Telat Meluncur, Penjualan iPhone Turun

IN
Oleh inilahcom
Jumat 30 Oktober 2020
share
 

INILAHCOM, Cupertino - Di tahun ini, Apple memang sedikit terlambat meluncurkan lini iPhone 12, akibatnya penjualan perangkat tersebut menurun karena konsumen menunda membeli ponsel baru.

Penjualan iPhone per kuartal turun ke angka terendah selama dua tahun. Untuk kuartal fiskal keempat yang berakhir pada 26 September lalu, pendapatan dan keuntungan Apple sebesar US$64,7 miliar dan 73 sen per saham. Tapi, penjualan iPhone turun 20,7 persen menjadi US$26,4 miliar.

Berbicara kepada Reuters, CEO Apple Tim Cook tetap menyatakan optimistis terhadap penjualan iPhone 12 melihat data pengiriman unit pada lima hari pertama peluncuran.

Apple biasanya meluncurkan iPhone setiap September, namun tahun ini ditunda menjadi 13 Oktober sehingga penjualan iPhone terbaru tidak diikutsertakan untuk kuartal keempat fiskal tersebut.

Peluncuran iPhone 12 yang terlambat juga mengakibatkan penjualan iPhone 12 di China lesu, turun 28,5 persen menjadi US$7,95 miliar.

Cook berharap smartphone 5G terbaru mereka itu bisa membantu penjualan iPhone di China, apalagi negara tersebut sudah lebih matang mengadopsi 5G dibandingkan AS.

Penjualan iPhone selama beberapa tahun belakangan ini memang tidak stabil, namun Apple mengimbanginya dengan angka yang baik untuk layanan seperti musik dan televisi streaming.

Pendapatan dari layanan streaming naik 16,3 persen menjadi US$14,5 miliar.

Sementara itu, penjualan aksesoris naik 20,8 persen menjadi US$7,9 miliar. Penjualan dari lini Mac dan iPad juga naik masing-masing US$9,0 miliar dan US$6,8 miliar.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA