak 5 tips dapatkan paket internet murah namun tetap berkualitas berikut ini.


Pahami Kuota Unlimited yang Dibutuhkan


Anda pasti menyadari jika hampir semua provider seluler di Indonesia menawarkan banyak sekali ragam paket internet yang bisa dipilih oleh para penggunanya.

Meski sama-sama berlabel memberikan paket data internet unlimited, bisa saja terdapat satu dua hal yang membuat paket tersebut lebih baik daripada yang lainnya.

Sebagai contoh, saat Anda beli paket internet Indosat unlimited ada paket Freedom Apps yang menyediakan kuota khusus untuk tiap-tiap aplikasi.

Aplikasi media sosial seperti Instagram dan Facebook dan paket aplikasi streaming lainnya seperti Netflix atau Youtube. Jadi, karena kebijakan yang berbeda inilah Anda harus jeli dalam melihat kebutuhan internet Anda agar bisa memilih paket internet yang paling tepat.

Simak Ketentuan Provider

Selain memahami kebijakan kuota unlimited yang diberikan oleh provider, Anda juga perlu untuk menyimak segala ketentuan dari paket internet yang digunakan. Bisa jadi paket internet unlimited yang Anda beli ternyata hanya bisa digunakan di jam-jam tertentu, atau untuk aplikasi khusus saja.

Cermati pula berapa besar kuota unlimited yang bisa digunakan sebelum dikenai FUP atau batas kecepatan. Tentunya, saat Anda telah melebihi batas kuota unlimited yang diberikan, kecepatan internet akan menurun drastis dan mengurangi kenyamanan pemakaiannya. Untuk itu, simak ketentuan provider agar tidak tertipu dengan iklan dan harga paket internet yang murah.

Cari Tahu Kualitas Jaringannya

Tips selanjutnya agar bisa mendapatkan paket internet berkualitas namun tetap terjangkau adalah mengetahui kualitas jaringannya di lokasi Anda. Perlu dipahami jika provider menyebarkan sinyal melalui menara yang dibangun di lokasi tertentu. Tentunya, saat Anda tinggal atau banyak beraktivitas di tempat yang dekat dengan menara tersebut, kualitas jaringan dan internet yang didapatkan juga semakin bagus.

Semisal harga paket internet Telkomsel yang lebih mahal tidak menjamin kualitasnya lebih baik dengan provider lainnya di daerah tertentu. Begitu juga dengan provider lainnya yang tidak sebagus Telkomsel di daerah lain.
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu dulu kualitas jaringan dari sebuah paket data internet sebelum memutuskan untuk membelinya. Bila perlu, tanyakan ke teman atau pemilik konter terlebih dahulu mengenai hal ini agar tidak menyesal di kemudian hari.

Rutin Cek Kuota dan Layanan Internet
Saat sudah menggunakan sebuah paket internet, Anda dapat rutin memeriksa kuota dan layanannya secara berkala. Bukan untuk membatasi pemakaian, tujuan melakukan hal ini adalah untuk memantau apakah paket tersebut sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan Anda.

Jika memang sudah cocok, maka tidak perlu lagi mencari pengganti lainnya. Sedangkan jika selalu merasa kurang, atau bahkan sampai menguras pulsa, Anda tentu menggantinya dengan paket internet lainnya yang lebih sesuai.

Berapa Banyak Gawai yang Terhubung
Paket internet di smartphone memang bisa digunakan untuk memberikan koneksi internet ke gawai lain menggunakan fitur tethering hotspot. Jika sering memanfaatkan fitur tersebut untuk menggunakan gadget lain, berarti Anda perlu membeli paket internet dengan kuota unlimited dan kecepatan internet yang mumpuni. Dengan begitu, pemakaian internet di semua gawai akan terasa lebih nyaman dan tidak akan mengalami masalah kehabisan kuota dengan cepat.

Saatnya Mencari Paket Internet yang Terbaik!

Setelah mengetahui tips di atas, Anda tentu akan lebih mudah mengetahui paket internet mana yang menawarkan kualitas, namun tetap dibanderol dengan harga aman di kantong. Dengan begitu, Anda akan bisa memiliki paket internet termurah yang layanannya sesuai dengan kebutuhan. Pengeluaran pun tidak akan terlalu boros karena pembelian paket internet yang tidak tepat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA