Tips Merawat Baterai Ponsel Agar Lebih Awet

IN
Oleh inilahcom
Jumat 30 Oktober 2020
share
 

KAPASITAS baterai akan sangat membantu pengguna beraktivitas melalui ponselnya sehingga sumber tenaga tersebut perlu dirawat agar tidak cepat rusak.

Dalam keterangan tertulisnya, OPPO Indonesia menyebut bahwa mengisi daya ponsel terlalu lama justru bisa menyebabkan baterai rusak. Masih beredar anggapan bahwa baterai ponsel cepat habis ketika dipakai karena kurang lama ketika mengisi daya.

Oleh karena itu, masih banyak pengguna yang sengaja mengisi daya ponsel sebelum tidur di malam hari dan baru mencabutnya ketika bangun di pagi hari.

Padahal, menurut OPPO, cara ini tidak tepat karena bisa menyebabkan kondisi tekanan dan tegangan tinggi pada baterai, yang bisa mengikis bahan-bahan kimia di dalam baterai. Jika bahan kimia semakin tipis, baterai bisa bocor dan cepat rusak.

Dalam beberapa kasus, kondisi baterai yang tidak prima bisa menimbulkan percikan api, biasanya terjadi jika tidak menggunakan pengisi daya asli.

Untuk mengantisipasi pengisian daya berlebihan, OPPO menyematkan fitur AI Night Charging di ponsel Reno4 F. Dengan fitur ini, ponsel secara otomatis akan berhenti menarik arus listrik ketika baterai sudah terisi penuh 100 persen.

Fitur AI Night Charging dikembangkan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang akan mempelajari kebiasaan pengisian daya ponsel di malam hari, menjelang jam tidur.

Pengguna disarankan mengisi daya sesegera mungkin ketika daya sudah turun, tidak perlu menunggu sampai baterai benar-benar habis.

Menurut OPPO Indonesia, ponsel bisa diisi daya ketika baterai tersisa 40 persen atau 35 persen. Jika dibiarkan habis hingga 0 persen, tentu waktu yang diperlukan untuk mengisi daya hingga 100 persen akan lebih lama.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA