Tips Bikin Nonton Netflix Makin Asyik

IN
Oleh inilahcom
Selasa 27 Oktober 2020
share
 

ADA jutaan orang di seluruh dunia yang menikmati acara favorit mereka di Netflix setiap harinya. Tak dipungkiri layanan streaming video-on-demand ini menyediakan daftar panjang konten-konten dari berbagai genre seperti, film aksi, komedi, horor, konten anak-anak, bahkan film lokal yang bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja.

Namun, apakah Anda sudah benar-benar mendapatkan pengalaman terbaik dari Netflix? Berikut tujuh tips dan trik untuk menjadikan pengalaman Anda menonton Netflix jadi makin asyik:

1. Atur beberapa profil dalam satu akun

Pengguna bisa membuat lima profil berbeda di akun Netflix. Hal ini untuk mengakomodir minat menonton jenis konten yang berbeda. Dengan profil pribadi yang berbeda-beda, pengguna bisa memanfaatkannya untuk menyesuaikan pengalaman menonton Netflix sesuai dengan minat masing-masing.

Selanjutnya, Netflix akan merekomendasikan judul berdasarkan kebiasaan menonton setiap profil yang unik. Misalnya, jika Anda penggemar berat film Indonesia atau drama Korea, Anda dapat membuat satu profil dikhususkan untuk menonton film lokal dan serial Korea.

2. Urutkan film secara alfabet atau berdasarkan kronologis

Fitur Netflix berikut ini bisa menjadi trik dan membantu Anda untuk menyortir konten berdasarkan abjad atau kronologis. Cukup pergi ke halaman kategori, seperti kategori film aksi atau dokumenter, lalu klik pada kotak kecil dengan empat titik di sisi kanan atas halaman.

Pilihan menu akan muncul dengan opsi untuk mengurutkan judul konten secara alfabet atau berdasarkan tahun rilis.

3. Nikmati film atau serial favorit dengan subtitle Bahasa Indonesia

Netflix menyediakan Bahasa Indonesia sebagai pilihan subtitle. Cukup klik ikon Audio & Subtitles saat Anda memutar konten, pilih Bahasa Indonesia pada kotak subtitle, dan klik OK.

Anda tak hanya bisa mengaktifkan atau menonaktifkan subtitle, dan memilih jenis bahasa di audio pada beragam tayangan serial dan film, di Netflix Anda juga bisa mengubah tampilan subtitle seperti pilihan font, ukuran, dan bayangan pada tulisan.

Cukup klik Account dan di bawah kategori My Profile, pilih Subtitle Appearance untuk menyesuaikan subtitle sesuai keinginan Anda.

4. Tonton konten favorit Anda saat bepergian

Netflix menyediakan fitur unduhan sehingga Anda dapat menonton film dan serial favorit dari smartphone bahkan ketika koneksi internet sedang offline. Caranya, cari judul favorit Anda, dan cari ikon Download, klik dan konten akan diunduh secara otomatis.

Film dan serial favorit akan menemani Anda saat terjebak di kemacetan lalu lintas Jakarta.

5. Hemat penggunaan data dengan cara mengubah kualitas streaming video

Kalau Anda ingin menghemat penggunaan data seluler, atau ingin mempercepat waktu yang diperlukan untuk memuat film atau serial TV, Anda bisa mengubah pengaturan kualitas pemutaran video Netflix.

Mengurangi kualitas streaming bisa menghemat waktu dan uang Anda. Bagaimana caranya?

Buka aplikasi Netflix di smartphone dan pilih menu Your Account. Kemudian pilih Playback Settings yang ada di opsi menu Account bagian atas. Pilih kualitas yang Anda mau; Auto, Low, Medium, atau High. Kemudian pilih Save untuk menyelesaikan perubahan yang baru saja dibuat.

6. Tombol pintas di keyboard bagi penonton di laptop

Kalau Anda lebih nyaman nonton Netflix di laptop sambil minum secangkir kopi di cafe dan menunggu meeting berikutnya, informasi mengenai beberapa tombol pintas di keyboard laptop Anda pasti akan sangat menarik untuk diketahui:

- Spacebar atau Enter: untuk pause dan play
- Tombol panah kanan/kiri: mempercepat/memundurkan tayangan selama 10 detik
(tekan Space bar atau Enter jika ingin tayangan mulai di bagian yang baru)
- Tombol panah atas/bawah: menaikkan/mengurangi volume
- Tombol M: tidak ada suara/bersuara
- Tombol F: beralih ke layar penuh

7. Menghentikan episode selanjutnya dari pemutaran secara otomatis

Begitu Anda mulai menonton Netflix, pasti sulit untuk berhenti. Jika Anda sulit berhenti menonton tayangan serial TV Netflix karena episode berikutnya langsung tayang setelah episode sebelumnya selesai, Anda bisa menghentikan pemutaran secara otomatis.

Caranya, buka halaman Account, kemudian pilih Playback Settings di bagian My Profile kemudian klik off untuk menu Play Next Episode Automatically.

Anda bisa mematikan fasilitas auto-play untuk setiap profil, sehingga Anda bisa tetap menonton Netflix terus-terusan, tapi mematikannya untuk akun anak-anak Anda.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA